Rabu, 28 September 2011

Tips Menyimpan Kantong Plastik Bekas


 Setiap habis berbelanja, mulai dari tukang sayur di depan rumah, warung, toko kelontong, supermartket sampai hipermarket, kantong plastik pasti digunakan sebagai pembungkusnya.  Setelah tiba di rumah, kantong plastik yang sudah kotor terkena makanan tentu langsung dibuang. Sedangkan kantong plastik bekas yang masih bersih masih bisa dimanfaatkan lagi untuk keperluan lain. Bisa dipakai untuk membungkus benda2 lain, membungkus bahan makanan yang akan disimpan di freezer, sebagai wadah sampah, dll. Namanya juga ibu rumah tangga, pasti sering bungkus membungkus kan? 


   Selain kantong plastik bekas, terkadang (kalau saya tidak kelepasan membuangnya) saya juga menyimpan kantong plastik bekas kemasan (bukan kemasan makanan) yang masih bersih untuk saya gunakan sebagai pembungkus sisa makanan (gambar 1). Karena sering kesal dengan ulah kucing liar yang suka mengorek-ngorek sampah, sisa makanan (berupa tulang atau ikan atau apa saja yang disukai kucing dan berbau amis) akan saya bungkus berkali-kali.  Agar tidak boros kantong plastik, maka bekas kemasan akan sangat berguna. Lebih bagus lagi kalau dibungkus dengan plastik bekas kemasan detergen.  Bau amis sisa makanan akan tersamar oleh bau detergen. Kalau masih dibongkar oleh kucing juga? Biar saja. Nah rasakan, biar kucing yang nekat makan tulang akan merasakan tulang ayamnya tercampur rasa sabun! 


Gambar 1: kantong plastik bekas kemasan disimpan terpisah dengan kantong plastik bekas agar mudah mencarinya

   Menyimpan kantong plastik bekas ini bisa diatur agar terlihat rapi, tidak boros tempat dan mudah diambil sesuai ukuran yang diperlukan. Kalau ditaruh tanpa diatur,  akan merepotkan saat kita sedang terburu-buru memerlukan kantong plastik. Misalnya ditumpuk begitu saja di laci dapur, atau asal disimpan di dalam satu kantong plastik besar. Jadi saat kita sedang mencari kantong plastik ukuran kecil misalnya, pastilah kita akan mengacak-acak tumpukan kantong plastik tersebut kan? Setelah membuat berantakan maka kita harus membereskannya lagi. Begitu seterusnya. Boros waktu bukan?


   Berikut adalah cara merapikan kumpulan kantong plastik bekas:


1. Taruh semua kantong plastik di lantai (gambar 2)

Gambar 2: taruh semua di lantai


2. Rapikan dan pisahkan kantong plastik sesuai ukurannya (gambar 3)


Gambar 3: dipisah berdasarkan ukuran kecil, sedang, besar dan sangat besar ( yang dilipat dua)


3. Lipat menjadi dua bagian (gambar 4)

Gambar 4: lipat sambil ditekan2 agar udaranya keluar

4. Lipat menjadi  4 bagian (gambar 5)

Gambar 5: tidak perlu terlalu rapi, yang penting terlipat

5. Gulung, padatkan tidak menggelembung (gambar 6)

Gambar 6: digulung

6. Satukan dengan karet gelang (gambar 7)

Gambar 7: kumpulkan sesuai ukurannya


7. Selesai. Selanjutnya bisa disimpan di laci atau di dalam kantong plastik (gambar 8)

Gambar 8: nah, lebih rapi bukan?

   Sekian dulu tipsnya. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di tips berikutnya.

1 komentar:

Silakan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak berpromosi atau berjualan. Mohon maaf, komentar dengan link hidup akan saya hapus. Terima kasih :)

Related Posts Plugin” style=