Kamis, 07 November 2013

Unyeng Satu, Unyeng Dua, Unyeng Dua


Apa itu unyeng satu, unyeng dua, unyeng dua? Kenapa bukan unyeng satu, unyeng dua, unyeng tiga? Saya bukan mau berhitung berurutan. Saya mau cerita tentang jumlah unyeng-unyeng yang dimiliki 3 boyz. Unyeng-unyeng adalah pusaran rambut atau user-user atau kinciran yang ada di atas kepala. Anak pertama saya, Aa Dilshad, punya satu unyeng-unyeng. Sedangkan kedua adiknya masing-masing punya dua unyeng-unyeng. Makanya saya sebut sesuai judul di atas, hehe.
  Kata orang (orang siapa?), anak yang mempunyai unyeng-unyeng dua itu nggak bisa diam alias pecicilan. Lantas, apakah benar? Dasar teorinya apa ya? Daripada menebak benar atau tidak, mari simak penjelasan saya... (deuu, bahasanya! Saya bukan pakar lhoo. Ini murni pengalaman pribadi).

Anak pertama: unyeng satu

Unyeng satu: Aa Dilshad
Aa Dilshad punya satu unyeng-unyeng di kepalanya. Waktu baru punya anak satu, laki-laki pula, rasanya saya merasa riweuh sekali! Duh, capek ngejar2nya! Aa tidak bisa diam, selalu bergerak terus.

  Kata almarhum Mamah mertua, memang begitulah anak laki-laki. Berbeda dengan anak perempuan yang cenderung lebih anteng dan tidak terlalu pecicilan. 

  Jadi, ibu dari seoranak laki-laki harus punya energi lebih. Yap, energi untuk mengimbangi si anak yang senang berlarian ke sana ke mari. Kalau nggak keuber saat di jalan raya kan bahaya. Hmm, untung saya lumayan jago lari, hehe. Alhamdulillah, saya selalu berhasil nangkep si Aa kalau lagi ngabur. Bahkan, berkat uber-uberan ini, berat badan saya yang sempat membengkak usai melahirkan jadi cepat turun. Nggak perlu susah-susah diet, kan ^_^


Anak kedua: unyeng dua


Unyeng dua: Kk Rasyad
Selanjutnya tentang anak kedua saya, Kk Rasyad. Ketika baru lahir dan terlihat ada dua unyeng-unyeng di kepalanya, langsung saja sanak saudara berkomentar bahwa anak ini pasti lebih pecicilan kelak. Hmm, baiklah, jadi saya harus menyiapkan energi lebih. Apalagi sekarang ada dua anak laki-laki di rumah. 

  Lantas, apakah benar jika anak yang punya unyeng dua lebih pecicilan daripada yang punya unyeng satu? Jawabannya adalah...benar! Entah ada hubungannya dengan unyeng-unyeng atau tidak, tapi Kk Rasyad ini lebih pecicilan daripada Aa Dilshad. 

  Aa Dilshad saja sudah pecicilan dan bikin saya lap keringat. Sekarang ditambah adiknya. Saya sendiri sempat kewalahan saat mengurus keduanya hingga kelelahan lalu jatuh dan dirawat di rumah sakit *tarik napas*


Anak ketiga: unyeng dua
Belum berakhir manajemen energi saya untuk mengasuh dua anak laki-laki, saya melahirkan anak ketiga. Anak laki-laki lagi! Dan di kepalanya ada dua unyeng-unyeng! Huwow...huwooww...saya harus punya energi ekstra! Hehe...


Unyeng dua: Dd Irsyad
  Terus, terus...gimana? Lebih pecicilan juga? Ternyata yang satu ini super pecicilan! Haha! Unyeng-unyeng mungkin tidak ada hubungannya dengan level pecicilan. Bisa saja ketiga anak saya mempunyai unyeng-unyeng satu namun tetap saja pecicilan. Namanya juga anak-anak. Capek dan riweuh nggak sih, punya tiga anak laki-laki yang pecicilan? Hehe...ya gitu deh. Lumayan lah, saya jadi tidak perlu keluar uang banyak untuk fitness atau nge-gym. Di rumah, saya sudah jungkir balik olahraga bersama 3 boyz ^_^

58 komentar:

  1. Wah urusan unyeng2 ini sensitif bgt buatku mbak.. Secara aku punya dua unyeng (sstt... Rahasia) n dr kecil kl org liat unyengku pasti deh lgs dikomentari jelek, nah tyt Nadia jg nurunin dua unyeng hiks... Tp Thanks God kelakuan Nadia lbih manis dr enaknya dlu hehehe....
    Kl aku blg si unyeng dua tu kreatif bukan nakal (pembelaan) :-P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naa ketauan :D
      Duh, kok dibilang jelek sih :( Mungkin jg dibilang jelek krna kalo unyeng dua agak susah ngebentuk model rambut saat disisir. Si Kk n Dd kalo agak gondrong dikit, rambut yg deket dua unyengnya itu pada ajojing berdiri. Kalo anak perempuan kurang tahu krna rambutnya kan lebih panjang, jadi ga terlalu ajojing kali yah :D
      Hiidup unyeng dua yang kreatip! ^_^

      Hapus
    2. Sedikit share mak, anak keduaku cewek pnya 2 unyeng" sekarang umur 8bln. Kemana" klo pas g pke kupluk/topi pd dikatain rambut.nya aneh coz bentuknya mowhak...eits ini mowhak alami coz 1unyeng" yg kiri putarannya ke searah jarum jam, yg 1 unyeng" yg kanan berlawanan arah jarum jam dan ketemu diatas ubun"...klo tingkah blm kelihatan petakilan atau anteng

      Hapus
  2. Wah,,anakku juga cowok mak,cuma msh bljr jalan. Tp ya lumayan juga cpk njauhin dia dr barang berbahaya. Ky apa bsk kl ud bs lari ya :D. Soal fitness gratis,emank bnr bgt mak. BBq ud balik ky sblm nikah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo udah bisa lari, emaknya harus lebih kenceng larinya supaya kekejar :D
      Tuh kaan :p Temen ada yg pernah nanya gimana caranya supaya cepet kurus, aq jawab: punya anak laki2! Haha

      Hapus
  3. katanya klo unyeng2 ada 2 katanya bandel ya mak???
    suamiku pny 2... untunglah anakku cuma 1 unyeng2-nya tapi bandelnya luar biasa
    mpe mr suami blg " koq ngalah2-in unyeng2 yg 2 " haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. katanya sih begitu...tapi anak2 saya ga bandel2 amat kok :D
      Kalo anak bandel yah memang bawaan dari sononya begitu, hehe

      Hapus
    2. tpi kyk gitu udh fakta atau mitos sih? penasaran juga..hehe

      Hapus
  4. sama kita mak, anakku pertama juga satu unyeng, sama kayak emaknya yg anak pertama. Terus yg kedua juga unyeng 2, tapi cewek. Wuiih pencilakan pula. Katanya sih karena ngikut abangnya.
    Yang aneh bin ajaib sih sebenarnya malah adekku yang bungsu. Anak ketiga, anak kejutan (beda 12 thn sm kakaknya) dan berunyeng-unyeng TIGA! Masya Allaah!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi..itu juga yg jadi pikiran saya, kenapa si bungsu jadi super pecicilan. Mungkin krna lihat contoh kakak2nya :D
      Unyeng tiga? Sama kayak anak sodaraku. Lucunya, pusaran yg ketiga ada di dekat dahi :D

      Hapus
    2. Sama dengan anakku bun. Pusaran ada 3 salah satunya ada didepn,atas dahi. Artinya apa ya? Ini mgkin keturunan dr kakek dan aunty nya jg punya puseran didepan dkt dahi.

      Hapus
  5. Anakku laki2 dan unyeng2-nya ...tiga. Waktu kecil biasa2 aja, sih. Namanya juga anak laki2. Sering jalan2 ke mana2. Tapi, tetep dibatasi, jam makan siang harus sudah di rumah. Sekarang pas udah gede (SMU kls XI), malah lebih betah di rumah. Pergi sepulang sekolah, paling sore buat ke warnet cari bhn tugas sekolah. Salam kenal, Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal kembali, Mbak :)
      Wah, jadi semakin besar semakin mereda ya pecicilannya. Aa jg sdh kelihatan mereda pecicilannya skr, mungkin krna sdh mau smp

      Hapus
  6. Iya mba memang ada benarnya juga. Pengalaman pribadi anak saya yang pertama dan keponakan saya unyeng2nya dua usilnya minta ampun. Ibu saya juga bilang klo anak punya unyeng2 lebih dari 1 bakalan usil, pecicilan hahaha...katanya berdasarkan pengalaman pribadi dan kata nenek saya...jadi turun temurun deh "fatwa" unyeng2nya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. 'fatwa' unyeng2 secara turun temurun banyak terbukti ternyata ya :)

      Hapus
  7. anakku yg kedua azkiya perempuan dan berunyeng dua pecicilannya minta ampuun, anakku yg pertama laki-laki umar juga pecicilan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi..azkia ngalahin abangnya ga pecicilannya? :D

      Hapus
  8. ahaha dua ponakan saya berunyeng2 dua. Mak, apakah anak berunyeng2 dua ini memang dari dulu agak banyak atau baru sekarang banyaknya ya? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya jaman dulu ga banyak ya anak berunyeng dua, Kalo ada jg jarang banget. Sekarang malah banyak. Kenapa juga ai dont andersten :p

      Hapus
  9. huehehe.. jadi inget tweetmu tempo hari, soal mandi, masuk bak mandi, kepleset dan lain2. dikau emak yg sabar banget mak. aku yg temperamen ini klo liat begituan pasti udh naik darah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, dikau menyimak rupanya, kirain ga ada yg baca :p
      Huehehee..suseh ya maak namanya punya anak laki.
      Akuh jg ga sabar2 amat, kok. Kadang ngerasa ampe dower mulutku memperingati boyz spy hati2. Sbg emak dr anak laki2 ya kita mesti siap sport jantung akibat ulah pecicilan mereka ^_^

      Hapus
  10. Kalau punya putra pecicilan bertanda hiperaktif Mba, dan anaknya cerdas. Amiiin......

    Salam,

    BalasHapus
  11. sebenarnya unyeng satu dan unyeng dua ini sebahagian masyarakat menganggapnya hanyalah warisan budaya dari leluhur, walau belum ada pembuktian secara ilmiah, namun kita sering temukan dalam kenyataan anak yang punya unyeng 2 lebih pecicilan dari pada unyeng 1, namun tidak semua demikian...walaupun demikian warisan leluhur itu patut dilestarikan,,karena banyak makna luhur di dalamnya...salam :-)

    BalasHapus
  12. Anakku yang pertama punya 2 tapi yang kedua cuma 1 mbak> kebalikan sama dirimu ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti semakin berkurang unyeng2nya ya :D

      Hapus
  13. anak cowokku unyengnya dua..tp kok dia gak pecicilan amat ya.. malah
    ebih pecicilan kakak ceweknya yg unyengnya satu. pdhl berharapnya yang cowok ini yg lebih pecicilan..hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti anak cowoknya memang bertipe kalem ya. Ayo coba, suruh pecicilan #eh

      Hapus
  14. Betul mak, kata orang Jawa kalau anaknya pecicilan, "Wooo pantes, unyeng2nya aja ada 2." :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seringnya anakku yang dua itu ya dituduh begitu, Mak...hihi

      Hapus
    2. Bener banget mbak... entah ini cuma mitos atau apa.. di rumahku juga gitu anak-anak yang nakal mesti 'dituduh' berunyeng-unyeng dua.. padahal gak gitu juga kelesss

      Hapus
  15. ada yg punya unyengnya 3? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada. Sodara jauh saya. Unyeng ketiganya ada di dekat dahi. Jadi lucu deh kelihatannya :)

      Hapus
  16. Artikel yang bagus sekali min, bagus banget jadikan motivasi.

    Salam saya

    BalasHapus
  17. enggak ah mak Ina, unyeng2 ga ada kaitannya ama karakter anak ^^
    soalnya aku n putriku punya dua unyeng2 n kita ga pecicilan tuh.. hehe.
    Mitos kali ya mak..

    BalasHapus
  18. Iya, Mak...mitos yg masih diyakini sampai sekarang. Banyak jg yg ga berunyeng dua tapi super pecicilan. Kalo liat anak pecicilan tapi berunyeng dua jd kesannya nyalahin si unyeng, yaa

    BalasHapus
  19. Anak gw cewe yg terakhir na, lebih aktif dari mas2 nya... aduh.... kata orang anak cewe lebih anteng ternyata tdk terbukti. Gw kudu extra jada dia (walau unyeng2 cuma satu loh).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha...ga kalem ternyata ya, Wid :p
      Bisa jadi krna liat ada dua kakak yg jadi contohnya. Sama kayak bungsuku jg gitu, supeeer pecicilan :D

      Hapus
  20. Salam mb, anakku juga punya unyeng2 Dua, tapi satu di blakang satunya di depan tepat di atas Jidatnya, jadi ya agak aneh memang, tapi ya mEmang Anaknya ndk mau diem, Ada aja tingkAh yg di kerjakan, bicaranya juga banyak ndk mau diam hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama kalo gtu mbak, 2 tapi depan belakang, anaku baru 3minggu. Bisa jadi gedenya jg sama ga mau diem :D

      Hapus
  21. Seru ya bahas unyeng-unyeng? Saya punya dua anak laki-laki dan semua memiliki unyeng-unyeng dua.

    BalasHapus
  22. klo unyeng2 yg nggandheng/menyatu itu gimana artinya mbk? penasaran hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh maaf, kalo tentang itu sy jg kurang paham :)

      Hapus
  23. anakku ce, unyeng2nya dua, dan diaaaaaa aktif sekaaliiii ;p hahaahha... pusing deh maminya dibikin... Tapi suamiku yg jg 2 unyeng2nya, kata mertua ga pecicilan mba.. malah dia anteeeeeng bgt... jd sprtnya ga bener jg tuh mitosnya...

    Kalo mamaku malah bilang, unyeng2 ada 2 itu artinya pinter beternak... nthlah...lgian aku ga ykin jg anakku mw jd peternak kalo da gede :D

    BalasHapus
  24. anaku unyeng2nya 2 , udah banyak yang ngecap bakalan jadi anak nakal , hadewh mah, semoga saja nakalnya dalam hal kebaikan hehehe

    BalasHapus
  25. Anakku unyeng2nya dua, cowok, baru umur 20 bln, dah pinter ngomong, kalo nangis bs smbil banting2 mainan ato apa aja yg ada di deketnya...hadooh smoga mitos nakak ngk trbukti yaaaa....#tepok jidat

    BalasHapus
  26. anak saya yang terakhir aja yang punya unyeng dua mak

    BalasHapus
  27. saya dan anak saya unyeng2nya dua tapi berlawanan tuh sifatnya, kata ibu saya dulu saya pas kecil anteng, eh lha kok anak saya aktif banget sampai capek saya he3
    jadi mitosnya ga terbukti benar :D

    BalasHapus
  28. Anakku perempuan usia 2bln unyeng2nya ada dua 😰😰😰

    BalasHapus
  29. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kebetulan aja, mbak. dari garis keturunan terdekat suami dan aku, belum ada yg unyengnya dua :)

      Hapus
    2. apa dari faktor keturnan ya....

      Hapus
  30. Keponakan saya uyeng2nya juga dua, kelihatan pendiam tapi kalo lagi jengkel apa saja bisa di banting....trus tenaganya juga super kuat.kadang suka ngajak berantem beranteman saya saya....namun disisi lain juga ada nilai positifnya si dia itu gak cengeng,kalo jatuh,kejedog,di cubit,di jewer dsb dia gak nangis...herannya dia malah bengong saja tanpa merasa kesakitan

    BalasHapus
  31. Kalau suami saya ada 7 uyeng2nya knapa ya mba. Kalau ada yg tau Tolong kasih tau sy ya mba. Makasih

    BalasHapus
  32. Mba mau tanya, kalau suami saya uyeng2nya ada 7 😊 banyak banget kan. Kira2 kenapa ya?

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak berpromosi atau berjualan. Mohon maaf, komentar dengan link hidup akan saya hapus. Terima kasih :)

Related Posts Plugin” style=