Selasa, 24 Desember 2013

Kopdar Pertama Kali Bersama KEB

KEB Kumpul Bareng di Bogor (foto dari: Mak Irma)
Berteman di dunia maya dan akhirnya bisa bertatap muka secara langsung atau disebut kopdar (kopi darat) sudah beberapa kali saya lakukan. Namun baru sebatas perkenalan via Twitter saja. Yang pertama dengan para mommies di Twitter waktu saya tinggal di Makassar,. Kami kopdar berempat: Saya, Mak Dwi, Mak Emmy, dan Bunda Nawra. Kedua dengan seorang blogger cantik dari Medan yang baru pindah ke Bogor, Irda. Selanjutnya juga ada teman dari Twitter yang kebetulan lagi main ke tempat pancing dekat rumah, yaitu Mak Nining. Silaturahim tetap berlanjut bahkan menjadi lebih akrab setelah kopdar.  Pertemanan di dunia maya ternyata bisa menjadi nyata. 


Meski cuma kopdar kecil-kecilan, saya belum berani hadir ke acara kopdar yang melibatkan banyak anggota. Kopdar komunitas misalnya. Komunitas saya di dunia maya memang ada beberapa. Namun, saya merasa paling 'klik' dan nyaman dengan Komunitas Emak Blogger (KEB). Lewat KEB, saya mengenal beberapa teman baru dari komentar-komentar saat kami saling mengunjungi blog masing-masing. Beberapa berlanjut sering saling mensyen di Twitter juga. Pengen juga sih, kopdar bertemu para blogger ibu-ibu ini jika KEB sedang mengadakan acara. Sayang, acara yang diadakan oleh KEB kebanyakan berlangsung di Jakarta. Sulit bagi saya yang pendatang baru di Bogor ini untuk datang ke Jakarta. Juga, saya nggak tega ninggalin 3boyz kelamaan. Jadi, saya hanya bisa melihat keriuhan acara dari postingan foto-foto di grup, sambil berharap semoga kelak ada acara KEB di Bogor.

Berawal dari thread seorang anggota KEB bernama Rani, lewat kolom komentarnya ternyata ketahuan banyak member KEB yang berasal dari Bogor. Iseng-iseng, tercetus ide untuk ngumpul bareng. Saking senangnya karena menemukan banyak emak yang tinggal di Bogor, jadi lupa deh menghubungi yang punya wadah, yaitu Makpon dan Makmin KEB. Aduh, punten pisan. Untunglah Makpon tercinta Mira Sahid sangat pengertian dan memfasilitasi acara ini menjadi "KEB Kumpul Bareng". Lalu Mak Winny dan Mak Melly, kedua emak warga setempat ini ditunjuk sebagai kontak person. Saya sempet sms-an lho, sama Mak Winny. Minta petunjuk arah, hehe. Untunglah, saya nggak nyasar. Makasih ya, Maak *lempar coklat*


Jujur, saya agak bingung juga untuk menghadiri kopdar ini. Kopdar komunitas pertama, nih. Rada grogi juga. Apalagi, Irda yang tadinya akan datang bareng saya batal hadir karena sedang kurang sehat. Irda juga sedang sibuk mempersiapkan acara pernikahannya. Semoga semua lancar ya, Irda. Jangan lupa minum jamu #loh

Beberapa hari sebelum acara, saya ke rumah Mak Rani Adityasari untuk menengok bayinya. Sekalian ngajak pergi bareng ke acara KEB. Ternyata Mak Rani masih repot dan tidak bisa hadir. Mungkin lain kali ya, Mak.

Sempet ngetwit ke Makmin KEB sebelum berangkat

Jadi, saya dengan nekad memberanikan diri untuk datang ke acara kopdar KEB yang diadakan di Taman Koleksi IPB ini. Acara dijadwalkan dimulai pukul 11. Apa daya, acara diundur karena...Bogor hujan! Bukan Bogor namanya kalau bukan hujan, ya. Hujan yang awet sejak pagi ini juga yang memutuskan saya untuk tidak jadi pergi naik kendaraan umum. Kenapa? Ya huwjan, mana bewcek, nggak ada owjek. Baiklah, saya pesan taxi saja. Padahal taxi di tempat saya itu agak susah lho. Suka 'belagu' gitu kalau tahu kita hanya minta di antar ke kota Bogor. Argonya kurang banyak barangkali. Untunglah, mungkin karena tanggal tua, orderan taxi tujuan Bogor saya pun dipenuhi, hihi.

Oia, karena saya nggak pede datang sendiri, saya merayu Kk Rasyad untuk menemani saya. Tadinya sih, mau bawa 3 boyz. Untunglah cuaca tidak mendukung. Andai saya nekad bawa mereka, dipastikan saya malah riweuh olangan akibat tiga bocah laki-laki yang ciling cingcat (pinjem istilah Bu Sesi, teman kuliah saya) ini. Kalau bawa satu anak, ya pecicilannya bisa direm karena 'seng ada lawan', hehe.

Saya dan Kk Rasyad naik taxi dalam cuaca hujan dan lalu lintas lancar. Akibatnya, saya datang kepagian! Saya ajak Kk Rasyad mampir ke Gramedia Botani dulu. Jelang pukul 11, saya mencari Taman Koleksi. Ternyata di situ toh! Kok selama ini saya nggak ngeh ya, ada kafe di pojokan sana. Kirain saya bakal nyasar nyariinnya. Kaget juga melihat suasana kafe yang sepi. Lha, pada ke mana? Setelah bertanya pada pelayan kafe, saya pun menunggu dekat deretan kursi yang sudah dipesan oleh KEB. 

Tidak lama, dua sosok cantik masuk ke kafe. Dari dress code-nya yang memakai jeans dan kaos putih, tentu saya bisa menebak jika mereka berdua adalah dari KEB. Melihat wajahnya, saya sudah tahu kalau itu adalah Makpon Mira Sahid. Tapi saya malu kalau salah panggil, hehe. Sosok emak cantik satu lagi tentu adalah Makmin Irma Susanti yang selalu rendengan dengan Makpon. Wajah Mak Mira dan Mak Irma sudah tidak asing lagi di timeline Facebook dan Twitter saya. Wah, ternyata kedua emak ini memang aslinya lebih cantik :)

Menunggu sambil memesan makanan (foto dari Mak Mira)
Sambil menunggu para emak lain datang, kami memesan makanan dan minuman. Tidak lama, masih dalam cuaca hujan, satu per satu emak mulai menampakkan diri dengan payungnya masing-masing. Setiap emak yang datang disambut oleh emak yang sudah nangkring duluan. Saya nekad bin pede saja cipika cipiki dengan para emak yang keren-keren ini sambil menanyakan nama mereka, hehe. Kenalan dong, Maak ^_^

Sebagian emak sudah saya kenal dari ngeblog tentunya. Saya tahu Mak Arin karena pernah memberi hadiah saya buku dari GA yang diadakannya. Tadinya hadiah buku mau saya ambil ke rumahnya, sekalian kenalan. Tapi saat itu saya lagi riweuh dan nggak bisa pergi, jadi saya tunggu bukunya dikirim saja, hehe.

Kiri: Makpon memberi kata sambutan.
Kanan: Mak Dwina, Mak Arin, dan Mak Anita.
(Foto dari Mak Anita)
Ada Mak Anita yang saya tahu dari anaknya, Ruth, yang memfollow blogn anak saya, Aa Dilshad. Saya juga ketemu dengan Ruth di akhir acara. Lalu ada Mak Mia yang blognya suka saya intip, karena isi blognya oke banget buat inspirasi gaya hijab. Ketemu langsung dengan Mak Mia, ternyata orangnya memang stylist banget seperti pada foto-foto di blognya :)

Saya dan Mak Mia (foto dari Mak Mia)
Makin banyak emak yang hadir, suasana makin seru. Kami larut dalam obrolan, candaan, sambil makan-makan, tukeran kado, dan tidak ketinggalan....foto-foto! Sesuai kata Makpon, bukan blogger namanya kalau nggak suka foto-foto. Hidup narsis! Hihihi. Nggak nyangka yah, ternyata kita yang kebanyakan sudah menyandang status emak-emak ini bisa berheboh ria. Andai cuaca cerah, dijamin halal, kita pasti sudah pindah lokasi pemotretan ke taman dan berpose lebih ajaib lagi. Mungkin sambil loncat atau meluk pohon? Hehe.

Cihuy! Ada Makpon jadi putri duyung! (foto dari: Mak Mia)
Foto berikut, saya nggak nyadar kalau si Kk Rasyad ketularan heboh dengan berpose sedang bertapa :D
Gaya suka-suka (foto dari Mak Arin)

Para emak yang hadir ada 22 orang. Andai tidak hujan, pasti akan lebih banyak emak yang datang. Yang hadir tentu saja Makpon alias Emak Founder KEB, Mak Mira Sahid. Lalu Makmin Irma Susanti dan Makmin Sumarti 'Icoel' Saelan. Emak dari Bogor yaitu: saya, Mak Anis, Mak Arin, Mak Rodame dan Mak Desi Namora (mereka ternyata kakak dan adik ipar), Mak Dwina, Mak Melly, Mak Ia Alginat, Mak Rani, Mak Sofia, Mak Winny, dan Mak Yuli. Dari Depok: Mak Anita, Mak Dessy Yusnita, Mak Diah Pitaloka, Mak Fadlun, dan Mak Mia.
Atas: Mak Mia dan Mak Dessy. Kanan: Mak Rodame.
Bawah: Mak Rani, Mak Sofie, dan saya.
(Foto dari Mak Dwina)
Atas: Mak Anis, Mak Anita, Mak Dyah Pitaloka
Bawah: Mak Echa dan Rafi, Mak Fadlun, dan Mak Ia Alginat.
(Foto dari Mak Dwina)


Atas: Makmin Sumarti 'Icoel' Saelan
Bawah: Mak Winny dan Mak Melly yg jadi CP acara
Sayang saya nggak bawa kamera. Kamera digital yang saya punya lagi dibawa Bapa ke Kendari. Sedangkan kamera hp, yah bisa apa kamera dari hp saya yang bukan smart phone ini, hehe. Jadi, foto-fotonya saya pinjam dari Mak Mira, Mak Irma, Mak Arin, Mak Anita, dan Mak Mia, dan Mak Dwina. Makasih ya, Maaks *kecup satu-satu*

Senangnya diajak berpose bareng sama Makmin Irma. Engg... sebenarnya saya pengen foto sama Makpon, juga Makmin Sumarti 'Icoel' Saelan yang datang belakangan. Tapi, saya kan nggak punya kamera. Jadi ya pasrah aja nunggu diajak foto bareng, hehehe.


Saya dan Mak Irma (foto dari Mak Irma)
Seru ternyata bisa kenal dan bertemu langsung dengan para emak KEB ini. Untuk acara ini, bukan hanya emak dari Bogor saja, lho yang hadir. Emak yang tinggal di Depok dan Jakarta juga bela-belain datang ke Bogor. Ini baru sebagian kecil saja dari member KEB yang jumlahnya ribuan dan tersebar ke seluruh nusantara bahkan manca negara. Nggak kebayang jika ada acara kopdar akbar KEB. Wiih..pasti super heboh yaa. Yuk, Makpon, diagendakan bikin Kopdar akbar KEB. Makpon? Makpon? Lho, Makpon kok pingsan...hihihi.

Seluruh emak yang hadir (foto dari Mak Anita)
Akhirnya, saya pamit pulang lebih awal karena Kk Rasyad udah bete. Pengen deh, hadir ke acara KEB lagi. Acara event KEB berikutnya yang pasti seru adalah ajang Srikandi Blogger 2014. Insya Allah jika berumur panjang dan tidak ada halangan, saya pasti datang. Saya datang untuk mendukung jika ada emak KEB yang kemarin hadir di Taman Koleksi terpilih jadi finalis nanti. Pasti ada? Pasti laah! Pede doong! *siapin pompom*

Eit, tunggu dulu! Acara Srikandi Blogger pastinya diselenggarakan bulan April nanti, bareng dengan peringatan Hari Kartini. Pada acara tersebut, yang datang harus pakai kebaya. What?! Kebaya??? Duh, kebaya milik saya hanya ada satu. Kebaya itu saya pakai saat saya lamaran dulu, hampir 12 tahun yang lalu! Arrgh..masih muat nggak yaa??? Demi KEB, demi Srikandi Blogger 2014, saya rela untuk...diet mengecilkan perut! Hihihi.

KEB Kumpul Bareng di Bogor sangat berkesan bagi saya. Terima kasih untuk Makpon Mira Sahid yang sudah memfasilitasi acara ini. Terima kasih untuk sambutan hangat perkenalan dari emak-emak semua yang hadir. Sampai bertemu lagi, emak-emak semua ^_^

48 komentar:

  1. Waa ada aku! *lho? Hehehe... seneng ya Mak bisa kumpul bareng, c u at the next kopdar Mak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maak... ada keterangan tambahan tentang dirimu. Aku ngaku suka stalking ke blogmu, hihi
      Nice to meet u. Sampei ketemu lagi, Mak Mia ^_^

      Hapus
  2. Dan aku pun pulang paling belakangan...hehe
    aku sering denger nama blog emak riweuh tp kayaknya jarang berkunjung, dan ga tau jg klo rumahnya ternyata gak jauh2 bgt ya mak..haha

    next kopdar ato ke acara srikandi blogger kita harus barengan maaak, biar seru, ntr krucil2nya aku bantu jagain :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo aku udh tahu Mak Melly itu bloger beken :)
      Yuk yuk barengan, secara Mak Melly ngelewatin komplek rumahku tiap hari :D
      Eee beneran niih sanggup megangin 3boyz? Yakin kuwat? Wkwkwk

      Hapus
  3. halo mak riweuhh..akhirnya berkunjung ke rumahmu mak :)
    salam hangat setelah ujan kemaren mak ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai hai selamat datang..sini sini aku peluk biar tambah anget :)
      Blognya Mak Desi jg udh aku kunjungi. Mau follow pencet daftar email ya? Maklum emak gaptek nih, hihi

      Hapus
  4. Mak rina aka mak riweuh tulisanmu bikin pengen baca berulang2,asyik ya kopdarnya,seneng banget ketemu emak2 bogor nih...semoga bisa ketemu di kopdar selanjutnya ya mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. My name is Riana or panggil Inna jg boleh, Mak Fadlun :)
      Makasih Mak Fadlun suka bacanya. Semoga kita bisa ketemu lagi ya, Maak...aamiin

      Hapus
  5. senengnya bisa ketemu dirimu, eh tapi dilempar coklatnya nggak terasa ya ??? hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Habis Mak Winny sms minta dilempar coklat, sih. Ga kerasa, Mak? Kurang keras berarti aku nimpuknya, hehe
      Senang bisa ketemu sama Mak Winny juga ^_^

      Hapus
  6. aaaah seruuuu seruuuu....sayang 'kaki gatelku' ngg nyampe bogor minggu lalu...soalnya nyangkut di tempat laiiin :D....salam kenal buat emak2 yang belum pernah ketemuan sebelumnyaaaa.....btwm udah ikutan GAku belum maaak...ikutan yaaah :D...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haaii coba Mak Indah ikutan juga. Kita bisa ketemuan deh :)
      GA kaki gatalku udah di draft, Mak. Belum sempat digarap. Kesalip tulisan hari Ibu n Kopdar ini *ngumpet*

      Hapus
  7. Hihi emang seru banget ya mak kalau kopdar. Yah padahal tinggal bilang aja, mak foto yuk. Aku juga sampai lupa mau difoto satu2 sama emak2.. Btw sb 2014 Insya Allah Maret mak. Bukan April.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Engg...aku kan orangnya pemalu, Makpon *pilin2ujungjilbab*
      Wah, Maret ya? Asyiik dimajuin. Etapi dietku begimanaah... Maret udah kurus belum ya? Hihihi

      Hapus
  8. Mak..aku dibisikin makpon, SB bulan maret :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisikannya juga nyampe ke aku barusan :p
      Yuk, Mak Arin, kita barengan ke sana nanti ^_^

      Hapus
  9. hehehe.. aku juga bru kali ini lho kopdaran blogger mak :D seruu yah, bikin ketagihan ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mak Raniii...kutunggu dikau di pertigaan Kebon Jati dekat Gang Padmo Ciapus kapan2 yah...di deket tukang bakso atau empek2 ^_^

      Hapus
  10. Saya belum pernah kopdar sama Emak Riweuh, nih. Semoga kita bisa kopdar suatu saat nanti, ya ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Semoga kita kisa ketemuan ya, Mak Myra ^_^

      Hapus
  11. pengen.....kapan yak saya bisa ikutan kopdar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk Mak Enci, nanti dateng ke SB 2014. Biar bisa kopdar rame2 ^_^

      Hapus
  12. seru bgt deh yang kopdaran ....

    BalasHapus
  13. Saya dataaang, mak. Mak Inna ikutan fashion show (kl ada) pas SB nanti ya, biar pasti dtg hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kyaaa..aku kan pendek, Mak Dwina. Mana gaya jalannya grasa-grusu pula :p
      Kalo pake heels ntar aku kejublak begimana? Hihihi

      Hapus
  14. huwaaaa...peluuuk satu-satu...trimaksih tulisannya keren2 euy... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini Mak Damme kaan? *peluk balik*

      Hapus
  15. wah.. emak riweuh ternyata masih manis ya wao sudah punya anak 3.. pengen deh kopdaran dg mu Mak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduh makasih dibilang manis, jadi malu :)
      Yuk, Mak Riski, kapan2 kita ketemuan ^_^

      Hapus
  16. Sedihhhh *sambil cakar2 tembok ..... ngiriii.com kenapa kemarin saya g bisa datang.... seru bangeeeert ya mak,,, acara srikandi dimana ya mak, tahun depan... ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kukira dirimu bakal dateng, Mak :(
      Kata Makpon acara Srikandi Blogger 2014 bakal diadain bulan Maret di Jakarta. Kita barengan ke sana, yuk ^_^

      Hapus
    2. Iya mak,,, sediiih banget, sampe2 suami saya bosan saya bahas itu itu terus *g bisa ikutan kopdar Hiksssss,,, Nah itu dia mak, saya jadinya nodong suami saya minta ijin buat ikutan SB yang dijakarta,,, 3 boys nya dibawa g mak kalau SB ntar?? saya rencananya mau berangkat dari bogor juga... itupun kalau g ada halangan mak... *aamiinn

      Hapus
    3. Aamiin. Semoga kita berdua bisa hadir di acara SB ya, Mak.
      Andai bawa 3 boyz n 3 boys dibawa, kayaknya kita jd ga bebas deh, Mak...hihi. Yah tau sendiri bocah2 mana betah disuruh duduk manis selama acara berlangsung :D Kitanya juga capek nguber2nya, bukan?
      Saya mo liat sikon aja nanti. Kalo 3boyz ikut, kemungkinan saya ga bisa hadir dari awal acara. Gitu, Mak :)

      Hapus
  17. Aduh serunya melihat suasana kopdaran yang serba hepi, slm kenal ya Mak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, seruu...
      Salam kenal juga, Mak. Saya sering mampir lho ke Omah Antik ^_^

      Hapus
  18. Wah serunya kopdarnya, semoga lain waktu bisa ikut ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga kapan2 bisa ikutan ya, Mak Titis ^_^

      Hapus
  19. alohaaaa mak, saya pasti gak lupa sosok ramah emak riweuh ini soalnya yg pertama nyambut kita waktu dtg hujan2n kmn :)

    Smg kapan2 bisa ketemu lagi ya mak ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alohaa, Mak Irmaa :)
      Senang bisa ketemu langsung dengan Mak Irma. Sampe ketemu lagi ya, Mak. Aamiin ^_^

      Hapus
  20. uwaa,,seru bangetttttttttttttt

    BalasHapus
  21. aaawwwww.....ada foto saya. Makasih Mak riweuh :)))))) #hug

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awww...iyah. Masama, Mak Sofie *hug balik*

      Hapus
  22. seru kan mak kopdar? yukk...kapan2 lageee :v :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah, Mak...ternyata :D
      Yuk, mau mau ^_^

      Hapus
  23. huwaa seru seru seruuu
    bukan emak blogger namanya kalo ngga narsis hahaha
    ikutan ah kapan-kapan klo kopdaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, Maak :)
      Pengen ketemu kapan2 sama Mak Shinta yg udah ngajarin aku desain blog yg cakep ^_^

      Hapus

Silakan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak berpromosi atau berjualan. Mohon maaf, komentar dengan link hidup akan saya hapus. Terima kasih :)

Related Posts Plugin” style=