Rabu, 19 Februari 2014

Berkunjung ke Kantor Google Indonesia



Dapat undangan berkunjung ke kantor Google. Siapa? Saya? Memangnya saya ini siapa? Saya kan cuma emak rumah tangga biasa yang tidak bekerja di kantor. Undangan yang saya terima biasanya hanya sebatas undangan pernikahan, khitanan, arisan, rapat ortu murid, dan undangan ngerumpi sambil ngemil khas ibu-ibu, hehe. 

Hampir tidak percaya. Pada hari Sabtu tanggal 15 Februari 2014, sebagai salah satu dari 50 besar finalis Srikandi Blogger (SB) 2014, saya mendapat kesempatan mengunjungi kantor Google Indonesia di Jakarta. Seneng? Jelas dooong! Mau seperti saya? Gabung dulu di komunitas keren Kumpulan Emak Blogger (KEB), yaitu komunitas khusus untuk blogger perempuan Indonesia yang sudah memliliki lebih dari 1400 anggota yang tersebar di seluruh dunia. 

Kunjungan ke kantor Google ini dibagi menjadi tiga gelombang. Masing-masing hanya boleh dihadiri oleh 10 emak (panggilan untuk member KEB) saja. Saya beruntung mendapat giliran pertama. Giliran selanjutnya diadakan minggu depan dan seterusnya. Kami bersepuluh datang ke kantor Google didampingi oleh para MakPan (sebutan untuk emak panitia), MakJur (emak juri), dan Makmin (emak admin).

Keterangan foto bagian atas: 10 orang dari 50 besar finalis SB 2014: Mak Arin, Mak Waya, Mak Fita, Mak Melly, saya (di belakang), Mak Nurul, Mak Meti, Mak Elisa (di belakang), Mak Ririn, dan Mak Lidya.

Keterangan foto bagian bawah: para MakPan, MakJur, dan Makmin: Mak Myra, Mak Dwina, MakPuh Indah (di belakang), Mak Fadlun, Mak Icoel, Maketu Haya, Mak Nchie, Mak Shinta, dan Mak Vema.
Foto di depan mesin sign in karyawan
Sudah tahu Google itu apa? Hari gini nggak tahu Google? Saya yang nggak pakai smartphone canggih saja tahu. Malah, saya kerap menyebut 'Mbah Google' karena kesaktiannya. Eh, sok akrab banget ya. Tentu! Mbah Google memang akrab dengan saya. Lagi pusing mikirin ayam mentah mau diapain, tinggal semedi bertanya sama Simbah. Tanya info ini-itu, lagi-lagi Simbah yang dituju. Tapi ada satu yang nggak bisa saya tanya lewat hp saya kepada Simbah, yaitu Google Maps! Maaf ya, hp saya jadul sih *tapi tetap cinta*
Nah, begitu akrabnya Gogle dalam keseharian kita tentu berkat jasa orang-orang hebat di belakangnya. Google sangat menomor satukan karyawannya sebagai aset perusahaan yang berharga. Kenyamanan dalam bekerja sangat diperhatikan. Jangan sampai pekerjaan terganggu karena karyawan memikirkan hal lain. Google memahami hal tersebut dan menyediakan berbagai fasilitas untuk karyawannya. Seolah ingin mengatakan, "Sudah, kamu jangan pikirkan apa-apa. Kebutuhanmu akan kami penuhi." Penjelasan ini disampaikan oleh Mbak Eunike Kartini yang menerima kami sebagai perwakilan dari kantor Google Indonesia. Bahkan menurut Mbak Keke (panggilan akrab Mbak Eunike), begitu perhatiannya sampai ada kantor Google yang menyediakan layanan potong rambut, fitness, bahkan laundry untuk para karyawannya! Duh, baik banget! Titip cucian punya saya doong! Hehehe.

Suasana Warung Mbah Google (pantry)
Acara kunjungan para emak KEB di kantor Google ini berjalan santai. Terkadang, kami cukup berisik juga saat heboh mengambil foto (untung tidak ada karyawan yang sedang kerja hari itu). Karena datang menjelang tengah hari, kami makan siang di Warung Mbah Google alias pantry untuk karyawan. Waah, ternyata tempatnya keren dan nyaman banget! Jadi pengen punya dapur seperti ini kelak. Eh tapi...sayang terlalu rapi. Kalau saya biasa masak 'pabalatak' soalnya, hehe.

Setiap hari, warung ini menyajikan menu yang berbeda untuk para karyawan. Pada foto terlihat menu western food yang biasa disajikan setiap hari Senin. Mau menyeduh minuman panas, mengambil minuman dingin di kukas, ngemil kue atau keripik dari toples, makan buah, silakan...bebas!



Kami semua betah berada di ruang pantry yang nyaman ini. Feels like home. Bahkan di sofa ada tiga boneka berjejer dengan cantik menemani makan siang kami. 

Boneka lucu di sofa
Ruang makan dilihat dari lantai atas.
Kanan: kursi dilapis jeans! Mak Fadlun telah membuktikannya.
Jujur, saya naksir deh sama panci yang tertata di atas pemanas. Semuanya dalam keadaan kosong tentu saja. Kapan-kapan saya pengen punya panci seperti itu ah *dasar emak-emak*
Panci oh panci!
Setelah kenyang makan siang, kami bergantian shalat dhuhur di mushola. Kemudian kami berkumpul di sebuah ruangan yang full audio dan free wifi. Acara dibuka oleh sambutan dari Mak Haya Alia Zaki sebagai Ketua Panitia SB 2014. Selanjutnya Mbak Keke sebagai Google Plus Community Manager dari Google Indonesia memperkenalkan diri.

Kiri: MakPan Haya dan Mak Srikandi 2013 Alaika
Kanan: 3 dari 10 finalis, Mak Meti, Mak Arin, dan Mak Indah


Acara perkenalan dilanjutkan. Semua emak yang hadir memperkenalkan diri satu per satu. Srikandi Blogger 2013 yang turut hadir, Mak Alaika Abdullah dari Bandung menceritakan pengalamannya sebagai Mak Srikandi yang membuat kami terkesima. Perkenalan spesial ditujukan untuk tiga emak yang hadir dan menjadi finalis 10 besar. Para emak ini harus memperkenalkan diri di depan! Pertama Mak Meti dari Bandung, Mak Arin dari Bogor, dan Mak Indah Nuria (yang datang menyusul) dari Jakarta. Horeee! Suasana menjadi semakin meriah. Kami semua larut dalam canda tawa. Keakraban khas KEB :)

Sebagian emak yang memperkenalkan diri
Sudah kenal semua? Yuk, lanjut ke acara berikutnya. Mbak Keke memberikan penjelasan tentang Google Indonesia dan beberapa produk yang ditanganinya. Mbak Keke sendiri memegang produk Google Plus dan menangani jalinan kerja sama antar komunitas. Mengapa komunitas? Google menyadari pentingnya komunitas dalam berinteraksi di masyarakat. Begitu pula di media sosial. Komunitas itu bisa besar dan menjadi kuat oleh anggotanya. Tentu saja, KEB termasuk komunitas yang sepak terjangnya sudah tidak diragukan lagi di dunia blogger. Saya bangga sekali bisa bergabung dengan KEB. Tanpa KEB, mana mungkin saya bisa berada di kantor Google Indonesia. Pokoknya KEB te ope be ge te dah!

Selanjutnya, para emak dijelaskan tentang salah satu produk Google, yaitu Google Plus. Apa itu? Naah... yang punya akun Gmail pasti sering lihat ikon G+ kan? Coba diaktifkan dulu itu Google Plus (G+)nya. Manfaatnya ternyata banyak lho! Sebagai blogger, G+ bisa membantu meningkatkan traffic blog kita. Lewat G+ kita juga bisa hangout bareng meski lokasinya saling berjauhan. Apa lagi ya? Duh, saya nggak tahu cara menjelaskannya di sini. Tunggu pakarnya saja yang menjelaskan ya :)

Atas: Let's join #IndonesiaOnly!
Bawah: contoh aktivitas Google hang out masak bareng
Melihat fitur-fitur yang ditawarkan, dijamin suatu saat G+ bisa mengalahkan jejaring sosial Facebook dan Twitter! Duh, saya langsung melongo mendengar semua penjelasan Mbak Keke tadi. Selama ini, akun G+ saya dicuekin begitu saja karena gaptek. Baiklah, sepulang dari kantor Google, saya akan mengoprek akun G+ saya, add circle para emak KEB, dan sering memberi tanda plus pada postingan teman-teman blogger lainnya *catet* 

Satu lagi, ada cara untuk menemukan teman dengan minat yang sama di G+. Cukup cantumkan hastag yang dimaksud. Misalnya, kita ingin mencari orang yang sama-sama memiliki minat membuat prakarya. Cukup ketik #craft, lalu akan muncul postingan orang-orang pengguna akun G+ yang bertema tentang craft dari seluruh dunia! Keren kan! Cocok banget nih, buat saya. Nanti saya mau cari teman-teman yang 'senasib' suka bikin prakarya dari kain perca dan pita satin. Lumayan, buat nambah ide membuat aksesoris inas craft nanti. 

Mbak Keke juga mengenalkan tagar #IndonesiaOnly di G+. Ketika kata tersebut diketik, langsung muncul berbagai postingan foto dan tulisan tentang Indonesia. Semua fotonya bagus! Siapa saja yang melihat pasti langsung terpesona dan tertarik untuk mengunjungi tempat tersebut. Yuk, yang punya foto-foto, atau tulisan tentang jalan-jalan, atau makanan, atau apa saja tentang Indonesia, jangan  lupa dishare di G+ dengan tagar #IndonesiaOnly. Mari kita promosikan Indonesia ke seluruh dunia!

Selanjutnya, sesi tanya jawab. Para emak yang penasaran pun bertanya pada Mbak Keke. Di akhir sesi ada hadiah yang sudah disediakan oleh Maketu untuk para penanya terbaik. Dan pemenangnya adalah: Mak Shinta, Mak Lidya, dan Mak Nurul. Mbak Keke menyerahkan hadiah masing-masing berupa satu buku keren kepada tiga emak yang beruntung ini.


Atas: Mak Shinta dan Mak Lidya
Bawah: Mak Hello Kitty eh Mak Nurul
Tidak terasa, hari sudah semakin sore. Pertemuan santai kami ditutup dengan berjalan-jalan melihat sisi kantor yang lain. Kami diajak ke ruang kerja para karyawan. Semua ruang kerja dihias dengan lukisan kaca bergambar khas Indonesia. Ada lukisan penjual ketoprak, perempuan berpakaian adat dayak, dan sebagainya (saya lupa). Kami dilarang mengambil foto di ruang kerja ini. Nama-nama ruangannya juga unik. Ada potong bebek angsa, gudang rejeki, dan gelora asmara (wah, nama yang menggoda) :D

Coretan saya di dinding kantor Google
Kami memang tidak boleh memotret di ruang kerja, tapi kami boleh corat-coret tembok! Serius? Iya! Kami dipersilakan mengambil spidol warna-warni dan mencoret tiga pilar besar yang ada di sisi jendela. Engg... kapan ya terakhir kali saya corat-coret tembok? Waktu balita? 30-an tahun yang lalu? Haha! Ketahuan umurnya!

Setelah mencoret tembok, kami boleh memfoto hasil coretan tersebut untuk kenang-kenangan. Asyik! Langsung jepret deh!


Kantor Google memang selalu menonjolkan kekhasan daerah setempat. Tidak heran, kantor Google di Jakarta ini didesain sangat Indonesia sekali. Tidak percaya? Tuh, lihat! Ada becak yang tergantung di atas ruangan kantor! Iya, becak kan Indonesia sekali. Kami semua diijinkan untuk berfoto bersama di bawah becak terbang ini.

Becak terbang di ruang kerja

Awass ketiban becaak!!!
Lanjut tur keliling kantor lagi. Kami melewati Warung Mbah Google dan menuju ke lantai atas. Terdapat beberapa ruangan bersekat dengan sofa dan kursi nyaman di dalamnya. Ternyata, ini ruang rapat! Haaa?! Jadi, bisa rapat sambil main ayunan??? Enaknyaaa!!!

Mak Icoel, Mak Melly, Mak Arin, 
dan saya langsung duduk2 di ruang rapat
Pemandangan dari jendela kantor Google ini bagus banget! Suasana sore menyelimuti bangunan yang terlihat dari lantai 28 Gedung Sentral Senayan tempat kantor Google ini berada. Saya bisa melihat Stadion Gelora Bung Karno yang berwujud seperti donat itu. Eh, kok jadi ngebayangin makanan. Ketahuan saya mulai lapar lagi, nih :p



Di sebelah ruang rapat, ada kasur-kasur berjejer dengan rapi. Hah? Di kantor boleh tidur? Boleeh! Duh, enak banget ya, kerja di sini. Bobok siang juga nggak dilarang :D Tidak mau ketinggalan, tentu saja semua emak ini penasaran ingin mencoba kasur empuk tersebut. Tuh, muat kok, rame-rame tiduran di sini, hihihi.
Kasur empuk
Emak empuk #eh

Terakhir, kami diajak melihat ruangan paling asyik, yaitu ruangan bermain! Yak, karyawan di kantor Google boleh bermain game, main pingpong, bahkan berolahraga sejenak di sepeda statis yang disediakan. Wah wah... benar-benar kantor anti stres ya :)

Suasana ruang bermain. Lukisan dindingnya keren!

Atas: numpang nampang di ruang bermain
Tengah: Mak Fadlun, Mak Dwina, dan Mak Elisa mau main pingpong
Bawah: para emak sedang menyimak Mbak Keke bercerita


Lagi-lagi waktu terasa berlalu dengan cepat. Sejak dari pukul 11 kami berkumpul di lobi lantai bawah, hingga menjelang adzan Ashar berkumandang. Beberapa emak sudah mulai dihubungi oleh penjemputnya masing-masing. Tidak terkecuali saya, yang disms berkali-kali oleh Bapa karena Dd Irsyad mulai rewel karena sudah menunggu lama di tempat parkir. 

Trio Bogor: Mak Melly, saya, dan Mak Arin

Yaah... kami sudah harus berpisah. Beberapa emak masih melanjutkan kumpul-kumpul di Plaza Senayan. Saya yang berangkat bersama Mak Arin dan Mak Melly pamit pulang lebih dulu. Mak Dwina yang juga dari Bogor (berangkat pakai kereta) ikut pulang bersama kami. Waktu berangkat tadi saya memang diantar oleh Bapa. Aa Dilshad dan Kk Rasyad tidak ikut. Riweuuuh kalau bawa 3boyz semuanya! Bapa juga sekalian pergi ke undangan pernikahan. Pulang dari kondangan, Bapa dan Dd muter-muter di Plaza Senayan. Setelah capek, mereka menunggu di parkiran. Dd mulai kesal karena menunggu lama. Katanya, "Ibu lama! Ibu nyebelin!" Aduh, maafin Ibu, ya Nak. Emak riweuh memang ngga bisa jauh dari anak :)
Saya dan Mak Nchie dari Bandung
Kunjungan ke kantor Google ini adalah pertemuan kedua saya dengan para member KEB. Pertama kali bertemu saat acara kopdar di Bogor. Saat itu, 22 emak berkumpul dan seru-seruan bareng. Di kantor Google, 21 emak yang hadir juga hepi-hepi bareng sambil menambah ilmu. Lagi-lagi saya berpikir, duh, segini aja udah heboh...gimana kalau member KEB ngumpul lebih banyak lagi? Huaa... pengen nangis menyadari saya tidak bisa hadir pada acara puncak Srikandi Blogger 2014 tanggal 9 Maret nanti. Tanggal 7 Maret saya sudah berangkat ke Bandung untuk menghadiri acara reuni teman-teman kuliah Bapa tanggal 8 dan 9 Maret. Mudah-mudahan saya bisa hadir pada acara KEB selanjutnya. Bertemu para emak KEB yang baik hati dan tidak sombong serta rajin menabung ini.

Sampai bertemu kembali, emak-emak semua! Hari yang menyenangkan. Senang bisa bertemu langsung dan nyata dengan emak-emak yang tadinya hanya mengobrol di dunia maya saja. Terima kasih, Mbak Keke dan Google Indonesia atas kesempatan ini. Terima kasih saya ucapkan spesial untuk KEB. Tanpa KEB, saya tidak mungkin bisa diundang ke kantor Google seperti sekarang ini. 

Bersama KEB, hidupku jadi lebih berwarna. 

Love you all ^_^

60 komentar:

  1. Wkwkwk.. namaku jadi mak hello kitty.. :)))

    BalasHapus
  2. aarrrkkkkk,,seru bangettt,kantornya keren bangetttt

    BalasHapus
  3. Penampilannya dari dalam enggak seperti kantor. Itu setiap orang bisa/bisa berkunjung ke sana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagian ruang kerja tidak boleh difoto, padahal ga kalah keren jg.
      Sepertinya hanya undangan saja yg boleh berkunjung ke kantor Google :)

      Hapus
    2. Hmm,,, Berarti kalau enggak punya kenalan seperti aku, enggak bisa berkunjung dong.

      Hapus
    3. ikut aktif di komunitas aja. Siapa tahu nanti komunitasnya dilirik oleh pihak Google Indonesia untuk diundang main ke kantornya

      Hapus
    4. Oh, begitu. Tapi saya pernah tanya Mbak Haya Aliya Zaki katanya kalau kita mau ke sana bisa janjian duluan dengan mereka.

      Hapus
  4. setuju mak, KEB bikin hidup kita lebih berwarna ya..
    seneng banget bisa ketemu dan sama-sama merusuh di kantor mbah gugel kemaren. Kapan-kapan ketemu lagi yaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toss Mak Waya..KEB memang bikin seruuu ^_^
      Semoga suatu saat kita ketemu lagi ya, Maaak :*

      Hapus
  5. kereeeeen banget kantornya ^_^ beruntungnya emak yg bisa kesana ehhehe :D

    BalasHapus
  6. Hmm..klo ada lomba review kunjungan google, emak riweuh menang, nih..lengkap banget.

    Makasih ya mak, kemarin di tebengin kesananya..hehe
    tp emang seru bgt bisa berkunjung ke kantor google, yang seluruh dunia tau siapa itu mbah google :D

    beruntung bisa bertemu emak2 hebat semuanyaaaa..keren!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Horeee menang #loh...haha...
      Enggak kok, Mak Mel. Ini karna aku orangnya cenderung pikun, makanya yg diinget buru2 ditulis :D

      Masama, Mak...kapan2 kita beli cimol bareng yaa. Kabarnya, ada lumpia basah yg enak di deket situ #rumpi hihihi

      Semua emak KEB memang T O P !!!

      Hapus
  7. wah pingin ke sana juga ....
    tapi kapan.. kapan? hihihi
    eh Mak, apakah kantornya terbuka untuk umum juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga kapan2 bisa ke sana ya mak :)
      Kayaknya ga dibuka untuk umum deh. Nanti ganggu yg kerja di sana kalo bnyk orng yg dateng :D

      Hapus
  8. Huwaaa kita itu sebenernya heboh apa norak ya mak disana qiqiqi
    makasih ada potoku nampang disini qiqiqi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Engg...norak? hihihi
      Mak Shinta sebagai pakar utak-atik web harus eksis di mana2, biar tambah beken maak ^_^

      Hapus
  9. Bener. KEB is the best yah...emak2nya hebring!

    BalasHapus
  10. Meni keren pisan tyt yah rmh si embah jd pgn jg euy ke sana... Seruuu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heu euh..keren pisan euy :)
      Hayuk hayuk, si Embah nungguin Mak Muna tuh ^_^

      Hapus
  11. seumur2 baru tau diriku mak ada kantor sekereeeeen itu ;)
    alhamdulillaah mak bisa berkunjung kesana..

    BalasHapus
  12. wahh baru tau kalo ternyata google buka kantor cabang di indonesia o_O\
    jadi pengin kesana, numpang foto2 kyahaahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, lumayan banyak tempat yg bagus buat foto2 :D

      Hapus
  13. Komplit..plit..liputannya. Aku bingung mau nulis apa...yg kuingat cuma foto..foto...dan foto...hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mumpung masih inget, Maak.. Besok2 udah lupa lagi soalnya, hehe.
      Mak Arin mah skr fokus buat promo ajaa

      Hapus
  14. kunjungan perdana ya aku kesini :) aku save ya link blognya supaya bisa mampir kesini lagi kalau ada update baru. Aku minta izin pinjem fotonya ya sebagian

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat datang, Mak Lidya *gelar tiker*sodorin kerupuk* :D
      Boleh, Mak. Tengkyu sudah mampir n nge-save ^_^

      Hapus
  15. Seru maak, asyik bgt yya punya kantor kaya Google itu...sedaap mak.

    BalasHapus
  16. Wah ini... reportasenya lengkap bener....Jadi makin penasaran aku dg kantor gugel.
    Gugeeellll tunggu aku #mulailebay

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih, Mak :)
      Ayo, ayoo...Mbah Gugelnya udah nungguin tuh :))

      Hapus
  17. Jadi... gugel bukan hanya memperhatikan kebutuhan kita sebagai penggunanya... tapi juga kebutuhan seluruh karyawannya. Enak bener ada laundry di kantor hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, supaya karyawan bisa kerja dgn hepi, jadi makin kreatif dan produktif :)
      Yg ada laundry-nya kalo ga salah di kantor Google yg di Amerika *cmiiw*

      Hapus
  18. Oooo... okedeh aku pake tgar #IndonesiaOnly :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan lupa ya Maak...foto2 Mak Lusi kan keren2 :)

      Hapus
  19. Reportasenya kereeen! Saya malah belum sempat duduk manis membuat reportase kunjungan kita ke kantor simbah lho, Mak. :)
    Kumpul bareng anggota KEB emang asyik dan heboh ya, Mak? Selalu menimbulkan keinginan untuk kumpul dan kumpul lagi. Yaaa, sayang banget dirimu ga bisa hadir, Mak! :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih, Mak Alaika :)
      Iyaaa, kumpul sama emak KEB memang selalu menghadirkan susasana yg penuh kehangatan. Jadi ketagihan, hihihi.
      Senang akhirnya bisa berjumpa dg Mak Srikandi Alaika yg memesona. Sayang kita ga bisa ketemu di acara puncak :'(
      Moga suatu saat kita bisa ketemu lg ya Maak ^_^

      Hapus
  20. Aku gak jadi di batalin sama panitia...huhuhuhu...padahal udah mupeng banget !

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, sayang ya mak :( *puk puk Mak Lies*

      Hapus
  21. asik bener ya berkunjung ke kantornya Mbah Google.....

    BalasHapus
  22. kereeennn mba...lengkap banget ceritanya :)

    sukses terus ya :)

    BalasHapus
  23. Seru banget deh maakak ,kapan ya aku bisa kesana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, seru :)
      Mudah2an nanti bisa kesana jg ya, Mak Dea ^_^

      Hapus
  24. behhhh,,,,keren keren keren, ngomong2 saya bisa gabung di KEB gak? :)

    BalasHapus
  25. Memang keren :)
    Bisa bisa, yuk ikutan.Cara gabung bisa dilihat di link ini ya, mbak: http://emak2blogger.web.id/cara-gabung/

    BalasHapus
  26. hadeuuh tuh kantor nyaman banget ya...kalau semua kantor kaya gitu bisa-bisa para suami ga mau pulang hahaha...eh asyiik banget tuh yang coret2 temboknya hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gawat doong kalo ga pulang2, maak...haha..
      Corat-coretku kayaknya diapus lagi deh. Soalnya ada penghapus di deket tembok. Buat seru2an para karyawan n pengunjung. Etapi keren jg idenya ya :)

      Hapus
  27. Emang kantor google tuuh paling cozzy yaaah. Ternyata ini nih alasan kantornya dibuat nyaman banget http://bit.ly/1lkXroS

    BalasHapus
  28. jujur saya ingin sekali berkunjung ke kanor google indonesia tapi bgmna cara nya agar saya mendapatkan undangan dari google

    BalasHapus
  29. Halo Bu Riana perkenalkan saya Galang dari Fakultas ilmu Administrasi dari universitas Brawijaya, saya hendak melakukan kunjungan ke kantor Google namun saya tidak memiliki info dan kontak terkait pihak yg dihubungi untuk mengetahui prosedur yg harus dipenuhi. Mohon saya diberi kontak/link prosedural,terimakasih.

    Email: galangprayogi0@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Galang.
      Kunjungan ke kantor Google ini dalam rangka event Srikandi Blogger 2014. Semua diurus oleh admin komunitas Kumpulan Emak Blogger (KEB), jadi saya hanya mendapatkan undangannya saja. Mengenai kontak person, kabarnya beliau sudah tidak bekerja lagi di kantor Google. Mohon maaf saya tidak bisa membantu.

      Hapus

Silakan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak berpromosi atau berjualan. Mohon maaf, komentar dengan link hidup akan saya hapus. Terima kasih :)

Related Posts Plugin” style=