Jumat, 14 November 2014

Ciapus, Tempat Peristirahatan yang Sejuk di Kaki Gunung Salak


Awan mendung. Seperti suasana di hati kami. Tanah di atas makam Nenek masih berwarna kemerahan. Bunga-bunga yang kami tabur beberapa hari yang lalu masih terlihat segar. Saat itu, tanggal 31 Desember 2011. Kami semua masih berduka dengan kepergian Nenek. Setelah berdoa, kami berjalan kaki menuju sawah di sebelah tempat pemakaman.

Makam Nenek
   Makam Nenek berada di tanah kosong milik Kakek. Baru ada satu makam saja, yaitu makam Nenek di bagian pojok. Kakek sudah memesan tempat untuk dimakamkan di sebelah istri tercintanya. Dulu, almarhumah Nenek sambil bercanda mengatakan bahwa beliau ingin mengumpulkan semua anak, menantu, dan cucunya di tempat ini. Saat itu saya menjawab sambil tersenyum, "Wah, keren! Jadi kayak kompleks pemakaman Imogiri, dong!"
Hamparan sawah dan kebun
   Kami beranjak pergi. Hamparan sawah dan kebun milik warga setempat terpampang di depan mata kami. Pemandangan hijau dan udara sejuk terasa menentramkan hati. Dalam diam, kami menikmati suasana yang damai ini. Kesedihan kami seolah terobati.

   Sampai sekarang, kami tidak pernah bosan berkunjung ke sini. Sebuah tempat bernama Desa Pasir Eurih di Ciapus Bogor. Tempat yang selalu bisa membuat hati tenang. Melupakan penat setelah sibuk beraktivitas sepanjang hari kerja. Akhir pekan adalah saat yang dinanti. Waktunya berkunjung ke Ciapus. Menjenguk Kakek sebagai tanda bakti kami pada beliau.

   Ciapus, adalah tempat tinggal Bapa (suami saya) dibesarkan. Kedua orang tua Bapa, yaitu Kakek dan Nenek, sudah lama tinggal di desa ini. Sekarang, meskipun jumlah penduduknya sudah padat, sawah dan kebun masih bisa ditemui. Suasananya masih asri.

   Ciapus terletak di kaki Gunung Salak Kabupaten Bogor. Untuk sampai ke sini cukup arahkan kendaraan menuju barat daya dari pusat kota Bogor. Ikuti petunjuk jalan. Selanjutnya, anda akan disambut oleh jalan yang menanjak dan sesekali macet karena angkot yang berhenti.

  Ternyata, banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi di sekitar Ciapus. Ada air terjun (curug) dan kolam renang, tempat ibadah Pura Jagatkartya yang selalu dibanjiri wisatawan beragama Hindu dari berbagai pelosok nusantara, hotel berbintang yg menawarkan konsep menginap seperti di dalam igloo (rumah eskimo), restoran dan cafe, sampai tempat pemintalan sutra. Asyik, kan?

   Berikut foto-foto tempat wisata seputar Ciapus yang saya ambil dari Google. Keterangan setiap tempat ada di masing-masing link.

Rumah Sutera 
(sumber foto: www.griyawisata.com)

Air Terjun Curug Nangka 
(sumber foto:www.liburkeluarga.com )



Kawasan Wisata Curug Luhur
 (sumber foto: www.kaskus.co.id )

Pura Parahyangan Agung Jagatkartya 
(sumber foto: www.travel.detik.com )

Highland Park Resort (sumber foto: www.kitook.co.id )
   Foto berikut adalah saat kami sekeluarga mengajak Kakek dan para ponakan perempuan makan siang di sebuah restoran di sekitar Ciapus. Sayang, saya lupa nama restorannya (mungkin karena puyeng habis nyasar sebelumnya).

Restoran dengan saung-saung yang nyaman
  Sejujurnya, setiap ke Ciapus kami lebih sering hanya beristirahat di rumah Kakek. Numpang ngadem. Maklum, di rumah tidak ada AC. Jika ingin pergi jalan-jalan, saya dan Bapa harus punya tenaga ekstra untuk mengasuh tiga bocah yang tidak bisa diam. Riweuh. Kesimpulannya, jalan-jalan seputar Ciapus ditunda sampai saya dan Bapa siap. Apalagi untuk tempat wisata yang mahal, tentu saja kami harus menunggu sampai isi kantong mencukupi.

Bagaimana? Tertarik? Mari berkunjung ke Ciapus! 



41 komentar:

  1. air terjunnya.... adeeeemmmm :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg air terjun aku malah belum sempat kesana, mak. agak takut kalo bawa anak2 :(

      Hapus
  2. Masih asri sekali ya mak.... terutama air terjunnya... jd pingin berendam kesitu... hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. di sana airnya dingin lho mak. pernah berenang di kolam renangnya, berasa nyemplung ke air kulkas :D

      Hapus
  3. wahhh masih asri ya?syegerrrr....^-^,btw,klo dri arah ciputat ke ciapus via parung rute'y gmn tuh mak?tertarik juga utk kesana... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetap harus lewat bogor dulu, Mbak.
      Nanti kalo udah ketemu daerah Darmaga Bogor, lurus terus aja ngikutin jalan (ada belokannya jg sih), sampai ketemu pertigaan Pancasan. Dari Pancasan belok kanan (kalau ke kiri ke Mall BTM dan Kebun Raya), naik lagi ke atas. Semoga membantu :)

      Hapus
  4. Kebetulan sekali Mak saya lagi cari2 tempat wisata yang belum pernah didatangi di Bogor. Tempat di atas asri banget, tenang damai sejahtera... apalagi ada highland-nya itu kayaknya kereen.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Sof, aku jg penasaran pengen ke highland resort itu *ngumpulinduit*

      Hapus
  5. Iyaaaa, jadi pengin ke sana mak

    BalasHapus
  6. foto terakhir ...sesuatu banget.. Cantik ..
    Maju...mundur...cantik...he2

    Pemandangannya asri banget ya mak.... Adem banget pasti...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya adem beneran :)
      haha...ini lg ga maju mundur lhoo ^_^

      Hapus
  7. air terjunnya segeeer bangeeet

    BalasHapus
  8. memandang alam yang masih hijau menyejukan hati dan terasa mendamaikan hati

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mak tira, makanya kami sekeluarga ga bosan datang ke sana ^_^

      Hapus
  9. daerah Ciapus banyak tempat bagus ya. Aku belum menjelajah daerah sana.
    Makasih infonya ya, mak. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo menjelajah ke Ciapus. Lebih deket kan dari rumah Mak Dwina ^_^

      Hapus
  10. emaaak..
    liat yang ijo2 tuh jadi seger matanya..

    *boleh pinjem topi bundanya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. seger doongg...
      Ga boleh! Ini dipake buat nyangkul ke sawah, haha

      Hapus
  11. Bogor memang jagonya soal pemandangan alam yang adem.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul. Jadi bikin betah tinggal di Bogor ^_^

      Hapus
  12. Lanhsung ngebayangi main di air terju nya..seruu banget pasti

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya pasti seru...
      aku jg pingin bawa boyz ke air terjun, mak muna. tp tunggu mereka gedean dikit. masih pada pecicilan soalnya nih

      Hapus
  13. Kemarin ada yang ngajakin saya ke Genung Salak. Tapi belum bisa. Pingin juga ke situ. . . :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo ke gunung salak buat mendaki, arahnya bisa dari mana aja mba idah. bisa dari Ciapus atau dari sisi gunung yg lainnya. maklum gunung salak kan luas :)

      Hapus
  14. keren mbak,pasti disana udaranya dingin hehe Desain restorannya juga keren.
    Ciapus Bogor. jauh dari lokasi saya (di surabaya)

    BalasHapus
    Balasan
    1. dingin dong. apalagi kalau musim hujan, brrr

      Hapus
  15. air terjun,,,aku belum pernah kesana,,pengen banget kesana,,,,adem ya,,,,enaknya jalan2,,,

    BalasHapus
  16. seger ya mak lihat yang hijau2 disana

    BalasHapus
  17. Dulu zaman kuliah pernah.ke curug luhur n.curug nangka maak...belasan tahun lalu.hahahah...dulu curug luhurnya msh alami blm dibangun kyk sekarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. waah asyik dong maak. pasti masih alami banget ya :)

      Hapus
  18. lihat pemandangan yang hijau-hijau memang bikin segar mata :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makanya kita doyan banget dateng ke sana ^_^

      Hapus
  19. berarti tetangganya si Rani, yaaa...novariany...
    :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul mak. rumah gang masuk ke rumah rani itu sebelah bawah. rumah mertua ke atas lg sedikit. sama2 masuk gang juga dari pinggir jalan raya

      Hapus
  20. huaaa seneng bangeeet ada yg promoin Ciapus :D
    biar ciapus makin dikenal hehe

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak berpromosi atau berjualan. Mohon maaf, komentar dengan link hidup akan saya hapus. Terima kasih :)

Related Posts Plugin” style=