Jumat, 10 April 2015

Beauty & Hijab Class bersama Wardah



Beauty & Hijab Class bersama Wardah. Saya tahu informasi tentang acara tersebut dari status Facebook milik Mak Evrina. Wah, kebetulan! Sudah lama saya menantika acara seperti ini! Langsung saja saya tanya kepada sang empunya status tentang informasi pendaftarannya. Dan, secepat kilat, keesokan harinya saya sudah mendaftarkan diri ke Cibinong City Mall. Buru-buru amat? Acaranya kan masih lama, masih beberapa minggu lagi. Nggak apa-apa deh, daripada saya nggak dapat seat. Semangat banget, ya!
Selebaran acara Beuty & Hijab Class by Wardah
  Setelah pendaftaran, blas...saya lupa menghubungi teman-teman yang lain. Ada kesibukan lain yang menyita perhatian saya. Mohon maaf jika kesannya saya ikut kelas ini nggak ngajak-ngajak. Lagi riweuh, jadi nggak sempet sebar info. Maaf, ya teman-teman.

   Akhirnya, hari H pun tiba. Saya berjumpa pertama kalinya dengan Mak Evrina yang datang bersama adiknya, Mbak Maya. Kami bertiga diantar menuju ruangan di lantai atas oleh Mbak SPG Wardah yang cantik. Hadir paling awal membuat kami dapat tempat duduk paling depan. Asyik! Kelas dimulai setelah menunggu beberapa peserta yang datang terlambat. Saat menunggu, saya dan Mak Rina menyempatkan diri untuk berfoto narsis bersama di depan perangkat make up yang tersedia.


Saya dan Mak Evrina
  Kelas dimulai dengan pelajaran make up. Kami diminta untuk membersihkan wajah terlebih dahulu. Saya pikir, tinggal bersihin doang mah gampang. Saat praktek, sruk sruk... saya ditegur oleh Mbak Wardah, "Jangan keras-keras. Pelan-pelan saja." Duh, dasar saya orangnya grasa-grusu, pengen cepat selesai saja, hehehe.

   Selanjutnya, para peserta dipandu untuk berdandan sendiri. Salah satu SPG Wardah menjadi model. Kami tinggal meniru saja. Jika bingung, para Mbak Wardah yang lain akan sigap membantu. Yuk, kita mulai tahapan bermake up dari langkah paling awal sampai selesai. Tahapanny adalah sebagai berikut:

1. Membersihkan area mata.
Gunakan minyak zaitun. Minyak zaitun atau pure olive oil ini sangat baik untuk menyamarkan kerutan dan kantung mata. Ambil minyak zaitun seujung jari. Aplikasikan dengan cara melingkar satu arah pada kelopak mata (dengan mata terpejam). Bersihkan dengan tisu.Mengapa pakai tisu dan bukan kapas kecantikan? Pakai kapas bisa meninggalkan serat pada kulit (jika kurang bersih). Tisu relatif lebih aman digunakan. Lebih enak juga, menurut saya.

2. Membersihkan wajah dengan milk cleanser.
Ambil milk cleanser secukupnya. Bubuhkan ke lima titik pada wajah, yaitu pada dagu, pipi kiri, pipi kanan, hidung, dan leher. Ratakan tiap bagian dengan cara dipijat perlahan dengan arah melingkar. Setelah bersih, cuci muka dengan sabun pembersih wajah (saat praktek, supaya praktis, kami melewati tahap mencuci muka ini).


3. Membubuhkan toner.
Tuangkan toner secukupnya pada tisu yang sudah dilipat. Tepuk2 searah bulu halus ke arah atas. Setelah pakai toner, wah muka terasa segar nih!

4. Menggunakan pelembab dan foundation
Gunakan pelembab wajah, kemudian foundation. Jika menggunakan Bb cream, t jd tidak perlidak perlu pakai foundation lagi. Cukup Bb cream saja. Cara mengaplikasikannya sama seperti memakai milk cleanser, yaitu merata pada lima titik di bagian wajah. Jangan langsung menandai lima titik sekaligus. Satu per satu saja dulu. Misalnya bagian dahi dulu. Selesaikan sampai merata, baru lanjut ke bagian pipi kiri, dan seterusnya. Bb cram juga tidak mudah mengering jika diaplikasikan dengan cara ini. Meratakan cram boleh menggunakan spon atau jari. Kalau saya lebih terbiasa menggunakan jari.

5. Memakai bedak
Gunakan bedak two way cake. Pilih yg senada dengan warna kulit. Cara memakai bedak bisa menggunakan spon atau brush. Jika memakai brush, hasilnya lebih rata. Gunakan brush dengan cara ditepuk-tepuk dulu, baru disapukan dengan agak ditekan

6. Mewarnai kelopak mata
Bubuhkan foundation dengan warna satu tingkat lebih gelap dari warna kulit. Aplikasikan dengan cara ditepuk-tepuk, jangan diseret ya. Gunakan kuas yang lancip pada bagian tengah.
Setelah foundation merata, bubuhkan eye shadow sesuai warna kesukaanmu. cukup aplikasikan pada setengah kelopak mata saja, pakai warna yang gelap. gunakan kuas berujung miring. 
Balurkan dengan kuas lancip sebelumnya ke arah bawah supaya warna tercampur rata.

7. Highligt mata
Gunakan glitter berwarna terang seperti gold, hijau terang, dan sebagainya. Aplikasikan di bawah alis sampai berbatasan dengan eye shadow sebelumnya.

8. Menggambar alis
Beri tanda tiga titik di ujung alis, yaitu ujung alis di dekat hidung, puncak alis, dan akhir alis yang sejajar dengan ujung kelopak mata. Gambar mengikuti bulu alis dengan pensil alis. Menggambar alis perlu latihan khusus nih buat saya. Saat praktek, saya kelewatan menggambarnya. Untung kelihatan oleh Mbak Wardah dan beliau segera mengkoreksi kesalahan saya. Ooh, jadi jangan jauh-jauh ya, Mbak. Nanti kangen #apaseh...

9. Eyeline di atas kelopak mata
Ada tiga macam eye liner: pensil, gel, dan cair. Saya mencoba eye liner berbentuk gel, lalu gagal! Belepotan! Mbak Wardah mengkoreksi mata saya yang terlanjur cemong dengan tisu yang dibasahi toner. Akibatnya, eye shadow saya ikut terhapus. Diulang lagi deh. 
Eye liner di atas kelopak mata ini diaplikasikan tepat di atas kelopak mata yang berbatasan dengan bulu mata. Saat mengaplikasikan, agar tidak belepotam jangan lupa tahan napas! Aplikasikan dari ujung mata ke tengah. Bukan sebaliknya.
Untuk mata yang satunya, saya coba pakai eye liner cair. Dan...gagal lagi! Duh, belepotan lagi deh. Nyerah ah! Mbak Wardah aja deh, yang pasangin eye liner. Saya nggak bisa! Mata saya yang kecil dan bantet ini bolak-balik berkedip seolah nggak rela dipakein eye liner, haha. 

10. Eyeliner bawah
Aplikasikan eye liner tepat pada garis mata bagian bawah. Caranya, taruh jari di bawah mata dan tarik ke bawah secara perlahan, lalu aplikasikan eye liner dari ujung mata ke arah tengah.
Bikin eye liner atas aja saya nggak bisa, apalagi bikin eye liner bawah! Aseli, saya nyerah. Lagi-lagi saya minta tolong pada Mbak Wardah. Makasih ya, Mbak. Nanti saya sering-sering latihan deh. Biar nggak berkedip, kecolok, dan belepotan lagi, hehe. 

11. Maskara
Bagi yang memiliki bulu mata pendek, gunakan penjepit bulu mata sebelum mengaplikasikan maskara. Aplikasikan maskara dengan cara zigzag pada bulu mata bagian atas. Sedangkan pada bulu mata bagian bawah (yang jumlahnya sedikit) cukup dioles ke bawah saja.

12.Shading pipi
Shading berfungsi untuk 'menipu' mata. Pipi temben bisa terlihat lebih tirus berkat shading. Nah, cocok nih buat saya. Caranya? Gunakan bedak two way cake berwarna terang. Aplikasikan dengan kuas dari pipi ke arah ujung kelopak mata dekat telinga. 

13. Shading hidung
Pernah lihat orang yang aslinya pesek lalu terlihat mancung usai dimake up? Itu karena shading. Caranya? Ambil eye shadow berwana coklat gelap dengan jari telunjuk. Balurkan secara merata dengan jempol. Lalu pencet hidung dari arah bawah ke atas. Nah, eye shadow yang ada di kedua jari tadi sudah berpindah ke sisi kiri dan kanan hidung. Ratakan agar warnanya tidak terlalu cemong atau gelap. Nah, jadi deh, hidung yang mancung! 

14. Blush on
Aplikasikan blush on (yang berwarna kemerahan) dengan kuas. Aplikasikan dari arah belakang (pada bagian pipi dekat telinga) ke depan secara memutar di area shading pipi sebelumnya. Supaya lebih mantap, saat memakai blush on kita lakukan sambil tersenyum. Nah, muncul kan, pipi apel tembemnya! Pada puncak pipi tembem itulah, blush on diaplikasikan.

15. Lipstik
Kalau cara pakai lipstik, kayaknya sudah pada bisa sendiri ya, hehe. Boleh pakai lips -- untuk efek glossy. Buat yang suka warna natural seperti saya, ya pakai lipstik apa adanya saja, hehe.

Selesai! Semua peserta sudah tampil cantik. Tinggal menata hijabnya, nih. Pelajaran selanjutnya adalah tutorial hijab. Peserta yang sudah membawa dua macam hijab, yaitu pashmina dan segi empat, mengikuti setiap langkah bersama-sama dengan sang model di depan kelas. Ada tiga macam gaya hijab yang diajarkan. Saya rangkum dalam foto milik Mak Evrina berikut:
Tiga gaya hijab (sumber foto: Mak Evrina)
    Jujur, saya lebih suka syle no 1 dan 3. Saya kurang suka turban style. Nggak pede aja. Soalnya kepala saya udah gede jadi tambah gede, hihihi. 

Salah satu gaya hijab favorit saya
   Oia, saya sempat memvideokan salah satu tutorial hijab. Ini videonya:

video


Selesai acara, kami dipanggil satu per satu untuk menerima sertifikat dan goodie bag! Hore! Sebelum pulang, sini, sini foto-foto dulu, dong! 

Sertifikat dan isi goodie bag yang saya terima
Foto bareng setelah kelas selesai (sumber foto: Mak Evrina)

 Alhamdulillah, saya senang sekali bisa ikut Beauty & Hijab Class bersama Wardah. Benar-benar bermanfaat bagi saya yang sama sekali nggak bisa bermake-up. Jika kelak ada acara serupa, saya mau dong ikut lagi. Terima kasih ya, Wardah.

Numpang nampang
   

31 komentar:

  1. Lengkap tips kecantikannya mak.
    Hmm garareulis ah... pangling euy

    BalasHapus
  2. Lengkap tips kecantikannya mak.
    Hmm garareulis ah... pangling euy

    BalasHapus
  3. Uhuuuyyy... meuni geulis pisan euy....
    Moga2 kelas wardah segera dibuka di semarang...pengeenn....

    BalasHapus
    Balasan
    1. ihiy...terimikisi mak muna ^_^
      pasti ada mak. pantengin timelinenya aja

      Hapus
    2. semoga ada juga di Bandung.
      Jadi makin kece dech , Mak. :))

      Hapus
  4. Cantik mak...
    Pgn kayak gt jugak ....

    BalasHapus
  5. asikkk banget hijab and beauty class nya, ternyata dandan itu mudah asal tau langkah-langkahnya, nanti kalo ada lagi di bogor kita ikutan lagi yu mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. senengg bangett bisa ikutan acara ini ya mak. jadi kenal dirimu juga :)
      yuk yuk ikutan kalo ada lagi ^_^

      Hapus
  6. Wahhh, udah lama aku gak ikut yang fun kayak gini-ginian :(

    BalasHapus
  7. kalau ada di BEkasi aku mau ikutan mak

    BalasHapus
  8. benar2 jadi tambah kinclong :)

    BalasHapus
  9. Eh komen ku masuk ngga ya tadi, aku nungu ada event ini juga ah di Semarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. moga2 segera ada di semarang ya mak :)

      Hapus
  10. tambah geulis yaaa...mupeng deh belajar dandan giniii....

    BalasHapus
  11. Mau juga dooonkk klo ada di Semarang, biar bisa sedikit feminin gituuuh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. moga ada ya mak. mak uniek udah feminin ah :)

      Hapus
  12. waahh ga kabar2 :'(
    aku juga stay d cibinong

    BalasHapus
  13. bikin mupeng banget :'(
    tempat tinggalku cuma 5 kilometer dari CCM :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. waah masa sih mak? punten kelewat.
      ternyata rumah kita deketan ya...aku baru tahu

      Hapus
  14. Komplit banget tipsnya.
    Mak, dirimu cantik amat :)

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak berpromosi atau berjualan. Mohon maaf, komentar dengan link hidup akan saya hapus. Terima kasih :)

Related Posts Plugin” style=