Selasa, 16 Juni 2015

Senangnya Ikut Fun Blogging



Bukan emak riweuh namanya jika saya bisa ikut ke berbagai acara blogger. Mau pergi keluar rumah saja sulit. Harus ada beberapa 'prosedur' yang wajib saya lakukan, sebelum kaki ini melangkah menuju mamang ojek di pengkolan. Bicara tentang acara blogger, sudah lama saya ingin ikut acara Fun Blogging. Setelah memastikan tidak ada acara keluarga yang penting, akhirnya saya bisa mendaftar ikut Fun Blogging sesi kelima. Sebelum berangkat ke lokasi Fun Blogging di Jakarta, saya harus memastikan kondisi rumah 'aman' selama ditinggal pergi seharian.

   Hari Minggu tanggal 14 Juni 2015, saya bangun pukul empat pagi. Saya langsung ke dapur, mengolah bahan sayuran dan kuah daging menjadi capcay. Sambil menunggu rebusan sayur, saya memasak nasi di rice cooker. Masih sok multi tasking, saya menyambi masak sambil mencuci baju! Bayangkan muka saya bak panda pagi itu. Bangun tidur kuterus masak... sambil nyuci. Ritual riweuh pagi sengaja dipadatkan. Demi apa? Demi Fun Blogging, saudara-saudara!

  Selain capcay, saya memasak ayam goreng. Ayam sudah diungkep pada malam hari sebelumnya. Oia, saya masih sempat lho, lari ke warung sebentar. Ngapain? Olahraga? Bukan, saya membeli minyak goreng yang mendadak dangdut habis karena kurang perhitungan. Masa mau goreng ayam sekilo pakai minyak satu gelas? Ck ck ck! 

   Setelah shalat subuh, saya segera mandi. Saya menggoreng ayam sambil berdandan dan sarapan seadanya. Hap sreng puk puk puk! Bunyi apa itu, Mak? Itu bunyi saya lagi menggoreng ayam sambil makan dan pakai bedak, hihihi.

   Sayang, pada hari yang sama Kk Rasyad juga pentas kenaikan kelas. Syukurlah, masih ada Bapa yang menemani Kk ke sekolah. Kasihan juga sih, Bapa pasti riweuh mengurus 3 boyz sendirian. Saya juga merasa sedih tidak bisa menyaksikan Kk tampil di panggung. Maafkan Ibu, ya Nak. Ibu mau menuntut ilmu dulu *berasa mau pergi bertapa ke gunung*.

  Bapa mengantar saya ke meeting point di Botani Square Bogor. Tepat saat saya hendak berangkat, Dd Irsyad yang baru bangun langsung tantrum minta dicarikan mainan kesayangannya. Duh, riweuh deh kalau harus mencari mainan berukuran imut yang nggak jelas ada dimana itu. Biar cepat, Bapa menggotong Dd ke dalam mobil untuk meredakan tangisnya. Yuk, berangkat!

   Saya tiba lebih dulu di Botani Square pukul 6.50 WIB. Saya bersama para emak blogger Bogor berencana ikut menumpang kendaraan Mak Juliana (alias Mak Iwed) ke Jakarta. Tidak lama kemudian, Mak Evrina datang, disusul oleh Mak Winny. Saat mobil Mak Iwed datang, kami langsung meluncur ke lokasi Fun Blogging, yaitu di kantor Communicasting Academy di Jalan Sultan Iskandar Muda No.8C Arteri Pondok Indah Jakarta Selatan.

   Rombongan Bogor tiba di lokasi pada pukul delapan lewat sedikit. Horee! Kami datang tepat waktu! Para emak mentor, yaitu Mak Haya dan Mak Shinta menyambut kedatangan kami dengan ramah. Oia, saya memanggil para nara sumber ini dengan panggilan 'emak' karena kami bergabung di Komunitas Emak Blogger (KEB). Kami mengobrol sambil menunggu peserta yang lain. Pukul 9 pagi, acara Fun Blogging dibuka oleh Mak Haya. Tema Fun Blogging adalah "Dari Hobi Menjadi Profesi". 

Berpose sebelum kelas dimulai (foto milik Mak Ophi)
   Setelah pidato penyambutan, Mak Haya mengadakan games. Secarik kertas post it dibagikan. Para peserta Fun Blogging diminta menulis dua harapan mereka dari blog pada kertas tersebut. Cukup dua. Sudah, itu saja? Iya. Tapi harus ditulis dengan tangan kiri bagi yang biasa menulis dengan tangan kanan. Berlaku juga untuk sebaliknya. Wah, susah nih! Langsung saja tulisan saya yang jelek ini jadi tambah jelek, hihihi.

Harapan saya dari ngeblog. Aamiin.
   Kemudian, Mak Haya membawakan materi dengan judul "Writing Great Content". Blog sebaikmya diisi dengan tulisan yang bagus, agar mudah disimak dan disukai pembaca. Blogger itu berbeda dengan wartawan. Kelebihan blogger adalah gaya bahasa yang santai dan tidak kaku seperti membaca portal berita. Meski santai, tetap gunakan tata bahasa yang baik dalam menulis. Mak Haya berbagi tips agar tulisan menjadi bertenaga. Beberapa diantaranya adalah mulai menulis sesuai tema yang disukai. Lebih bagus lagi jika berkaitan dengan pengalaman pribadi. Menulislah dengan jujur. Bila perlu, lakukan riset untuk memberikan informasi yang mendukung. Terakhir, jangan lupa mengedit tulisan kita sendiri sebelum tayang di blog. Wah, saya jadi terinspirasi oleh penjelasan Mak Haya.

Mak Haya sedang mengajar
   Acara selanjutnya adalah presentasi dari salah satu sponsor Fun Blogging, yaitu Kredit GoGo. Kredit GoGo adalah perusahaan distribusi produk perbankan. Kredit GoGo menawarkan produk keuangan untuk membeli aset produktif. Presentasi disampaikan oleh Bapak Shandy sebagai CEO Kredit GoGo.

Presentasi dari Kredit GoGo
   Sesi berikutnya masih presentasi dari sponsor, yaitu Tokopedia. Dua orang CEO dari Tokopedia bergantian menyampaikan presentasi. Pertama, ada Mas Doni yang berbicara tentang e commerce. Selanjutnya Mas Frans berbagi cerita seputar blogging.  

Presentasi Tokopedia oleh Mas Doni (kiri) dan Mas Frans (kanan)
  Waktu menunjukkan pukul 12 siang. Peserta Fun Blogging beristirahat makan siang dan shalat dhuhur. Duh, perut saya sudah keroncongan, nih! Sepaket nasi dari Hoka Hoka Bento yang dibagikan segera habis dalam waktu singkat. 


Mari makan!
   Selesai istirahat, sesi berlanjut dengan kehadiran Mak Shinta untuk menyampaikan materi "Advancing Your Blog Platform". Nah, penting nih! Terutama untuk saya yang gaptek dalam urusan design blog. Mak Shinta menjelaskan pentingnya tampilan blog yang berkesan profesional jika ingin dilirik oleh sponsor. Sebelum mengajak kerja sama, sponsor terlebih dahulu mengamati blog kita. Selain mengamati tulisan, tampilan blog juga jadi penilaian. Para sponsor menyukai blog yang tampilannya bagus, rapi, dan tidak berlebihan alias alay. Meski ada juga yang berpendapat, "Blog gue, suka-suka gue." Ya nggak apa-apa sih. Intinya, kita membuat design blog yang nyaman agar pembaca betah berlama-lama di blog kita. Tergantung selera saja ^_^

Ini Mak Shinta bukan lagi marah-marah, ya :D
  Sesi berikutnya adalah materi "How to Monetize Your Blog Through Branding" oleh Mak Ani Berta. Mak Ani yang sudah piawai mendatangkan pundi-pundi rupiah dari ngeblog berbagi pengalaman pribadi. Wah, cerita beliau benar-benar menginspirasi sekaligus bikin iri (dalam hal yang positif, ya). Salah satu tips dari beliau agar kita bisa dilirik oleh sponsor adalah dengan personal branding. Ternyata, memaksimalkan akun media sosial yang kita miliki itu penting untuk membangun personal branding

   Personal branding ala saya itu bagaimana, ya? Saya ini tipe orang yang cepat bosan. Dulu, saya rajin bikin status di Facebook. Mencoba Twitter, Facebook dilupakan dan asyik ngetwit. Ada Instagram, saya jadi sibuk jepret sana-sini. Ditambah iseng main Path dan aplikasi chating lainnya seperti Whatsapp, Bbm, dan Line. Jadi, kesannya sok sibuk nggak jelas gitu deh. Baiklah, nanti saya akan lebih fokus lagi mengurusi 'peliharaan' akun media sosial ini *merasa tercerahkan*

Mak Ani Berta sedang mengajar
  Oia, saat Mak Ani menyampaikan materi, ada selingan sesi perkenalan dari Communicasting Academy sebagai tuan rumah acara. Diwakili oleh Mbak Melisa, beliau menjelaskan bahwa Communicasting Academy adalah lembaga non formal untuk belajar menjadi public speaker, presenter televisi, penyiar radio, master of ceremony (MC), dan reporter serta interviewer. Mbak Melisa sukses membuat suasana kelas menjadi ceria. Voucher diskon untuk kursus di Communicasting pun dibagikan. Sayang, rumah saya di Bogor dan jauh dari Communicasting Academy. Andai dekat, saya mau belajar public speaking supaya tidak jadi pemalu lagi. Untuk info selengkapnya bisa dilihat di website www.communicastingacademy.com.

Mbak Melisa dari Communicasting Academy
  Akhir sesi ditutup dengan pembagian hadiah. Eh? Ada hadiah? Ada dong! Hadiah diberikan untuk empat penanya terbaik. Saya terkejut saat nama saya disebut oleh Mak Shinta. Alhamdulillah, dapat dua pouch Rinso cair. Terima kasih. Tahu aja nih kalau saya hobi mencuci.

   Acara sudah selesai? Eits, tunggu! Jangan pulang dulu! Belum lengkap rasanya jika tidak ada acara foto bersama. Yuk, mari kita narsis bareng sebelum kembali ke habitat masing-masing ^_^
Fun Blogging sesi 5 (foto dari @tokopedia)
Saya dan Mak Ophi.
Akhirnya bisa bertemu berkat Fun Blogging
Gudibek dari Tokopedia untuk semua peserta Fun Blogging
   Terakhir, acara ditutup dengan tur keliling gedung Communicasting Academy. Ada apa saja di tempat pelatihan broadcast ini? Yuk, ikut jalan-jalan. Pertama, kami menuju lantai lima untuk masuk ke sebuah studio. Wah, cahaya lampu yang terang membuat kami tidak tahan ingin berfoto di tempat ini.


Para emak blogger asal Bogor
Studio yang keren!
Para mentor yang kece badai.
Pembaca berita keroyokan :D (foto: Mak Liswanti)
   Tur berlanjut ke lantai tiga, lantai yang sama dengan kelas tempat Fun Blogging diadakan. Mbak Melisa sebagai pemimpin tur mengajak kami masuk ke ruang VIP. Wooww! Spontan para peserta berdecak kagum. Ruangan VIP Communicasting Academy begitu indah dan megah! Berasa jadi Syahrini nggak sih kalau foto di sini, hihi. Yuk, mari...

Lagi nyamar jadi Syahrini
   Ruang terakhir yang kami kunjungi adalah ruang siaran. Asyik! Saya bisa merasakan jadi penyiar radio! Gayanya doang, sih. Lumayan. Saya sempat berpose dengan Mak Ani Berta. Kami berakting seolah sedang siaran bareng. Atau saya sedang mewawancara orang penting? Dua-duanya boleh. Bungkus!

Pura-pura siaran bareng Mak Ani Berta
   Saya sudah lama mengincar bisa foto bareng Mak Shinta. Dua kali berjumpa, selalu saja riweuh karena situasi kopdar yang ramai. Saat mau foto bareng di ruang VIP, lagi-lagi gagal karena lampu padam. Akhirnya, kami bisa foto bareng di depan kelas Fun Blogging. Yeay! Senangnya! You're my inpiration, Mak Shinta! Suka dan selalu stalking blog Mak Shinta jika saya ingin mengutak-atik tampilan blog.

Yeay! Berhasil foto bareng Mak Shinta!
   Tidak terasa, waktu sudah menunjukkan pukul lima sore. Rombongan Bogor pamit pulang. Senangnya ikut Fun Blogging! Banyak ilmu yang kami dapat. Mudah-mudahan semua materi pembangkit semangat ini bisa segera diterapkan, demi masa depan blog yang lebih baik. Aamiin. 

   Terima kasih banyak untuk sharing ilmu yang bermanfaat, Mak Haya Aliya Zaki, Mak Shintaries, dan Mak Ani Berta. Terima kasih untuk para sponsor yang membantu lancarnya acara Fun Blogging sesi 5: Communicasting Academy, Tokopedia, dan Kredit GoGo. Bagi yang belum ikut Fun Blogging, yuk ikutan! Segera daftar jika Fun Blogging sesi 6 dibuka nanti, ya. Fun Blogging membantu blogger mewujudkan impian dari hobi menjadi profesi. Yes, blogging is fun!

Emak Bogor bersama Mbak Melisa

28 komentar:

  1. pengen juga ikut fun blogging, nanti ah mak beberapa tahun lagi anak udah SD udah agak mandiri, jadi ditinggal sama bapaknya juga ga terlalu repot :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak, kalo masih kecil kasihan nanti rewel ditinggal seharian.
      Semoga nanti bisa ikutan Fun Blogging ya :)

      Hapus
  2. pasti asik ya..yg bisa hadir diacara fun blogging....

    BalasHapus
  3. Sreengg puk2..
    Suara itu bikin aq terngiang2 mak..
    Sama, eikeh jg gt..sreengg puk2.
    Acaranya cihuy bgd y mak..
    Makas8h udh brbagi ilmunya y mak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi, yuk kita sreng puk puk puk bareng :D
      Iya. Sama2, Mak :)

      Hapus
  4. Aihhh meski riweuh nyampe jg ya di pondok indah mak. Ketemu sayahhh hehehhe
    Seneng banget euy.
    Btw banyak poto saya ihh.... *serasa seleb*
    Good luck ya mak. Aku baru ngedraf

    BalasHapus
    Balasan
    1. kaget campur seneng pas baca daftar hadir ada namamu, mak :*
      siyap2 diminta tanda tangan yaa :D
      makasih mak ophi. nanti aku mampir ke postingannya

      Hapus
  5. Wah kereeen udah siap aja reportasenya niiih. Moga bisa belajar bareng lagi kapan-kapan ya mak :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya. mudah2an kita bisa rutin ketemuan sambil nimba ilmu ya, mak winny :)

      Hapus
  6. acaranya fun banget ya sesuai namanya....

    BalasHapus
  7. Senangnya dapet ilmu & ketemuan bareng :))

    BalasHapus
  8. asyik kita satu group lagi ya mak

    BalasHapus
  9. Hiks..... iri hati euy rrasanya..pengen banget ikutab fun blogging jg. Ntah kpn ada fun blogging diluar jakarta ya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. mudah2an nanti fun blogging bikin tur ke kota lain ya, mak

      Hapus
  10. Welcome to Fun Blogging mbak. Saya anak sesi 3 :D

    BalasHapus
  11. saya belom nulis maaak, lagi ngedraft nih *tetiba galau* seru banget ya kemarin mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. tenangg msh ada waktu, mak :)
      iya...seru ya. merasa beruntung nih bisa ikutan fun blogging ^_^

      Hapus
  12. Salut sama semangat Emak Bogor iiiih. . .
    Banyak sponsor juga ya, Mbak. ������

    BalasHapus
  13. Makasih udah hadir di Fun Blogging 5 semoga bermanfaat ya, Mak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih untuk share ilmunya, teh ani :)

      Hapus

Silakan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak berpromosi atau berjualan. Mohon maaf, komentar dengan link hidup akan saya hapus. Terima kasih :)

Related Posts Plugin” style=