Kamis, 09 Juli 2015

Dd Irsyad Masuk TK


Akhirnya! Dd Irsyad masuk sekolah juga! Dd masuk sekolah Taman Kanak-kanak (TK) yang sama dengan  Aa Dilshad dan Kk Rasyad dulu. Awalnya Ibu ingin Dd ke TK dekat rumah saja. Biar jemputnya gampang.  Tapi... kayaknya nggak adil ya, kalau Dd masuk TK lain yang kualitasnya kurang bagus. Lagipula, TK ini baru pindahan. Semua fasilitasnya baru dengan aneka sarana permainan yang lebih menarik. Suasana baru yang menyenagkan pastinya!

   Awal tahun ajaran baru 2015 -2016 bertepatan dengan bulan puasa. Jadi, hari pertama masuk sekolah diisi dengan kegiatan pengenalan sekolah sekaligus pesantren kilat. Seragam yang dikenakan adalah baju muslim. Para murid juga dilarang membawa bekal makanan dan minuman seperti pada hari biasa.

   Hari Senin, tanggal 6 Juli 2015. Dd begitu bersemangat masuk sekolah. Saat ikut sahur, Dd sulit disuruh tidur lagi. Kalau tidak tidur lagi, Ibu khawatir Dd nanti kecapean di sekolah. Jelang pukul 6 pagi, Dd akhirnya tertidur. Tapi akibatnya, Dd jadi susah dibangunkan untuk berangkat ke sekolah. Akibatnya, kami terlambat 30 menit.

   Saat kami tiba di sekolah, anak-anak sedang berbaris sambil bernyanyi di halaman. Dd yang baru datang langsung diajak Bu Guru masuk ke dalam barisan. Tidak lupa, Dd dipasangi tanda pengenal supaya para ibu guru bisa mudah mengenalinya. 

   Usai bernyanyi dan mengucap ikrar, anak-anak masuk ke kelas masing-masing. Kelas TK A terdiri dari dua kelas. Dalam masa pengenalan dan pesantren kilat kali ini, kedua kelas belajar bersama dalam satu ruangan. Pelajaran hari ini adalah shalat berjamaah dan mewarnai. Dd yang sebelumnya ikut kegiatan TPA di dekat rumah tidak terlihat canggung saat berbaur dengan murid lainnya. Tapi Dd lebih banyak diam di kelas karena belum ada teman yang dikenalnya.

Hari pertama masuk sekolah

   Hari Selasa, tanggal 7 Juli 2015. Hari kedua masuk sekolah. Dd tidak ikut bangun sahur. Tapi tetap saja susah dibangunkan. "Aku masih ngantuk," protesnya saat Ibu gendong ke kamar mandi. Dengan terburu-buru, Dd mandi dan sarapan. Kami pun datang terlambat lagi ke sekolah.

   Tiba di sekolah, anak-anak sudah ada di dalam kelas. Dd segera masuk dan duduk berbaur dengan murid lainnya di atas karpet. Bu guru membimbing para murid membaca doa, lalu berlanjut dengan pelajaran praktek shalat. Membuat kartu lebaran adalah pelajaran selanjutnya. Murid yang sudah selesai boleh bermain dengan aneka permainan yang tersedia di dalam kelas. Belajar berbagi dan tidak berebutan, ya!

   Sebelum pulang, sambil menunggu ojek jemputan datang, Ibu mengajak Dd ke ruang bermain. Nah, langsung anteng deh. Dd naik mobil-mobilan, mandi bola, masuk rumah-rumahan, nggak mau pulang deh jadinya. 


Hari kedua di sekolah

   Hari Rabu, tanggal 8 Juli 2015. Dd dibangunkan lebih awal. Ibu senang, Dd sudah tidak rewel lagi dan mau langsung mandi. Asyik, nggak bakalan telat lagi nih. Saat mau berangkat dan naik ojek, tiba-tiba Kk Rasyad yang sedang bermain di rumah tetangga datang menghampiri, "Aku mau ikut! Tungguin!" Deuu, nungguin Kk mandi dulu deh. Dan lagi-lagi, kami datang terlambat ke sekolah.

   Dd langsung masuk ke kelas dan bergabung dengan teman-temannya. Masih sempat mengikuti pelajaran shalat berjamaah. Usai shalat, Ibu tidak menyimak lagi pelajaran selanjutnya. Ibu sibuk mengawasi Kk yang pecicilan di tempat bermain. Tidak lama, para ibu guru mengajak anak-anak tur keliling lingkungan sekolah. Selain TK, dalam satu lingkungan ada SD, SMP, SMK, dan PT. Tur kali ini cukup dari TK menuju SD saja. Para orangtua yang mengantar diminta tetap menunggu di TK dan tidak ikut tur. "Aku mau ikut!" Kk Rasyad nyelonong dalam barisan. Ya sudah, selamat jalan, dadaah!   


Hari ketiga di sekolah
   Setelah kembali dari berkeliling, para murid diajak benyanyi. Permainan lempar bola menyemarakkan suasana. Siapa yang tidak suka main bola? Duh, saking semangatnya jadi berebutan begitu. Ayo, antri dulu semuanya! Para ibu guru memang sabar menghadapi anak-anak kecil yang tidak bisa diam semua ini. Salut!

  Pelajaran ditutup dengan berbaris berbentuk lingkaran. Sekolah diliburkan dan masuk kembali setelah hari raya Idul Fitri. Sebelum berpisah, para murid bermaaf-maafan dengan bersalaman. Minal aidin wal faidzin. Mohon maaf lahir dan batin. Anak-anak pulang dengan gembira. Sampai jumpa lagi ya, teman-teman semua!   

19 komentar:

  1. Pasti senang masuk sekolah baru\
    Teman baru, tempat bermain baru dan lingkungan yang baru
    Selamat belajar ya Nak
    Salam hangat dari Jombang

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih banyak, pakde.
      salam hangat kembali dari Bogor :)

      Hapus
  2. Yang penting Ddnya suka. Selamat bersenang-senang ya :D

    BalasHapus
  3. pinter ya...udah berani sekolah...banyak temannya..anak2 pasti betah :)

    BalasHapus
  4. Dd Irsyad senang ya sekolah dapat banyak teman baru

    BalasHapus
  5. wah sudah TK ya DD Irsyad...pastinya senang sekali ya banyak teman2nya ...kalau anak2 baru masuk 27 Juli nanti mak...duluan ya disana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. duluan u pesantren kilat aja, mak. nanti jg tetap masuk lg tgl 27 juli

      Hapus
  6. DD Irsyad semoga semangat terus sekolahnya :)

    BalasHapus
  7. dede irsyad seneng dong ya banyak temen di sekolah

    BalasHapus
  8. asik bener dede irsyad bisa ketemu temen dan suasana baru ya

    BalasHapus
  9. horeee Dd irsyad sudah masuk sekolah :) yang pintar ya belajarnya hehehe

    BalasHapus
  10. aasiiiik udah masuk sekolah, banyak temen seneng yaa dek

    BalasHapus
  11. wahh asiknyaa masuk sekolah baru..Alde juga masuk TK A nih mba...

    BalasHapus
  12. Lucunya dd Irsyad, seru nih yang uda sekolah :)

    BalasHapus
  13. Masih ngantuk, masih kelat kelot pas digendong ke kamar mandi, ya. :D

    Met belajar Dd Irsyad. ;)

    BalasHapus
  14. Wah Dd Irsyad sudah masuk TK, asik ya main sama temen2, Dd Alfi malah kebingungan nih soalnya gak ada PAUD di deket rumah, padahal pengennya bisa belajar dulu

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak berpromosi atau berjualan. Mohon maaf, komentar dengan link hidup akan saya hapus. Terima kasih :)

Related Posts Plugin” style=