Jumat, 09 Oktober 2015

Cerita di Balik Blog Emak Riweuh



Cerita di balik blog Emak Riweuh. Adalah seorang emak yang berusaha keras untuk bisa membagi waktu untuk menulis di sela kesibukan mengurus keluarga. Label riweuh alias rempong alias repot pasti secara otomatis melekat pada perempuan yang sudah berumah tangga dan memiliki anak. Terutama jika anaknya masih kecil semua. Wah, riweuh kuadrat deh! 

   Itulah yang terjadi pada saya. Awal memiliki blog, saya sedang dalam masa 'lucu-lucunya' alias riweuh-riweuhnya dengan tiga anak laki-laki yang masih kecil. Bahkan si bungsu saat itu masih bayi. Kondisi tinggal di rantau tanpa sanak saudara yang bisa diminta bantuan plus sulitnya mendapat asisten rumah tangga menambah 'indah' suasana di rumah. Cihuy deh, kayak sirkus setiap hari. 

   Saya mengenal blog pada awal tahun 2011. Saat itu, saya masih suka menulis di notes Facebook. Berhasil membuat blog berkat panduan seorang teman di Facebook. Setelah jadi, semua notes langsung dipindahkan ke blog. Nama blog disesuaikan dengan kondisi saya saat itu: Emak Riweuh.

   Pada akhir tahun 2012, saya dan keluarga berhenti merantau. Kami tinggal di Bogor untuk mengurus Eyang, ibu saya yang sudah sepuh. Beberapa bulan kemudian, kami membuka usaha toko obat di depan komplek. Riweuh mengurus tiga anak kecil tanpa asisten berganti jadi mengurus orang tua dan mengelola toko obat. Dalam waktu yang sama, saya juga merintis usaha aksesoris handmade berlabel Inas Craft. Jadi, judulnya masih riweuh juga meski dibantu asisten dan anak-anak sudah agak besar.

   Jungkir balik ngeblog! Itu yang saya rasakan sampai saat ini. Curi waktu dan kesempatan untuk bisa menulis di blog. Kapan saja kalau sempat, saya pasti usahakan untuk menulis. Sayang, sampai saat ini saya hanya bisa menulis di netbook saja. Saya tidak bisa menulis di smartphone seperti teman-teman blogger sibuk yang lain. Menulis baru lancar jika sambil menekan tuts netbook. Mungkin karena jari saya yang terlalu besar untuk mengetik di smartphone. Kagok euy!

   Waktu menulis biasanya saat saya sedang jaga toko atau di rumah saat tugas urus anak, memasak, dan bebenah sudah rampung. Menulis saat jaga toko kerap tersendat-sendat karena harus melayani pembeli yang datang. Tapi lumayan lah, daripada tidak bisa menulis sama sekali. 
Foto saat belum punya meja di toko.
Laci plastik disulap jadi meja :D
   Dulu, saya masih sanggup begadang untuk menyelesaikan tulisan. Menulis di malam hari saat semua anggota keluarga sudah tidur itu nikmat sekali. Suasana hening dan mudah berkonsentrasi. Sayang, karena faktor usia kini saya sudah tidak sanggup lagi begadang. Sedangkan jika sudah ada di rumah, saya nyaris tidak bisa menyentuh netbook lagi. Sedangkan saat akhir pekan adalah TERLARANG bagi saya untuk membuka netbook dan bersosial media demi meluangkan waktu bersama keluarga. 

   Meski terbatas dalam menulis, saya masih cinta ngeblog. Belum pandai membagi waktu adalah pelajaran buat saya. Mudah-mudahan ke depannya nanti saya bisa lebih mahir mengatur waktu. 

   Kenapa cinta sama ngeblog? Dengan ngeblog, saya bisa menuangkan isi kepala saya dalam bentuk tulisan yang jika tidak disalurkan bisa jadi galau berkepanjangan. Weh, penjelasan macam apa pula itu? Haha! Buat saya, ngeblog itu menuliskan kenangan dan menentramkan hati. Jika saya tiada, semoga blog ini bisa jadi warisan yang dikenang oleh anak dan cucu saya nanti.

  Seiring berjalannya waktu, blog tercinta berplatform gratisan dari blogspot ini berubah jadi domain dot com. Tampilan sederhana blog ini juga sudah dipermak agar jadi semakin manis seperti pemiliknya *keselek*
Blog tampilan lama dan baru.
   Dari mana saya tahu tentang domain dan desain blog? Saya nggak tahu! Aseli gaptek. Beneran. Tapi sejak bergabung dengan Komunitas Emak Blogger (KEB), pelan-pelan saya mulai belajar banyak hal seputar blogging. Sampai bisa bikin desain dan domain sendiri, Mak? Bukan, itu mah hasil minta tolong Mak Shintaries dari KEB sebagai pakarnya. Kalau saya mah teuteup gaptek, hehe.

   Dalam dunia blogger, saya memang belum berprestasi. Ajang yang membuat saya senang adalah bisa terpilih menjadi 50 besar Srikandi Blogger 2014 bersama para blogger yang saya kagumi. Ajang tersebut membuka mata saya betapa cerahnya masa depan dunia blog di masa depan. Blogger kini semakin diperhitungkan keberadaannya!

Ikut ajang Srikandi Blogger yang mencerahkan.
   Lewat blog, kamu bisa ciptakan peluangmu. Blog bisa mendatangkan penghasilan juga, lho! Dari mana? Dari tawaran kerjasama orang-orang yang melirik blog kamu. Dapat aneka gratisan dari blog juga bisa. Coba saja ikut lomba blog dengan hadiah menarik. Jika tulisanmu bagus dan menang, kamu bisa dapat hadiah yang wah seperti gadjet terbaru bahkan jalan-jalan gratis! Asyik bukan? Ayo ngeblog!

  Sebagai blogger pemula, saya sudah merasakan nikmatnya rejeki dari ngeblog. Dapat hadiah dari giveaway yang diadakan oleh teman-teman blogger saja sudah bikin saya melompat kegirangan. Sedangkan untuk ikut lomba blog, jujur saya belum sanggup. Menulis postingan geje saja sulit apalagi harus menulis serius untuk lomba, hehe. Meski tidak pernah ikut lomba blog, saya ikut senang melihat banyak teman-teman blogger yang sukses memenangkan aneka lomba.

   Satu lagi hal yang membahagiakan dari hasil ngeblog: buku antologi! Suatu hari, komunitas Warung Blogger membuka kesempatan untuk anggotanya mengirimkan tulisan untuk dijadikan buku. Buku berisi kumpulan tulisan dari beberapa penulis disebut antologi. Ternyata, tulisan saya bisa nyelip di buku antologi "Heart Ring. Ketika Hati Saling Memiliki". Jangan tanya saya sudah terbang sampai ke mana saking gembiranya ^_^

Buku antologi pertama.
   Alhamdulillah, blog memberi banyak warna dalam hidup saya. Cita-cita saya selanjutnya adalah bisa menerbitkan buku sendiri. Penggalan cerita di blog yang menarik dan penuh kesan akan saya edit, lalu dikumpulkan menjadi sebuah buku. Yay! Pengen banget! Mudah-mudahan bisa terwujud, doain ya! Aamiin.  

Giveaway Cerita di Balik Blog
(sumber foto Pixabay edited by Canva)

41 komentar:

  1. Aku jg mak, klo pke smartphone suka blibet, enakan buka leptop

    BalasHapus
  2. Mg2 ada antologi lg
    Pengen ikutan berkontribusi ni

    BalasHapus
  3. Aku pun jaraaang ikut lomba blog, kadang2 suka maleees kalau ga kepepet hahaha. Pengen nyoba lebih rajin ahhh

    BalasHapus
  4. Sama mak, saya juga gak sanggup lagi kalau harus begadang. Semoga sukses ikut GA nya

    BalasHapus
  5. Samaa..aku juga gak kuat lagi begadang. Padahal paling enak nulis tengah malam..
    Btw, semoga tercapai keinginannya ya, mak. seru kalo punya buku dari kumpulan cerita di Blog :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya. malem tuh sunyi tanpa gangguan. apa daya ga kebadanan ya mak *toss*
      aamiin, makasih mak waya :*

      Hapus
  6. Aku sampai sekarang juga belum bisa ngeblog dari henpon hihihi. Kudu buka laptop dan nulis di Word dulu. Udah jadi, baru dipindahin ke blog. Keep blogging! Keep going, Mba!

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku kalo ga ngetik di blogger (pernah nyoba di word), malah macet ide. entah kenapa hehe.
      makasih dukungannya cikguu :*

      Hapus
  7. Toss mak..ngeblog via smartphone itu bikin emosi jiwa karena jariku jempol semua jadi typo all the way hahaha... lagian kurang puas aja kalo ga ngetik di laptop.
    Sukses lombanya maksay :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi...apa kita perlu diet jempol? hehehe
      makasih makcannn :*

      Hapus
  8. Kerreen Mak, udah punya buku antologi. Sy masih jauh, masih belajar ngeblog hehehe! Semangat juga deh buat saya biar bisa ngikut jejak Emak Riweuh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. terus semangat yaa... yuk, kita berjuang bersama :)

      Hapus
  9. aku nulise dari imel dulu malah...malem baru dibenerin dilaptop xD
    semangat mak riweuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku belon bisa euy nulis di tempat laen selain di blogger >_<
      makasyii mami rafiii :*

      Hapus
  10. Kerenlah emak riweuh mah. Rajin ngeblog disambil jaga toko plus ngurus anak2. Gudlaaaak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. huaduhh belun sekeren mak nia
      nuhun maak :*

      Hapus
  11. Aku sekarang lebih kebiasaan ngeblog ataupun bw dari hape mak ^^

    Wah, Mak SB ^^ srikandi blogger

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah salut sama yg bisa ngeblog via hape :)
      hihihi

      Hapus
  12. Tak apalah disebut kuno juga, kalo blogging teteub lebih enak pake laptop ^_^

    BalasHapus
  13. Aku awal ngeblog juga nulisnya di hp, sekarang masi ngedraft selalu lewat hape, pas udah mau posting baru digarap di laptop. Semangat terus ya mak, salut udh punya karya sebuah antologi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih. semangat juga buat mak ratna ^_^

      Hapus
  14. Curi2 waktu saat di Toko lumayan banget tuh, Mbak. Kalau sudah sama anak2, udah susah megang notebook yo, Mbak. Riweeuùuh. . . Hihihi

    BalasHapus
  15. Ihh...asik bangeet! Pernah jadi Srikandi Blogger :) Semangat menulis terus ya ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih mba oty...semangat jugaa :)

      Hapus
  16. Salut sama dirimu mak, sibuknya kayak gitu tapi blog selalu update. Semoga keriweuhannya justru mendatangkan ide2 buat ngeblog :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehee...makasih buat dukungannya mak lusiii :*

      Hapus
  17. heubat euyy ..salut sama emak riweuh

    BalasHapus
  18. Aku juga nih, belom bisa ngeblog pakai hape. heran banget sama mereka yang bisa.. aku mah pegel duluan jempolnya. hihihi

    BalasHapus
  19. Mba Inna, meskipun riweuh dirimu luar biasa masih terus semangat ngeblog
    Terima kasih ya sudah ikutan GAku, good luck :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih juga mak uniek. selamat buat GA-nya yg sukses :)

      Hapus
  20. keren pisan dirimu mbaaa, riweuh tetapi teteup ngeblog....emang bagian dari hidup ngeblog itu, kalau nga posting asa ada yang kurang hihihi

    BalasHapus
  21. Sama Mak, faktor usia juga yang bikin saya gak seperti dulu lagi begadangnya. Kadang2 begadang tapi sudag tidur dulu hehehe

    BalasHapus
  22. Lanjutkaaannn....!!!!!
    Nanti kita saling kirim kiriman buku hasil krya sendiri yaaa
    Amiin

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak berpromosi atau berjualan. Mohon maaf, komentar dengan link hidup akan saya hapus. Terima kasih :)

Related Posts Plugin” style=