Kamis, 25 Februari 2016

Tips Merawat Sepatu Boots



Saya pernah punya sepatu boots andalan. Waktu itu, saya masih duduk di bangku SMP. Ketika sedang berjalan-jalan di sebuah mall, mata saya tertumbuk pada sepasang sepatu boots di sebuah etalase. Setelah membujuk orangtua, sepatu itu berhasil menjadi milik saya. 

   Sepatu boots tersebut dibeli dari toko baju impor asal Jepang. Warnanya hitam. Ada rumbai-rumbai dengan motif merah hitam dan bandulan berwarna senada. Bagi saya, sepatu itu keren banget! Saya pun memakainya setiap hari ke sekolah. 

  Sayang, karena tidak tahu cara merawat sepatu boots yang baik, umur sepatu kesayangan saya itu tidak bertahan lama. Ketika masuk SMA, wujud sepatu boots saya sudah kurang menarik lagi.  Saya malu memakai sepatu yang kesannya kumal tersebut. Akhirnya, saya mengucapkan selamat tinggal pada sepatu boots kesayangan...

   Sekarang, saya sudah menjadi seorang ibu. Kadang, saya rindu untuk tampil stylist dengan sepatu boots. Pakai sepatu boots itu enak. Kadang saya merasa jadi sedikit macho tapi keren. Dengan tampil gaya, meskipun sudah berumur bisa terlihat awet muda lho! 


Tampil stylist dengan sepatu boots
  Memang sih, biasanya ibu-ibu jarang mengenakan sepatu boots ketika keluar rumah. Maklum deh, sepatu boots dianggap cukup berat dan gayanya terlalu kekinian untuk para ibu. Apalagi sepatu boots yang berkualitas biasanya identik dengan harga yang cukup mahal. 

   Jika di rumah sudah ada sepatu boots, cobalah lakukan perawatan seperti berikut agar sepatu boots selalu awet dan tampak seperti baru.




1. Jangan Lupa Bersihkan Secara Teratur

Membersihkan sepatu boots secara teratur itu penting. Debu belum lama menempel bisa segera hilang dan tidak terlanjur melekat kuat di permukaan sepatu. Cara membersihkan:

  • Gunakan sikat gigi bekas. 
  • Tambahan cuka yang sudah diencerkan dengan sedikit air.
  • Sikat bagian sepatu boots yang kotor sampai debunya hilang. 
  • Angin-anginkan sepatu sampai kering
  • Jangan simpan sepatu sebelum benar-benar kering. 


2. Mengisi Bagian Dalam Sepatu

Kenapa bagian dalam sepatu harus diisi sebelum disimpan? Karena bentuk sepatu akan terjaga dengan baik seperti sepatu baru dan lebih tahan lama. Isi sepatu boots dengan gumpalan koran atau plastik. Jangan lupa untuk selalu mengisi bagian dalam sepatu boots setelah dipakai ya! Kan nggak asyik juga punya sepatu boots keren tapi bentuknya meletat-meletot nggak karuan.


3. Gunakan Pelembap Khusus untuk Bahan Kulit

Biasanya sepatu boots berbahan kulit membutuhkan produk pelembap khusus untuk mempertahankan bentuk dan tekstur kulitnya. Sepatu boots berbahan kulit yang tak dirawat dengan baik tentu akan mudah terkelupas. Sepatu yang sudah terkelupas jadi tampak kurang menarik bahkan tidak dapat digunakan lagi.



4. Menyimpan Sepatu Boots Di Tempat yang Benar

Tempat penyimpanan sepatu boots harus berada di tempat yang kering dan tidak terkena sinar matahari. Letakkan sepatu boots di dalam kantung kain berbahan katun supaya sepatu tetap bisa “bernapas”. Jangan menumpuk sepatu dengan benda lain agar bentuknya tidak berubah, ya.

  Nah, gimana? Cara merawat sepatu boots tidak sulit bukan? Apa? Belum punya sepatu boots? Jangan sedih dulu. Dapatkan sepatu boots wanita terbaru (review post refers to disclosure) di MatahariMall. Toko online besutan Lippo Group ini sudah menyiapkan aneka pilihan sepatu boots wanita yang keren. Jangan lupa, praktekkan tips di atas setelah membeli sepatu boots berkualitas di MatahariMall. Ingat, harus telaten merawatnya demi tampil cantik kekinian. Oke oke? ^_^

(sumber foto: Pixabay)

50 komentar:

  1. saya jadi fokus ke boots merah. Keren :D

    BalasHapus
  2. thanks ya mak ^_^ lagi sering ujan bakal sering pake boots dan pastinya bakal kotor... :)

    BalasHapus
  3. Sudah pernah punya 7 sepatu boots dan ketujuhnya tdk awet. Hiks. Ya karena saya gak tahu cara merawatnya. But thank you for this article!!!!

    ~ Fia ~
    www.fiarevenian.com

    BalasHapus
  4. Tipsnya oke banget MBak, lihat ach di MM ya, siapa tahu ada yang kembaran sama diajeng Fira...

    BalasHapus
    Balasan
    1. asyikk kembaran sama fira. pasti keren

      Hapus
  5. Waktu SMP juga pake boots hitam ke sekplah, belinya diBandung..gegara tidak bisa metawat jadi kusem hehehe..sekarang punya satu biji, jarang dipake karena jarang keluar rumah...TFS mbaak....bermangpaat sharingnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. warna hitam jg favoritku
      sama2, mbak :)

      Hapus
  6. Wah aku belum pernah pakai boots Mak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. cobain deh. dipadu dgn rok jg tetep oke :)

      Hapus
  7. I am a boots lovers. Makasih share tipsnya ya mak riweuh :)

    BalasHapus
  8. Wah makasih ya mbak infonya, kebetulan baru beli sepatu boots bahannya suede :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aih jd inget sepatu boots pertamaku bahannya suede. suka banget :)

      Hapus
  9. Membersihkan dan menyemir sepatu boot merupakan kegiatan rutin ketika menjadi taruna AKBRI. Maklum pada apel pagi dan malam ada pengecekan pakaian dari ujung rambut sampai ujung kaki.
    Terima kasih tipnya
    Salam hangat dari Jombang

    BalasHapus
    Balasan
    1. wow pasti pakde tampil kinclong terus yaa
      setiap malam suami saya jg nyemir sepatu kerjanya sambil direcoki anak2 :D

      salam hangat kembali dari Bogor

      Hapus
  10. Sukaaa sama sepatu ini, tapi kalau liat orang make aja. Pake sendiri mah, nggak PD. Kecuali saya piknik ke daerah dingin di luar negeri sana! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin...semoga mba oti segera piknik ke luar negri :)

      Hapus
  11. Aku suka model boot slip on yg terakhir. Aku termasuk penggemar sepatu boots sampai sekarang meski dah tua..hehehe...

    BalasHapus
  12. Pengen kapan2 punya bots yang bagusan, skrng puas pakai kets dulu deh :D

    BalasHapus
  13. wah penting banget nih, harus langsung saya praktekin ke deretan boots yang ada di rumah. Kalau menyimpan dengan mengisi bagian dalam sepatu saya sudah melakukannya, tapi bagian yang nyemir2 itu seka lupa, hehehe

    BalasHapus
  14. yahhh telat baca, sepatu boots ku udah rusak satu nih mbak soale gak ku jaga hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku jg nyesel dulu ga bisa ngerawatnya

      Hapus
  15. saya tidak punya sepatu boot, saya punyanya sepatu lari. kalau musim hujan gini jadi masalah dalam hal merawatnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus lebih rajin lagi ngerawatnya :)

      Hapus
  16. Saya lupa naruh sepatu boots saya dimana, ada beberapa pasang tapi lupa, hehe...
    saat pulang dari Taiwan, gak lagi dipakai... Kalau ketemu, mulai tak rawat lagi ah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah cepetan dicari...ntar keburu jamuran lhoo

      Hapus
  17. selama ini sepatu bootnya dicuekin kena lembab jd berjamur :(
    makasih infonya mak

    BalasHapus
  18. Akkk makasih banget mak tipsnya. Punya sepatu boots :D kesayangan banget deh sepatunya. Selama ini sih bersihinnya cuma dengan disikat saja..
    Tfs mak

    BalasHapus
  19. Aku gak pernah pake sepatu boot paling keren ya flat shoes :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. falt shoes juga aku sukaa *semuademen*

      Hapus
  20. Dan sepertinya semua sepatu harus dirawat seperti itu yah khususnya sepatu kulit

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, harus dirawat biar awet :)

      Hapus
  21. kl aku pake sepatu kerja selalu cepet sobek bagian lipatannya. malesin banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. idem sama sepatu suamiku yg suka dipake kerja jg gitu

      Hapus
  22. Wah... tipsnya boleh deh mbak... biar awet boot kesayangan

    BalasHapus
  23. Makasih informasinya mba, bermanfaat sekali.
    btw mampir ke www.safetyshoes.co.id

    BalasHapus
  24. aku belum punya boots... pengen euy, keknya sesekali tampil gaya dengan boots asyik juga. Ha..ha.. masa pake kets, sneaker ama flat shoes mulu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. cobain mak. makin keren pastinya. asal jangan dibawa nyemplung pas blusukan kerja ya :D

      Hapus

Silakan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak berpromosi atau berjualan. Mohon maaf, komentar dengan link hidup akan saya hapus. Terima kasih :)

Related Posts Plugin” style=