Minggu, 06 Maret 2016

Mencuci Baju Hemat dan Ramah Lingkungan dengan ECOWASH Laundry Ball


Mencuci baju adalah salah satu kegitan rumah tangga yang wajib dilakukan setiap hari di rumah. Jika sedang malas dan menunda cucian hingga dua hari, langsung saja tumpukan baju kotor menggunung dan jemuran langsung penuh. Maklum, penghuni di rumah saya ada banyak. Jadi, meski malas ya teuteup harus mencuci baju setiap hari. 

   Saat musim hujan begini, sering kerepotan nggak sih kalau jemuran baju nggak kering? Selain bingung karena 'kapling' jemuran sudah penuh untuk cucian baru, baju yang tidak kering benar seringkali berbau apek. Betul tidak? Buat yang punya anak bayi dan balita, pasti lebih riweuh lagi karena popok atau baju ganti yang kurang karena belum kering.

   Kurang terpapar sinar matahari membuat baju yang dijemur berbau apek. Nggak enak kan, pakai baju yang bau apek. Kadang disemprot pewangi saat disetrika aja masih terasa tidak enak dipakai. Rasanya juga agak 'jemek' gitu. Nggak seger deh pokoknya. 

   Nah, sekarang saya menemukan solusi cucian baju anti apek sejak menggunakan ECOWASH laundry ball. Senang sekali saat paket berisi ECOWASH tiba di rumah saya. Dilengkapi dengan stain remover stick khusus untuk penghilang noda pakaian.



ECOWASH laundry ball dan ECOWASH stain remover stick
   Apa itu ECOWASH laundry ball? Laundry ball atau bola untuk mencuci ini berbentuk bola plastik dengan butiran keramik di dalamnya. Saya dapat yang warna merah. Pilihan warna lainnya ada ungu, biru, dan hijau.


ECOWASH warna merah milik saya
    Aih, bentuknya yang bulat ini membuat boyz, anak-anak saya, tertarik untuk memainkannya. "Buka, Bu! Isinya ada bola-bola kecil!" Eit, jangan dibuka! Justru bola-bola kecil alias butiran keramik yang terbuat dari mineral ini adalah 'senjata' ECOWASH untuk mencuci. Selengkapnya dapat dilihat pada gambar berikut:




Keterangan gambar bagian dari ECOWASH laundry ball: 

  • Cangkang eksterior yang berbentuk bola dari bahan plastik. Dirancang khusus agar mampu menciptakan gesekan untuk melepaskan kotoran dari pakaian selama proses mencuci. Lihat saja bentuk bolanya yang bergerindil-gerindil. Terbuat dari material berkualitas yang bebas bahan kimia berbahaya. Kuat dan tebal namun lentur dan tahan panas hingga 95 derajat celcius. 
  • Butiran alkali untuk meningkatkan level pH air sehingga minyak dan kotoran mudah terangkat.
  • Butiran far-infrared untuk memecah molekul air menjadi berukuran nanometer, meningkatkan pergerakan molekul serta menghasilkan ion yang menurunkan permukaan kain dan menarik makromolekul padat yang menempel pada kain. Sehingga secara perlahan kotoran atau noda mudah lepas dari serat pakaian. 
  • Butiran anti-mikroba untuk menghilangkan jamur, organisme patogen dan bau tidak sedap.
  • Butiran penghilang klorin. Menetralisir klorin atau kaporit yang sering terdapat dalam air (terutama air PAM) sehingga melindungi pakaian dari oksidasi dan memudarnya warna kain serta membantu mempertahankan elastisitas kain.
   Yuk, mulai mencuci! Saya mencoba menggunakan ECOWASH pada mesin cuci. 

Ecowash dalam mesin cuci
Caranya:
  1. Masukkan baju kotor dan ECOWASH ke dalam mesin cuci. Rendam cucian dalam air yang jumlahnya lebih banyak dari jumlah cucian. 
  2. Rendam dalam selama 30 menit atau lebih juga boleh.
  3. Nyalakan mesin untuk mulai mencuci. Tekan tombol long atau heavy duty cycles. Jika menggunakan mode hemat air, pastikan cucian tidak terlalu penuh.
  4. Bilas baju di mesin cuci dengan menekan tombol bilas.
  5. Tidak perlu mengangkat ECOWASH saat mengeringkan baju diputar di mesin cuci. Jika terdengar bunyi berisik saat mencuci atau mengeringkan, itu adalah bunyi benturan antara bola dan dinding mesin. Tidak apa-apa, ini aman kok. anya terjadi pada mesin 2 tabung.
  6. Keringkan cucian baju, angkat, lalu jemur.
Jemuran baju di belakang rumah
   Saya sempat membandingkan air rendaman cucian menggunakan ECOWASH. Karena tidak mengandung detergen, air rendaman tidak mengandung busa sabun. Saya juga mengambil air dari mesin cuci ketika proses mencuci sudah selesai. Ternyata, setelah dicuci, air rendaman hanya bertambah keruh sedikit. ECOWASH tetap membersihkan meskipun kita tidak melihat kotoran yang mengendap. Kadar keruhnya air bekas cucian bukan patokan terhadap kinerja ECOWASH. Hasilnya bisa dilihat dari cucian baju yang bersih dan tidak berbau.

Air rendaman cucian dengan ECOWASH
   Nah, terbukti bahwa air bekas cucian dengan ECOWASH tidak mengandung detergen dan ramah lingkungan.  ECOWASH free fosfat alias tidak mengandung fosfat seperti yang ada di dalam detergen. Jika air limbah cucian dengan detergen langsung dibuang ke selokan dapat menyebabkan ekosistem air rusak (eutrofikasi) ditandai tanaman air tumbuh pesat karena fosfat dalam detergen dapat menyuburkan tanaman. Akhirnya kematian biota air sehingga air sungai menjadi hitam dan berbau.

    Bagaimana dengan hasil cuciannya? Ternyata, baju jadi bersih dan berbau segar. Ketika hujan dan jemuran baru kering keesokan harinya, baju yang dijemur tidak berubah menjadi bau apek seperti sebelumnya! Wah, keren kan!

   Saya juga mencoba mencuci dengan tangan. Kebetulan Kk Rasyad ikut lomba pada hari Minggu kemarin. Kk harus memakai seragam yang dikenakan pada hari Jumat. Waduh, sempet nggak ya saya cuci lalu kering dan dipakai pada hari Minggu? Pulang sekolah, saya tidak sempat mencuci seragam karena riweuh dengan pekerjaan yang lain. Saya baru sempat mencuci pada malam hari. 

Jemur baju seragam pada malam hari
Cara mencuci dengan tangan menggunakan ECOWASH:
  1. Rendam cucian selama 30 menit atau lebih. 
  2. Perbanyak jumlah air. 
  3. Putar-putar cucian di ember dengan tangan selama beberapa menit. Boleh sesekali mengucek pakaian jika perlu.
  4. Bilas dengan air. Cukup satu kali bilas saja.
  5. Keringkan dan jemur.
   Hasilnya? Baju seragam Kk kering keesokan harinya, bersih, dan tanpa bau apek! Padahal dicuci pada malam hari dan dijemur tanpa sinar matahari. Cocok nih buat yang hobi nyuci baju malam hari. Pakai ECOWASH aja biar cucian tidak bau apek.

   Untuk baju yang sangat kotor bagaimana? Layaknya mencuci dengan mesin cuci, untuk pakaian yang sangat kotor, misalnya pada bagian kerah, pergelangan tangan, noda coklat, lumpur, dan lain-lain.  Lakukan pretreat terlebih dahulu menggunakan stain remover stick (free 1ecostick dalam 1 paket pembelian ecowash). 



ECOWASH stain remover stick

   Untuk mencuci biasa, ECOWASH boleh digunakan bersamaan dengan detergen. Detergen sebagai booster untuk meningkatkan pH dan daya cuci. Cukup gunakan takaran detergen 20% dari dosis biasa. Selain itu, ECOWASH juga dapat digunakan bersama pelembut dan aman bagi mesin cuci karena tidak meninggalkan residu di mesin.     


    ECOWASH ini cocok untuk segala jenis baju. Baik itu baju berwarna dan mudah luntur, lembut, lentur, tipis, mahal, batik, jubah, gamis, kaos kaki, baju bayi, bahkan baju dari bahan sutra, sifon, jersey, spandeks, dan lain-lain. 

   ECOWASH telah teruji aman untuk mencuci popok kain (clodi atau cloth diapers) karena tidak meninggalkan residu yang dapat menyebabkan ruam popok dan kebocoran. Proses stripping clodi tidak diperlukan lagi karena ECOWASH efektif menghilangkan bau pesing. 

   Berhubung saya tidak punya bayi, saya coba membuktikan apakah ECOWASH ini bisa menghilangkan bau pesing saat Dd Irsyad mengompol. Anak saya yang bungsu ini memang sesekali masih mengompol jika kelelahan. Waktu Dd mengompol, saya rendam celana bekas ompolnya di dalam ember berisi air dan ECOWASH. Saya cuci dan langsung jemur. Saat kering, ternyata bau pesingnya hilang!

   Usia pakai ECOWASH bisa berkurang jika tidak dirawat dengan tepat. Faktor lain yang mempengaruhi usianya yaitu tingkat kekotoran, frekuensi cuci, dan kualitas air. Perawatan ECOWASH susah nggak sih? Cukup simpan di tempat kering dan berangin setelah dipakai. Jangan simpan di tempat lembab. Jemur dibawah matahari setelah 30 kali pakai atau kurang lebih setelah 1 bulan selama 1 sampai 2 jam. Ingat, jangan terlalu lama menjemurnya karena dapat merusak cangkang. 

   Kenapa harus dijemur? Butiran keramik akan berkerja dengan sangat baik jika dikeringkan sempurna setelah pemakaian 10 sampai 30 kali. Sinar matahari adalah cara terbaik untuk mengurangi kelembaban komponen ECOWASH. Kinerja ECOWASH akan meningkat karena kandungan air atau kelembaban di dalam keramik menguap sempurna setelah dijemur. Kandungan energi mineral dalam keramik akan di recharged oleh sinar matahari agar fungsinya meningkat lagi dan performanya akan kembali seperti baru.

   Punya ECOWASH sebagai partner mencuci baju ini bisa menghemat biaya, lho! Bayangkan saja, berapa biaya yang kita keluarkan setiap bulan untuk membeli detergen juga pewangi pakaian? Dengan ECOWASH, pemakaian detergen dan pewangi bahkan pemutih baju tidak perlu lagi. 

   ECOWASH juga bisa bikin kita hemat listrik dan hemat air. Saat mencuci dengan mesin, kita hanya perlu membilasnya satu kali saja. Mesin cuci juga jadi awet karena tidak terpapar residu detergen yang bisa merusak kinerja mesin. Mesin cuci juga tidak bekerja berat lagi karena pembilasan yang tidak sering dilakukan seperti saat memakai detergen. 


   Jangan lupa, ECOWASH ini produk yang ramah lingkungan.
ECOWASH menjadi solusi mencuci baju hemat dan ramah lingkungan.  Jika kita belum mampu meninggalkan detergen, maka kita bisa mengurangi konsumsinya dengan ECOWASH. 

    Mengapa penggunaan detergen harus dikurangi? Seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk, maka semakin banyak pula pemakaian detergen dan efeknya terhadap lingkungan. Dampak jangka panjang bisa terjadi kesulitan untuk mendapatkan air bersih karena ekosistem air yang rusak. Kemudian ada biaya yang cukup tinggi untuk mengolah air bersih. Pengeluaran tambahan ini sudah pasti akan memberatkan bagi masyarakat.

  Masih banyak yang memiliki pemahaman yang keliru, bahwa air detergen akan membunuh tanaman. Padahal, sebaliknya bekas cucian dengan detergen atau limbah rumah tangga ini akan menyuburkan tanaman karena mengandung fosfat. Dengan banyaknya buangan limbah detergen ke sungai, tanaman air di sungai tumbuh pesat dan dapat menghabiskan jatah oksigen yang terlarut di dalam air. Akbatnya, ikan dan biota air lainnya mati, menjadi busuk, dan menyebabkan sungai menjadi hitam dan berbau. 

   Yuk, mulai berhemat sekaligus menggunakan produk mencuci yang ramah lingkungan dari sekarang. Mari kurangi pemakain detergen yang menyebabkan kerusakan lingkungan. Cobalah untuk menyingkirkan persepsi "jika tidak ada busa maka cucian tidak bersih". Sayangi bumi tempat kita bernaung ini ^_^

ECOWASH laundry ball dalam empat warna

   Untuk keterangan lengkap bisa dilihat di www.ecowash.org (review post refers to disclosure). Pembelian di distributor dan retailers resmi yang terdaftar di website menjamin keaslian produk. Didukung pelayanan after sale dan garansi cangkang 1 tahun (selama nota dan box masih ada).
Facebook fanpage https://m.facebook.com/ecowash.indonesia/
Instagram: @ecowashindonesia

13 komentar:

  1. mantap pisan si kakakku yang satu ini. Memang kudu dipantengin terus nih blognya. Banyak sekali kejutan dan penuh manfaat. Makasi ya kak inna.

    BalasHapus
  2. Ah, jadi pengen nyoba! Hehe, asli baru tau! :)

    BalasHapus
  3. Aku pernah nyobain stain removernya doang, itu pun hadiah dari ikutan lombanya Ecobum. Belum nyoba pake itu. Mungkin next time

    BalasHapus
  4. Aku juga baru tahu ada pencuci yang smpel dan ramah lingkungan begini.
    Kapan-kapan harus dicoba nih

    BalasHapus
  5. saya udah sering denger ecowash ini. Tapi belum pernah cobain. Jadi penasaran juga

    BalasHapus
  6. Wah, emang nih bola ajaib ini keren banget. Saya dulu sempat punya tapi lupa naro apa gimana gitu jadi ga ada deh, pengen beli lagi ah.

    BalasHapus
  7. ecowash emang TOP BGT mak ^_^

    BalasHapus
  8. Mba Inna, aku baru tau kalau air dengan detergen menyuburkan tanaman hahaha....gagal paham aku.

    Btw jd kalo nyuci pakai ini ga perlu pakai detergen lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ecowash bisa dipakai bareng dgn detergen. takaran detergennya dikurangi jd seperlima aja dr pemakaian biasa

      Hapus
  9. Dari dulu mau beli ragu, jadi pengen beli sekarang setelah baca reviewnya

    BalasHapus
  10. Penasaran juga, pengen coba dulu gan. artikelnya sangat menarik dan bagus

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak berpromosi atau berjualan. Mohon maaf, komentar dengan link hidup akan saya hapus. Terima kasih :)

Related Posts Plugin” style=