Kamis, 19 Mei 2016

Nasi Liwet Enak di Asep Stroberi Garut

asep stroberi


 Liburan awal tahun kemarin, kami mampir di Restoran Liwet Pak Asep Stroberi Garut. Namanya unik, ya! Apakah karena banyak stroberinya? Ternyata, Asep adalah nama pemiliknya. Kemudian diberi tambahan nama stroberi karena Pak Asep punya cerita kenangan memasak nasi liwet yang nikmat di sebuah perkebunan stroberi. Nasi liwet? Iya, sajian andalan restoran khas Sunda ini adalah nasi liwet. Restoran Liwet Pak Asep Stroberi (Asstro) ini sudah terkenal dan memiliki delapan cabang di sekitar Garut, lho! Cabang yang saya kunjungi adalah di Tarogong, tepat di pertigaan menuju tempat wisata Cipanas Garut. 

  Oia, mohon maaf postingan ini terlambat dipublish karena tertunda dan kemudian saya lupa. Cerita makan-makan kali ini merupakan sambungan dari jalan-jalan ke Garut yaitu di postingan Liburan Singkat ke Garut dan Sabda Alam Garut. Nggak lengkap rasanya kalau jalan-jalan tanpa wisata kuliner, ya nggak?

  Lho, kenapa nggak langsung diposting? Saya nggak pede. Soalnya foto-fotonya kurang bagus. Kami mendapat tempat duduk di dalam ruangan dengan suasana remang-remang. Padahal sebetulnya cuaca di luar sedang terik dan panas. Maunya saya sih tempat makannya cukup terang. Kalau gelap begini, saya jadi males motret. Makanya Makk, beli kamera canggih dong! Ogah ah, belum perlu banget :)

  Berhubung saya tidak bisa memotret suasana rumah makan yang ramai pada jam makan siang tersebut, langsung saja kita bahas menu makanannya, ya. Pesan apa, nih? Tentu saja kami pesan yang paling spesial dan menjadi andalan RM Asep Stroberi, yaitu nasi liwet! Kami pesan dua macam paket dan tambahan ikan nila bakar.

   Sambil menunggu makanan datang, kami shalat dhuhur di mushola yang mungil dan cukup nyaman. Saat padat pengunjung begini, harus sabar menanti giliran shalat karena tempatnya kurang luas. Usai shalat, ternyata makanan belum datang juga. Minuman yang disuguhkan hampir habis karena boyz yang kehausan dan menahan lapar. Untung ada minuman teh tawar hangat di teko yang bisa ditambah jika habis. 

Teko minuman teh

   Sebagai penunda lapar, otak-otak ikan tenggiri yang hadir lebih dulu di maja makan langsung habis dalam sekejap! Rasa otak-otaknya standar saja menurut saya. Jadi luar biasa enak karena lapar. Maklum, kita semua kan habis berenang plus panas-panasan pula di Cipanas. 

Otak-otak ikan tenggiri

    Akhirnya... makanan pesanan datang! Serbuu!!! Langsung saja kami bergerak cepat untuk menikmati paket nasi liwet ayam bakar, paket nasi liwet ayam goreng, dan ikan nila bakar yang sudah lama ditunggu. 

Menu paket nasi liwet

  Setiap paket nasi liwet terdiri dari: nasi liwet dalam wadah panci yang unik, tahu goreng, tempe mendoan, lalap, sambal, ikan peda goreng, dan tambahan lauk sesuai selera. Nasi liwetnya enak dan gurih! Saya suka bagian nasi yang gosong pada pant*t panci, enak! Hmm, bagian yang tutung memang lebih nikmat. Beneran!

Paket nasi liwet ayam bakar

Paket nasi liwet ayam goreng

Ikan nila bakar
   Hidangan di meja makan langsung ludes dalam waktu singkat! Maklum, kami semua sudah kelaparan. Nggak ada waktu buat menata cantik makanan sebelum difoto. Saya jadi memotret asal-asalan karena berhadapan dengan mulut-mulut lapar yang sudah tidak sabar (termasuk saya). 

    Gimana kalau nggak suka nasi liwet? Bisa pesan makanan lain kok. Ada beragam menu yang ditawarkan di Restoran Asstro. Bisa pilih masakan seafood seperti olahan udang, cumi, dan ikan. Selain banyak disajikan menu masakan Sunda, tempat makan ini juga menawarkan cemilan ringan seperti pisang keju, sosis goreng, bala-bala, dan kentang goreng. Atau pengen makan yang berkuah? Ada sop buntut, sayur asem, sop iga, dan capcay. Berikut sebagian menu di Restoran Asstro:

Sebagian menu makanan
  Minuman yang disajikan juga banyak pililhan. Jus stroberi sudah pasti jadi pilihan kami. Saya memesan dua gelas jus stroberi mini untuk 2 boyz. Eh, beneran mini karena disajikan dalam gelas kecil. Kurang banyak ya. Seharusnya saya pesan minuman lagi. Tapi saya khawatir nanti minuman datangnya kelamaan. Ya sudah, nikmati saja yang ada. 


Jus stroberi dalam gelas kecil

  Minuman selain juice buah-buahan, ada minuman panas seperti tah, kopi, susu, bandrek, bajugur, dan sekoteng. Ada juga minuman sehat, lho! Ada jus hijau daun (sawi, melon, lemon, dan timun), dan kelinci lumpat (wortel, mangga, seledri). Hihi, namanya lucu ya!

Aneka minuman

   Alhamdulillah, rasa lapar kami hilang dan perut jadi kenyang. Tempat makan ini recomended banget buat yang sedang berwisata di seputar wilayah Garut. Kalau tidak salah, ada cabang Restroran Asep Stoberi yang dilengkapi dengan tempat wisata yang menarik. Saya lupa cabang yang mana. 

   Mau mampir dan mencicipi nasi liwet Restoran Asep Stroberi? Nih ada alamat beberapa gerai gerai Restoran Liwet Pak Asep Stroberi (Asstro):
  1. Asstro Nagreg: Jl. Raya Nagreg No. 145 Nagreg
  2. Asstro Kadungora: Jl. Raya Kadungora No. 245 Leles, Garut
  3. Asstro Cimaragas : Jl. Raya Cimaragas No. 45 Garut
  4. Asstro Tarogong : Jl. Raya Otista No. 320 Tarogong Garut
  5. Asstro Ciawi : Jl. Raya Ciawi No. 5 Tasikmalaya
  6. Asstro Tasik : Jl. R. Ikik Wiradikarta No.9 Kalektoran Kota Tasikmalaya
  7. Asstro  Alun-Alun: Jl. Ahmad Yani No.3 Garut Kota
  8. Asstro Singaparna: Jl.Raya Garut Cintawana Kecamatan Singaparna Tasikmalaya
Selamat berwisata kuliner ^_^

12 komentar:

  1. Kiran menu menu nya bakalan stroberi semua nya makk.. Btw nasi liwet itu sebener nya kayak nasi campur campur gitu ya makk.. Ok fix, segera beli kamera tercanggih masa kini hihihiii

    BalasHapus
  2. Hampir saya mengira, nasi liwet rasa stroberi. Beugh.
    mudahan kelak ada kesempatan mampir di Tasik dan Garut lagi.

    BalasHapus
  3. wah saya juga hampir ngira nasi liwet rasa stoberi, gimana rasanya tuh ya. ini boleh banget jadi rekomendasi makan pas liburan di garut hehehe. dan harganya pun murah.. uhuy!

    BalasHapus
  4. Pernah sekali makan di Resto ini, tapi yg di jalan mau ke Tasik. Tempatnya adem.

    Kalo ngga salah, Pak Asep ini pernah kerja di Resto dekat rumah yg ada nama strawberrynya juga. Trus buka usaha sendiri & sukses.

    BalasHapus
  5. wah itu otak2nay bikin ngilers secara aku suka

    BalasHapus
  6. Menggoda banget foto2nya. Pengin nyicip nasi liweeet jugaaa :D

    BalasHapus
  7. Wah nasi liwetnya super komplit itu. Sudah ada ikannya segala ya? Jadi meskipun nggak nambah lauk lagi, sudah banyak lauknya. Duh jadi pingin nih makan nasi liwet :)

    BalasHapus
  8. Udah berapa tahun saya gak makan di sini, ya? Karena udah sekian tahun juga saya gak pulkam ke Ciamis hehehe.

    Sepanjang ingatan saya, RM Asep Stroberi memang enak makanannya :)

    BalasHapus
  9. wah waktu ke Garut cuma numpang ke Toilet di RM Asep Strawberry karena belum jamnya lunch dan mampir beli nasi liwet instantnya aja..nampaknya harus kesini kalau ke garut lagi

    BalasHapus
  10. saya mau ke garut minggu depan, harganya nyaman di kantong ngak ya. makasih

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak berpromosi atau berjualan. Mohon maaf, komentar dengan link hidup akan saya hapus. Terima kasih :)

Related Posts Plugin” style=