Rabu, 08 Februari 2017

Bermain Sambil Belajar di Taman Kaulinan Bogor


Mengajak anak-anak bermain di taman. Mengapa tidak? Udara yang bersih dan pepohonan yang rindang membuat siapa saja merasa nyaman berada di taman. Dengan bermain di taman, anak-anak bisa bersplorasi sesuka hati. Taman dengan aneka permainan anak-anak sudah pasti menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka. 

  Waktu masih merantau, saya dan suami kerap mengajak anak-anak ke taman kota. Membawa tiga buah hati yang masih kecil, kami menimati kebersamaan keluarga. Setelah berhenti merantau dan tinggal di Bogor, kebiasaan itu tetap berlanjut. 

  Apakah Bogor punya taman kota? Begitu yang ada di pikiran saya. Ternyata, fasilitas umum berupa taman di Bogor ada banyak, lho! Semuanya sudah direvitalisasi menjadi taman tematik, yaitu taman Bogor, Taman Corat-coret, Taman Skatepark, Taman Air Mancur, Taman Heulang, Taman Ekspresi, Taman Kencana, Taman Peranginan, Hutan Kota, dan Taman Malabar. Wah, saya sebagai warga Bogor merasa senang. Jadi adem melihatnya.



  Sekarang ada taman bermain baru khusus untuk anak-anak di Bogor. Namanya Taman Kaulinan. Kata ‘kaulinan’ berasal dari bahasa Sunda yang artinya permainan. Taman bermain ini khusus dibuat untuk mengajak anak-anak bermain, mengolah kemampuan motoriknya supaya tubuh jadi lebih sehat. Daripada ajak anak-anak jalan ke mall dan makan serta jajan nggak jelas, atau diam saja di rumah berkutat main gadjet, lebih baik aja ke Taman Kaulinan saja.

Taman Kaulinan

   Ada permainan apa saja di Taman Kaulinan? Aneka permainan yang ada yaitu: perosotan, ayunan, egrang, rumah pohon, panjat tali, galah asin, engklek, ular tangga. Wah, jadi ingat permainan tradisional masa kecil dulu. Tidak ada salahnya mengenalkan anak kepada mainan tradisional Indonesia. 

Bermain ayunan di bawah rumah pohon
Perosotan
   Mau main galah asin? Waktu kecil, saya menyebutnya galasin. Tidak perlu menggambar jalanan dengan kapur papan tulis lagi. Sudah ada gambar di lantai taman yang membentuk pola permainan ini. Begitu pula dengan engklek. Tinggal bawa batu pipih, langsung main deh di lantai yang digambar.

Galah asin
Engklek
  Ada permainan yang unik, nih. Yaitu egrang. Kenapa unik? Egrang yang biasanya dipakai untuk berjalan ini adalah egrang statis. Batang egrang kuat menancap di tanah. Tinggal bergaya seolah-olah sedang berjalan di atas egrang. Deretan egrang ini bisa dimainkan dengan melintasi antara egrang yang satu dengan yang lainnya. Lewat permainan ini, anak belajar keseimbangan dan koordinasi motoriknya terlatih.

Egrang statis
  Di seberang rumah pohon, ada permainan panjat kubus dari bahan pipa besi yang tidak kalah seru. Jadi ingat dulu saya sering main ini ketika duduk di bangku taman kanak-kanak. Saya memanjat paling tinggi, kemudian nangkring manis nggak mau turun. Nikmat banget. Serasa ada di puncak gunung, hihihi.
Panjat kubus
   Buat orang tua disediakan gazebo tempat bersantai untuk menunggu anak-anak bermain. Gazebo ini juga menjadi ruang baca sambil menikmati sejuknya semilir angin di kota Bogor. Oia, semua permainan di Taman Kaulinan ini sudah memenuhi standar keamanan untuk anak-anak. Jadi, orang tua tidak perlu khawatir lagi membiarkan anak-anak bermain di sini.

Gazebo tempat bersantai

   Taman Kaulinan berada satu lokasi dengan lapangan Sempur di pusat kota Bogor. Menurut Solihin, Corporate Affair SAT, waktu pengerjaan taman ini bersamaan dengan revitalisasi lapangan Sempur sejak bulan Juli tahun 2016. Taman seluas 600 meter persegi ini akhirnya selesai pada bulan Januari 2017 dan siap diresmikan oleh Walikota Bogor Bima Arya pada tanggal 5 Februari 2017.

   Beruntung, saya berkesempatan menyaksikan langsung peresmian Taman Kaulinan Bogor yang bertepatan pada hari Minggu. Bersama Kk Rasyad, anak kedua saya, kami berdua datang ke lapangan Sempur pada pukul 7.30 pagi. Wah, suasana sudah ramai. Tapi, Taman Kaulinan ada di sebelah mana, ya? Setelah berjalan melintasi lapangan Sempur, ternyata Taman Kaulinan ada di sebelah ujung lapangan yang berbatasan dengan sungai Ciliwung. Jika naik angkot, bisa turun di jembatan setelah setelah melewati Istana Bogor. Nah, Taman Kaulinan berada tepat di bawah tangga. Jadi nggak perlu jauh-jauh melintasi lapangan Sempur.

Saya dan Kk Rasyad

  Ketika kami datang, acara peresmian Taman Kaulinan belum dimulai. Acara ini dimeriahkan oleh musik dan tarian tradisional. Tidak lama kemudian, Bapak Walikota Bogor Bima Arya memasuki lapangan Sempur. Kedatangan beliau sudah dinantikan oleh warga yang hadir untuk menyaksikan langsung acara peresmian. Memasuki Taman Kaulinan, Bapak Walikota langsung disambut dengan pertunjukkan tari Tokecang oleh anak-anak. 


Menyambut Walikota Bogor (foto Twitter YayasanBerani)

   Bapak Walikota mencoba permainan yang ada di Taman Kaulinan. Beliau mencoba engklek, ular tangga, egrang bahkan naik flying fox dari rumah pohon! Wah asyik! Ada permainan flying fox juga? Ada, tapi kayaknya sih hanya pada akhir pekan saja karena permainan ini berbayar. 

Pemasangan alat pengaman flying fox
Bapak Walikota tengah meluncur, wusss!

   Duh, Pak Bima Arya bikin sirik aja nih! Jadi kepengen naik flying fox juga. Memang ukurannya tidak terlalu tinggi karena dirancang khusus untuk anak-anak. Mencoba flying fox bisa mengasah nyali mereka untuk berani menerima tantangan. 

  Usai bermain, Bapak Walikota menandatangani prasasti yang artinya Taman Kaulinan ini sudah resmi dibuka untuk umum. Hore! Alhamdulillah. Yuk, kita terusin lagi mainnya!

Penandatanganan prasasti (foto: Instagram YayasanBerani)
   Taman Kaulinan didirikan dari donasi warga yang dikelola oleh Yayasan Berani Bhakti Bangsa yang bermitra dengan PT SAT. Terselenggara berkat program DonasiKu yang bekerjasama dengan Alfamart dan Alfamidi.

   Masih ingat pertanyaan mbak atau mas di kasir ketika kita berbelanja di Alfamart dan Alfamidi, "Seratus rupiahnya boleh didonasikan?"  Nah, uang kembalian belanja yang mungkin hanya sebesar 100 atau 200 rupiah tersebut dikumpulkan bersama uang kembalian dari gerai toko yang lain hingga jumlahnya bisa didonasikan untuk membangun fasilitas umum untuk dinikmati seluruh masyarakat. Salah satunya adalah Taman Kaulinan ini.

   Selain mengumpulkan uang kembalian, para pelanggan Alfamart dan Alfamidi juga boleh menyumbang langsung di gerai Alfamart dan Alfamidi terdekat. Program DonasiKu dinaungi oleh Direktorat Pengelolaan Sumber Dana Bantuan Sosial Kementrian RI. Untuk penyebaran donasi bisa dilihat langsung secara transparan oleh masyarakat di media sosial dan website Alfamart, serta publikasi media. Selengkapnya bisa dilihat di website beranifoundation.org. Gimana? Sekarang jadi tenang kan setelah tahu ke mana uang yang sudah kita donasikan. Jangan ragu lagi untuk berdonasi lewat gerai Alfamart dan Alfamidi, ya.

Antusiasme warga menyaksikan acara peresmian
Wow, rame banget ya!
   Ternyata Taman Kaulinan ini memang dari warga dan untuk warga. Keberadaaan taman ini disambut dengan sukacita oleh warga Bogor. Buktinya: Taman Kaulinan padat pengunjung! Semua anak yang datang langsung mencoba berbagai permainan. Sayang, situasi yang terlalu ramai bikin tidak nyaman dan anak-anak kurang leluasa bermain. Selain padat hingga sulit melintas, anak-anak juga harus menunggu giliran untuk bergantian main. Sabar, ya! 

Ramai-ramai mencoba main egrang
Main panjat tali
Main ular tangga
Naik ke atas rumah pohon
   Di tengah keramaian peresmian Taman Kaulinan, saya bertemu dengan teman-teman blogger yang berdomisili di seputar Bogor dan Depok. Semua membawa anaknya masing-masing. Wah, bukan cuma anak-anak saja yang senang, para ibu juga bisa sekalian berkumpul sambil menemani anak-anak bermain. Setelah puas mengobrol dan bersenda gurau, kami berfoto bersama sebelum pulang ke rumah.

Bersama teman-teman blogger (foto: Arin Murtiyarini)
   Suasana super padat pengunjung hanya ternjadi saat peresmian. Pada hari berikutnya, saya kembali lagi ke Taman Kaulinan dan melihat anak-anak bermain dengan leluasa karena suasana lebih sepi. Beberapa sekolah terlihat mengajak rombongan anak-anak. Semua bergembira bisa bermain sambil belajar di Taman Kaulinan.

   Jangan lupa, Taman Kaulinan ini adalah milik kita bersama. Sebagai fasilitas umum untuk warga, sudah seharusnya kita menjaganya dengan baik agar tetap terawat dan bisa terus dipakai dalam jangka waktu yang lama. Jangan buang sampah sembarangan, ya! Tempat sampah tersedia di beberapa titik di seputar Taman Kaulinan dan lapangan Sempur. Papan peraturan untuk pengunjung juga tertera dengan jelas dan harus dipatuhi demi kenyamanan bersama.

Tempat sampah dan papan peraturan
 
   Saya yakin, taman Kaulinan yang keren ini jadi tempat wisata favorit di kota Bogor. Seperti kata Bapak Walikota Bogor Bima Arya, bahwa pembangunan taman kota tidak hanya dipandang sebagai penambahan ruang terbuka hijau. Taman adalah oksigen jiwa. Taman kota jadi sarana yang tepat untuk membangun karakter warga. 

  Bahagia rasanya melihat banyak warga yang datang bersama keluarga untuk berolahraga, bermain, dan bereakreasi di taman. Menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga tercinta. Anak-anak gembira, orang tua pun ikut senang. Yuk, ajak anak-anak bermain di taman ^_^



35 komentar:

  1. Saya juga ikutan sirik euy
    Pengen nyobain flying foxnya hahaha

    Semoga taman2 seperti ini makin banyak ya, jadi anak gak kekurangan lahan untuk bermain

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk kesana lagi. kita gelantungan di flying fox :D

      Hapus
  2. Tamannya edukatif banget, mbak. Anak2 bakal betah main di sini. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, betah sampe ga mau pulang :D

      Hapus
  3. Emak, dari stasiun bogor ke sini naik apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. angkot apa aja lewat. dr stasiun bisa angkot no 2 or 3. turun di lapangan sempur. etapi kalo turun di jembatan sbl sempur, ada tangga ke bawah langsung ke taman kaulinan (lebih deket drpada turun di lapangan sempur)

      Hapus
  4. Wah asik banget ini. Next harus ajak anak anak kesini nih

    BalasHapus
  5. wah bagus banget yaa tamannya, salut saya dgn donasi alfamart dan yayasan berani, semoga byk taman yg lainnya selain di Bogor

    BalasHapus
  6. Taman Kaulinan ..asik bgt...


    mudah2an tamannya selalu elok, terjaga dan terawat ya mak...

    BalasHapus
  7. Seruu yaa, ada mainan masa kecil era kita. Bagus nih idenya

    BalasHapus
  8. Semua permainannya ini seru ya. Jadi pengin main egrang hahaha

    BalasHapus
  9. Aku ngarep bisa main disini malam - malam, soalnya keliatan cantik mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo aku malah takut, yul. haha emak penakut

      Hapus
  10. Serru niyy tamannya jadi bisa memperkenalkan mainan jaman dulu ke anak-anak.

    BalasHapus
  11. Kapan kapan harus ke sana lagi ah main sambil jogging di lapangan sempur

    BalasHapus
  12. Nungguin Surabaya bisa kayak taman kaulinan :D apalagi gratisan ya mba pasti anak-anak senang

    BalasHapus
  13. Aduh Pak Wali mah gitu, saya dah ga di Bogor eh lapangan sempur baru diresmikan. Asyik banget banyak permainan dan gazebo juga. Wah anak-anak saya pasti suka nih. Nanti kalau ke Bogor lagi mampir ah. Bakalan ngantre ya

    BalasHapus
  14. Lucu juga kalo ada permainan tradisional masa kecil, bisa main sambil nostalgia.

    BalasHapus
  15. Kangen Bogor, pengen main ke sini juga ajak fatih Fay :)

    BalasHapus
  16. Asiiknyaaa...
    Suka banget kalau pemimpin kotanya menyediakan ruang publik banyak kaya gini.

    Jadi emak-emak kan bisa tetap bahagia ngajak anak jalan tanpa biaya.

    Horee...
    \^^/

    BalasHapus
  17. Deket dr rumah nti main ... Kalau aman dan nyaman pst bnyk yg suka

    BalasHapus
  18. Aah, tempatnya enak bgt. klo ga malu sama anak kecil, pengen ikutan main di sana hahaha
    Kapan2 ke sana lg ah

    BalasHapus
  19. Banyak macam permainannya ya, nggak bakal bosen nih buat remaja, anak2 atau orang tua kwkwwk
    aku aja liatnya jadi pengen main ke sana.

    BalasHapus
  20. Kukira panjat kubus itu kmrn semacam logo gtu lho hehehe

    BalasHapus
  21. Cakep ya tamannya. Aku jadi berharap taman seperti ini bisa ada di dekat rumahku, biar deket,,,hehe

    BalasHapus
  22. Jadi pengen kesini lagi.. Kemaren sbentar banget maen2 di Taman Kaulinan, belum puas, hihi...

    BalasHapus
  23. warga Bogor makin nyaman ya, sebagai warga Bogor coret (kabupaten) saya ngiri hehehehh

    BalasHapus
  24. Ya ampun, mainannya banyak bangeeeet. Kok keren banget gini sih tamannyaaaaaaaa. Waaah kalo ke bogor harus mampiiiir <3

    BalasHapus
  25. Wah, keren sekali tamannya. Aku mau coba enggrang statisnya, ah, hihihi. Semoga fasilitas ini tetap terjaga ya :))

    BalasHapus
  26. wah..seru ya Teh. salam kenal sya Irma :) sebagai warga Bogor blm pernah coba tuch. pasti anak2 klo diajak kesana seneng bgt.
    klo week end pasti rame banget ya?

    BalasHapus
  27. Bagus tamannya ya kak...:) anak bermain sekaligus belajar.

    BalasHapus
  28. Mudah-mudahan Taman Kaulinan awet yaa.. supaya anak-anak lebih lama bisa menikmati main nyaman di taman di sana

    BalasHapus
  29. Tempatnya astik banget nih keliatannya. Perlu dimasukin list kalo main ke sana. Tapi entah kapan, hihihi

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak berpromosi atau berjualan. Mohon maaf, komentar dengan link hidup akan saya hapus. Terima kasih :)

Related Posts Plugin” style=