Rabu, 20 September 2017

Suatu Senja di Gua Sunyaragi


Senja di Gua Sunyaragi adalah kumpulan foto waktu keluarga kami berkunjung ke Cirebon tanggal 19 September 2017 lalu. Tidak banyak yang bisa saya jelaskan di postingan ini karena waktu berkujung yang singkat, takut nggak keuber mau shalat maghrib di mesjid. Plus lagi, tidak pakai jasa tour guide jadi nggak paham cerita dan sejarah tentang Gua Sunyaragi. Selanjutnya ya cukup googling sendiri untuk tahu cerita lengkapnya, hehe.

Suasana sore di Gua Sunyaragi
  Berkunjung ke Kota Cirebon, kurang lengkap rasanya jika belum mengunjungi Gua Sunyaragi. Saya memang sudah lama tidak main ke Cirebon. Pertama kali waktu studi tour bareng teman-teman SMP. Kedua waktu PKL dengan teman-teman kuliah. Kali lainnya cuma numpang lewat doang atau pas lagi ada keperluan keluarga. Tiap ke Cirebon, Gua Sunyaragi pasti jadi tempat tujuan wisata.

Salah satu sudut di Gua Sunyaragi

  Meski sudah beberapa kali ke Gua Sunyaragi, saya kok lupa detil tempat ini kayak gimana. Maklum, ingatan mulai melemah haha. Bayangkan, terakhir main ke Gua Sunyaragi itu bareng temen-teman kuliah waktu saya tinggal selama 2 minggu untuk PKL di Cirebon. Dan... saya lupa lagi Gua Sunyaragi seperti apa! Yang saya ingat cuma satu: panas!

Papan petunjuk

  Waktu studi tour SMP, saya dan teman-teman datang ke Gua Sunyaragi pada siang hari. Kesannya sama: panas! Nah, berdasarkan pengalaman dan nggak mau kepanasan lagi, maka kami sekeluarga putuskan untuk main ke Gua Sunyaragi pada sore hari. Tadinya mau keesokan paginya, tapi kami punya rencana mau berenang di hotel dulu sebelum check out dari hotel.

Oke deh, ini dia foto-foto di Gua Sunyaragi...


Foto di area depan Gua Sunyaragi


Bapa and 3 boyz


Ibu, Kk dan Dd


Ibu and 3  boyz


Dd semangat banget mau naik tangga

  Ketiga anak saya, 3 boyz (Aa Dilshad, Kk Rasyad, dan Dd Irsyad) exited banget begitu tiba di Gua Sunyaragi. Nyali berpetualang mereka pun langsung menyala! Banyak ruangan tersembunyi di Gua Sunyaragi bikin mereka penasaran untuk menjelajah. "Kayak labirin..." kata mereka.   

Kk masuk gua :D
  Saking semangatnya, mereka cepat juga jalan naik turun menjelajah gua! Duh, ini jantung emaknya yang mau copot! Takut jatuh! Maklum, tangga-tangga tanpa pegangan ini lumayan horor juga. Ditambah dinding berbatu. Kudu ekstra hati-hati dalam melangkah!

Cepet banget mereka naik ke atas!
  Jadi, buat ibu-ibu dan bapak-bapak sekalian yang membawa anak kecil ke Gua Sunyaragi, mohon dampingi putra-putrinya ya. Jaga mereka jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diiinginkan karena kurang hati-hati saat menikmati objek wisata Gua Sunyaragi ini. Namanya anak-anak, pasti demen pecicilan. Saya yang ketinggalan di belakang karena 3 boyz cepet banget ngilangnya jadi sering berteriak untuk mengingatkan mereka agar berhati-hati.

3 boyz senang menjelajah Gua Sunyaragi


Mejeng dulu...

Ceritanya lagi ngumpet



Ibu mandi matahari sore :p


Foto di atas sini, Bu!


Bapa nggak mau ketinggalan bergaya


Hati-hati ya!

Banyak ruangan tersembunyi bikin boyz penasaran

Pose terakhir Kk dan Dd sebelum pulang 

   Merasa kurang nyaman dengan pengunjung yang lumayan ramai, kami memutuskan untuk segera pulang. Matahari pun mulai terbenam dan sebentar lagi waktunya shalat maghrib. Sebelum pulang, kami sempat menyaksikan para penari yang tengah berlatih di panggung pertunjukkan yang ada di area depan Gua Sunyaragi. Sepertinya mereka mempersiapkan diri untuk Festival Keraton Nusantara (tanggal  sampai 22 September 2017). 

  Andai kami punya waktu lebih banyak, ingin kembali lagi ke Gua Sunyaragi. Mendalami sejarahnya dan bisa menyaksikan pertunjukan seni yang menarik. Sampai ketemu lagi!

Panggung pertunjukkan
Baca juga:

2 komentar:

  1. Wah seru juga ada panggung pertunjukan, jadi inget GWK di bali yang juga ada panggung pertunjukan. Jadi bisa ke satu tempat dan mengeksprolari tempat tersebut plus dengan bonus pertunjukan deh

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak berpromosi atau berjualan. Mohon maaf, komentar dengan link hidup akan saya hapus. Terima kasih :)

Related Posts Plugin” style=