Jumat, 03 November 2017

Terpikat Soto Kuning Khas Bogor yang Legendaris


Waktu saya masih kecil, setiap berkunjung ke Bogor, saya dan keluarga mampir untuk makan soto kuning khas Bogor yang legendaris. Tempat makan yang favorit yaitu Soto Kuning Pak Yusuf di Jalan Suryakencana Bogor. Persisnya dekat gang Aut, di depan Bank BCA. Dulu, soto dijajakan dengan pikulan. Sekarang sudah menggunakan gerobak dorong. 

   Setelah tinggal di Bogor, barulah saya sadar bahwa sesungguhnya soto kuning yang enak bukan hanya di Jalan Suryakencana. Soto kuning ini banyak dijajakan di pinggir jalan kota Bogor. Jadi, mau coba yang mana saja, menurut saya semuanya nikmat! Ah, emang saya doyan aja kali yaa... 

  Soto kuning enak langganan keluarga suami saya ada di gang sempit sebelah kantor KPPN Bogor di Jalan Ir. H.Juanda. Dulu, mertua saya mengambil pensiun bulanan di gedung yang sekarang jadi kantor KPPN. Keduanya selalu mampir makan soto kuning sebelum pulang. Setelah tempat ambil uang pensiun pindah, Bapak dan Mamah mertua (almarhum) tetap sering mampir makan soto di gang sempit ini.

  Suami pun mengajak saya untuk makan soto kuning di tempat penuh kenangan tersebut. Lokasinya persis di dalam gang sempit. Meski nyempil, suasana hening di gang ini cukup bikin suasana jadi syahdu. Mau jalan kaki dari Mall BTM juga bisa, lho. Tinggal lurus aja melipir jalan. Nemu gang sempit, ya masuk aja cari penjual soto kuning di paling ujung. 

  Nah, sekarang saya mau cerita tempat makan soto kuning ketiga yang rasanya juga enak, yaitu Soto Kuning Pak Uwar. Lokasinya masih sama di Jalan Ir. H. Juanda. Tepatnya di jalan sepi di sebelah Bank BCA. Tepatnya di seberang kebun Raya Bogor. Parkir mobil bisa di dekat penjual soto. Bernaung di bawah pepohonan besar membuat tempat ini teduh dan agak gelap. Jadi, maafkan jika foto saya jelek karena kurang cahaya. 

Suasana di dalam gang
   Kalau kebetulah habis main ke Kebun Raya Bogor, boleh mampir makan siang di sini. Tinggal nyebrang aja kok. Hati-hati saat menyebrang karena lalu kendaraan yang melintas di jalan ini cukup padat. 

Kebun Raya Bogor di seberang jalan
   Soto kuning terbuat dari bumbu rempah khas soto seperti serai, lengkuas, santan, kunyit, dan bahan lainnya. Warna kuah yang kuning menyala membuat soto ini bernama soto kuning. Karena menggunakan santan, soto ini punya kuah kental yang nikmat. Isian soto berupa daging sapi, otak, limpa, paru, iso, babat, kikil, hingga lidah. Kebanyakan isiannya direbus, namun ada juga yang digoreng. Plus bawang goreng, sambal, perkedel, acar, dan emping, soto kuning jadi komplit enaknya!

Aneka isian soto kuning (foto: detik.travel.com)

   Aduh, sudah lapar nih. Cepetan pilih isian soto kuning yang terhampar di nampan! Setelah memilih isiannya, Mamang soto akan memotong-motong isian, menambahkan bumbu, dan menyiramnya dengan kuah soto panas. Hmm, can't wait! 

Meracik soto kuning

   Melihat isian soto kuning yang bakal menaikkan kadar kolestrol, saya cukup mengambil satu potong daging dan satu potong paru goreng. Harga sepotong isian soto kuning Rp.10.000 ditambah Rp. 4.000 untuk sepiring nasi, dan segelas teh tawar gratis. Total Rp.25.000 untuk saya sendiri sudah bikin kenyang. Alhamdulillah. 

Soto kuning siap dinikmati
Bapa, Kk Rasyad, dan Dd Irsyad lagi makan soto

   Tidak ketinggalan, dua pelengkap soto yang tersedia di meja pun saya tambahkan untuk menambah nikmat rasa soto. Yaitu sambal dan acar. Irisan jeruk limau yang ditaruh di pinggir nasi pun ikut saya tambahkan untuk membuat rasa soto jadi segar.

Acar dan sambal soto kuning
Selamat makan!
   Nah, gimana? Penasaran kan pengen coba soto kuning khas Bogor? Jangan lupa icip-icip kuliner yang satu ini kalau main ke Bogor ya! Postingan ini adalah collabs post KEB kelompok Mira Lesmana dengan tema kuliner daerah. Menjawab trigger postingan dari Sulis di website KEB berjudul Enam Kuliner Jogja yang Makin Istimewa.

Soto kuning panas dan nasi putih yang hangat
Lokasi Soto Kuning Pak Uwar di sebelah Bank BCA Jl. Ir. H. Juanda Bogor Jawa Barat.



11 komentar:

  1. Pas jam makan siang...pas posting makanan. Ha..ha,berhasil bikin laper.

    Karen bersantan...jadi mirip gule ya mba.
    Aku ada bulik di bogor..bsk klo kesana, nyobain ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan tanya keroncongannya perutku pas ngetik ini, hehehe.

      iya, mirip gule tapi tanpa cabe.
      asikk...bilang2 yaa kalo mau ke bogor :)

      Hapus
  2. Seger banget sotonyaaa... kalo main ke bogor kayaknya harus kesini nih

    BalasHapus
  3. Aggghhh ini kesukaan ku jg. Pak yusif aku suka mbamm trs terakhir ke bogor kmrn ada lg kedai soto ibu rahayu. Lbh bgs sih tempatnya.. Enak jg soto kuningnya. Ntr minggu bsk mau k bogor, aku cari deh yg soto kuning pak uwar

    BalasHapus
  4. Belum pernah makan soto bogor nih saya. Isiannya banyak banget yaa

    BalasHapus
  5. Oke sip, bisa masuk ke rekomendasi wisata kuliner kalau aku ke Bogor... ^_^

    BalasHapus
  6. Pas banget dengan waktu makan siang. Jadi laper.

    BalasHapus
  7. bertahuhn2 di bogor malah belum penah nyicipin nih, asataga

    BalasHapus
  8. Saya sering main ke Bogor, dan semoga bisa makan soto kuning ini kalau nanti ke sana. :D

    BalasHapus
  9. Mbak Inna, saya belum pernah cobaa ini, ��

    BalasHapus
  10. Duh, ujan2 begini enak bgt makan soto kuning... Mdh2an bisa nyoba kalau main ke bogor...

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak berpromosi atau berjualan. Mohon maaf, komentar dengan link hidup akan saya hapus. Terima kasih :)

Related Posts Plugin” style=