About Me





Halo! Selamat datang di blog Emak Riweuh. 

Nama saya Riana Wulandari. Biasa dipanggil Inna Riana. Lahir tahun 1976 sebagai anak kedua dari tiga bersaudara. Berdarah campuran suku Sunda dan Jawa (tapi tidak mahir berbahasa daerah keduanya). Dibesarkan di Cikampek, melanjutkan SMA di Jakarta, lalu kuliah di Jurusan Kesejahteraan Sosial FISIP UNPAD Bandung. Sempat bekerja beberapa bulan di bank swasa asing di Jakarta sebelum berhenti bekerja karena menikah. 

Blog Emak Riweuh berisi cerita tentang saya sebagai ibu dari tiga anak laki-laki (3 boyz). Mereka adalah Aa Dilshad (lahir tahun 2002), Kk Rasyad (lahir tahun 2007), dan Dd Irsyad (lahir tahun 2010). Saat ini saya, Bapa (suami saya) dan 3 boyz tinggal menetap di Bogor. 

Bersama keluarga yang sering saya sebut sebagai ‘pasukan riweuh’, kami pernah merantau di beberapa kota di Indonesia. Yaitu di Semarang, Banjarmasin, Solo, Denpasar, Palangkaraya, dan Makassar. Sudah mengalami 10 kali pindah rumah dalam waktu 11 tahun.

Situasi anak-anak yang masih kecil, jauh dari keluarga, dan kerap tanpa asisten rumah tangga membuat keseharian kami selalu riweuh, alias repot. Saya menulis semua cerita di rantau dan tempat wisata yang kami kunjungi. Menulis di blog sembari riweuh. Jadilah nama blog ini “Emak Riweuh”. 

Jujur, saya memang masih menjadi emak riweuh hingga saat ini. Dulu, saya riweuh karena pakepuk di rantau. Sekarang saya riweuh dengan berbagai aktivitas. Kegiatan saya tidak hanya mengurus rumah, anak-anak, dan orang tua (kami tinggal bersama Eyang, ibu saya). Saya membuka usaha toko obat dan aksesori handmade. 

Kesibukan lain adalah rajin ngeblog. Ada tujuh blog yang saya buat. Kenyataannya sih, cuma tiga blog saja yang aktif dan selalu update. Blog saya berikut alamatnya: 

Saya suka menulis di blog. Sejak mengenal blog, saya seolah menemukan dunia baru. Mendapat banyak ilmu dan teman baru lewat komunitas. Berkat blog, saya bisa menerbitkan buku antologi “Heart Ring. Ketika Hati Saling Memiliki” pada tahun 2014 bersama komunitas Warung Blogger. 

Buku antologi pertama

Pada tahun yang sama, saya terpilih menjadi Finalis 50 Besar Srikandi Blogger 2014. Berkat ajang ini, saya mendapatkan kesempatan berkunjung ke Kantor Google Indonesia di Jakarta. Meskipun tidak menang, saya senang bisa saling mengenal dengan para finalis yang sekarang sudah menjadi blogger ternama. 


Sertifikat Srikandi Blogger 2014

Prestasi ngeblog saya memang belum banyak. Sesekali saya ikut meramaikan giveaway dari teman-teman blogger. Ada yang menang dan ada yang kalah. Biasanya saya memang tidak menargetkan untuk menang. Tujuan ikut giveaway adalah untuk menjalin silaturahim dan turut meramaikan ajang tersebut. Selain ikut menulis, saya juga membantu dengan menjadi sponsor pada giveway beberapa teman bloger. Hadiah dari giveway yang pernah saya menangkan berupa merchandise, buku, baju, atau pulsa. 

Sedangkan untuk mengikuti lomba blog dan kontes, saya jarang berpartisipasi. Saya belum mahir membagi waktu. Lomba blog yang pernah saya menangkan: 
  • Februari 2016: Juara kedua dari Morinaga Chil-Go! Writing Competition. Mendapatkan smartphone Samsung Galaxy Note 3. 
  • Januari 2016 : Sistalisius blog competition. Mendapatkan hadiah pulsa sebesar 50 ribu. 
  • Oktober 2016 : Juara 3 A&W Jappanese Curry Premium Mixbowls Blogger Competition. Mendapatkan hadiah voucher A&W senilai Rp.500.000 dan marchandise.
  • Beberapa giveway dari teman-teman blogger dan komunitas blogger.
Selain ngeblog, saya suka memotret dengan smartphone. Sesekali saya ikut serta dalam kontes foto di Instagram. Hasil fotonya memang belum sebaik foto-foto yang menggunakan kamera canggih. Mudah-mudahan suatu saat nanti saya bisa belajar fotografi dengan kamera yang bagus (aamiin). Kontes foto yang sempat saya menangkan: 

  • April 2015: Juara dua kontes foto Smartphonegraphy (via Twitter). Mendapat hadiah menginap gratis di Hotel Padjadjaran Suite and Resort, serta voucher diskon Jungle, Jungle Land, dan Jungle Fest 
  • Maret 2016: salah satu dari tiga pemenang kontes foto dari Mariza Foods (via Instagram). Mendapat hadiah satu set alat masak merk Maxim dan produk Mariza foods. 
  • Beberapa kontes foto di Facebook dan Instagram yang berhadiah merchandise. 
Sekian dulu perkenalan dari saya. Semoga blog Emak Riweuh ini bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya.

1 komentar:

  1. Salam kenal Mba Inna...
    Baca tentang Mba bikin aku geleng2, manusia sakti macam apa Mba Inna ini?
    Gimana tuh cara bagi waktunya dengan 3 anak, pindahan rumah sana sini, masih punya 2 usaha dan punya 7 blog.
    Ckckck... bener Mba, perlu belajar aku sama dirimu.

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak berpromosi atau berjualan. Mohon maaf, komentar dengan link hidup akan saya hapus. Terima kasih :)