Jumat, 15 Desember 2017

7 Langkah yang Harus Dilakukan untuk Mewujudkan Resolusi 2018


Pernah punya resolusi? Biasanya, resolusi kerap diajukan oleh diri kita sendiri menjelang pergantian tahun dengan harapan untuk menjadi manusia yang lebih baik pada masa mendatang. Saya pernah membuat resolusi. Waktu itu masih sekedar keinginan dan tidak terealisasikan karena hanya disimpan dalam pikiran.

  Selanjutnya, saya pernah menuliskan resolusi saya di blog pada tahun 2015. Karena tidak dibaca lagi, jadi lupa deh kalau saya punya resolusi. Mengapa resolusi itu harus ditulis dengan jelas? Jawabannya sesuai dengan salah satu arti kata resolusi dalam KKBI, yaitu pernyataan tertulis, biasanya berisi tuntutan tentang suatu hal. 

 Tapi, resolusi itu jangan cuma dipikirkan dan sekedar ditulis begitu saja. Resolusi harus sering dilihat supaya ingat target apa saja yang ingin dicapai. Selanjutnya, tentu harus ada usaha untuk mewujudkannya. Terakhir, lakukan evaluasi untuk meninjau keberhasilan yang sudah dicapai sekaligus belajar dari kegagalan yang terjadi.

  Jelang tahun baru 2018 ini, saya kembali membuat resolusi. Setelah sekian lama riweuh dengan urusan rumah tangga, kali ini saya serius membuat resolusi. Saya menulis resolusi 2018 pada postingan ini, menyalinnya di agenda, dan mengeprint serta menempelkannya di atas meja kerja. 

  Sebelum membuat resolusi, saya browsing dulu. Sekaligus mengevaluasi pengalaman pribadi  tentang kegagalan resolusi di tahun sebelumnya. Hasilnya saya simpulkan menjadi 7 langkah yang harus dilakukan untuk mewujudkan resolusi 2018 sebagai berikut:

1. Menulis resolusi di tempat yang mudah dibaca.
  • Mengapa harus ditulis? Bayangkan otak kita adalah pemain lempar bola di sirkus dan bola-bola pikiran kita yang berkeliaran adalah bolanya. Semakin banyak bola di udara, akan semakin sulit menangkapnya. Ketika kita menuliskan pikiran-pikiran tersebut dalam sebuah kertas (misalnya apa yang dilakukan, target, hambatan, dan sebagainya), maka tanpa sadar kita telah mengurangi jumlah bola-bola di udara dan lebih mudah menangkapnya satu per satu. 
  • Jangan lupa menulis di tempat yang mudah diakses seperti agenda atau smartphone.
  • Catat hal-hal penting atau ide yang bermunculan sewaktu-waktu.
2. Membuat daftar keinginan. 

3. Menentukan skala prioritas, yaitu mengerjakan yang penting terlebih dahulu. 

4. Membuat mind mapping resolusi dari semua daftar keinginan.
  • Mind mapping atau pemetaan pikiran menurut Wikipedia adalah suatu metode untuk memaksimalkan potensi pikiran manusia dengan menggunakan otak kanan dan otak kirinya secara simultan. Metode ini diperkenalkan oleh Tony Buzan pada tahun 1974, seorang ahli pengembangan potensi manusia dari Inggris.
  • Mind mapping membantu kita untuk memperluas ide, gagasan, dan harapan serta tujuan yang ingin dicapai. merepresentasikannya secara visual membuatnya mudah untuk dipahami dan segala prosesnya bisa dilakukan secara bertahap.
  • Cara membuat mind mapping: kalimat utama di bagian tengah (yaitu resolusi). Buat cabang sesuai dengan daftar keinginan. Beri sub cabang dari setiap daftar. 
5. Merencanakan jadwal dan urutan tugas.
  • Pada agenda fisik atau aplikasi di smartphone, catat rencana yang diinginkan dan buat urutan tugas sesuai jadwal. 
  • Beri urutan dari tugas yang terpenting terlebih dahulu.
  • Beri tenggat waktu kapan tugas tersebut harus selesai.
6. Kerjakan semua tugas satu per satu!

7. Mengevaluasi secara berkala. Ulangi mengerjakan tugas hingga target tercapai.

Resolusi 2018 untuk Inna Riana

Sebelum menentukan resolusi untuk tahun 2018, saya menulis target resolusi untuk jangka waktu sebagai berikut:
  • Target seumur hidup: bahagia lahir batin.
  • Target 9 tahun ke depan: looks gorgeus at 50 (penampilan fisik sehat dan pikiran bahagia).
  • Target 3 tahun ke depan: umroh dan atau naik haji.
  • Target dalam 1 tahun ke depan: self healing dan pola hidup sehat.
  Secara bertahap, bisa dilihat bahwa tujuan jangka panjang alias target seumur hidup saya adalah ingin bahagia lahir batin. Target 9 tahun ke depan adalah cita-cita saya jika berumur 50 tahun, yaitu looks gorgeus at 50. Maksudnya, saya ingin terlihat menarik meskipun sudah berumur kepala lima. Menarik secara fisik dengan memiliki tubuh sehat yang tidak sakit-sakitan. Juga menarik secara batin dengan mempunyai kepribadian yang menyenangkan dan punya kemampuan bisa yang dibanggakan.

  Target 3 tahun adalah umroh dan atau naik haji. Jika sudah tiba giliran saya dipanggil dari antrian pendaftaran jamaah haji, Insya Allah saya dan suami segera berangkat ke tanah suci. Jika dalam 3 tahun belum ada panggilan, suami mengajak kami untuk umroh terlebih dahulu.

   Untuk bisa melaksanakan semua target tersebut, ada yang harus dibenahi dalam waktu dekat. Ini mendesak! Yaitu saya harus memperbaiki diri untuk bisa hidup lebih sehat! Selama lima tahun terakhir ini, saya dilanda stress sehingga pola makan dan pola pikir saya menjadi kacau. Akibatnya, penyakit mulai berdatangan. Ada asam urat, kolestrol, nyeri haid, sakit kepala, duh rasanya nano-nano!

  Jadi, resolusi saya pada tahun 2018 adalah lebih fokus untuk memperbaiki diri biar nggak 'berantakan' seperti sebelumnya. Self healing, lebih tepat saya bilang begitu. Perbaikan meliputi fisik dan mental. Biar badan dan pikiran tetap sehat hingga segala target bisa tercapai. Lebih rinci saya jabarkan pada mind mapping berikut:

Mind Mapping untuk Resolusi 2018

  Uraian mind mapping untuk resolusi 2018 versi saya. Saya membuat 5 kategori, yaitu religius, pengembangan diri, keluarga, pola hidup sehat, dan pekerjaan. Selengkapnya sebagai berikut:

1. Religius
  • Ikut kelas pengajian. Sudah saya lakukan setiap hari Senin dan Kamis.
  • Baca Al Qur’an setiap hari. 
  • Puasa sunah.
2. Pengembangan diri
  • Belajar bikin kue. Peralatan sudah ada sedikit demi sedikit. Tinggal mencari waktu yang tepat untuk belajar sendiri atau belajar pada orang lain.
  • Belajar menjahit. Tempat kursus sudah dapat. Tinggal mencari waktu luang untuk les jahit seminggu sekali.
  • Belajar memotret. Beli kamera dulu, baru cari guru yang berprofesi sebagai photographer. Jika kamera belum ada, belajar motret pakai smartphone dari internet dan lebih banyak praktek di rumah.
3. Keluarga
  • Quality time. Lebih banyak waktu berkualitas bersama suami dan anak-anak di rumah serta sering pergi jalan bareng.
  • Atur emosi biar nggak gampang marah menghadapi ulah anak-anak yang kadang menjengkelkan.
4. Pola hidup sehat
  • Jaga makanan. Pilih makanan sehat. Kurangi jajan. 
  • Olahraga rutin. Bersepeda setiap hari. Senam aerobik seminggu sekali.
  • Istirahat cukup. Tidur sebelum pukul 10 malam dan bangun pukul 4 pagi. Tidur siang jika perlu (paling sulit karena anak-anak suka berisik).
  • Minum vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh.
5. Pekerjaan
  • Kerjakan prioritas, yaitu hal penting terlebih dahulu.
  • Merapikan blog. Ada 3 blog yang saya monetasi dan butuh perhatian dan diupdate rutin secara bergantian. Membersihkan broken link. Mengganti template blog masak.
  • Jemput bola seperlunya. Kondisi saya tidak memungkinkan untuk bisa sering hadir di berbagai event blogger. Oleh sebab itu saya hanya mengambil job yang bisa dikerjakan dari rumah saja.
Resolusi saya pasang di laptop yang setiap hari dibuka :)

  Nah, resolusi 2018 sudah ada. Selanjutnya, tinggal menjalankan langkah-langkah pada setiap kategori agar seluruh target bisa terwujud. Bisa? Harus bisa! No pain no gain! Harus usaha keras untuk hasil yang maksimal! Setuju?  


My family dari kanan ke kiri: saya, Bapa, Aa, Kk. dan Dd.

  Aktivitas saya sehari-hari tidak jauh dari memasak. Selain memasak untuk menunaikan tugas sebagai ibu rumah tangga, saya juga memasak karena tuntutan pekerjaan. Saat ini, saya menjadi freelance content writer untuk sebuah aplikasi resep makanan bernama Dapur Ibu. Sambil memasak untuk keluarga, saya bisa sekaligus membuat postingan untuk aplikasi. Setiap langkah dalam proses memasak selalu saya foto untuk kemudian diposting di blog dan atau di aplikasi. Benar-benar pekerjaan yang menyenangkan. 

  Mau terus terang, nih. Setiap hari, kegiatan saya sebagai ibu rumah tangga seolah tidak ada habisnya. Mulai adzan subuh berkumandang sampai mata mungil anak-anak terpejam, seorang ibu dituntut untuk selalu stand by setiap saat. Kadang lelah sering timbul dan kondisi badan jadi tidak fit untuk beraktivitas seperti biasa, termasuk memasak.

  Lantas, apa yang terjadi jika saya tidak terjun ke dapur untuk memasak? Selain kehilangan bahan untuk postingan kerjaan, urusan dompet pun jadi kacau. Maklum, banyak mulut yang perlu diberi makan. Saat saya sedang kurang enak badan dan tidak memasak, suami membeli masakan matang di depan komplek. Bayangkan, sehari makan tiga kali untuk porsi lima orang, dikalikan berapa hari saya terkapar. Boros banget! Dasar emak-emak ya, maunya hemat melulu, hehe.

  Saya memang gampang capek. Mungkin karena faktor umur yang sudah kepala empat. Rasanya nggak enak kalau badan lagi lemas. Jadi nggak bersemangat melakukan apa saja. Seperti kehilangan tenaga. Lebih parah ketika saya sedang datang bulan. Duh menderita! Saya terkena sakit kepala hebat, nyeri perut, dan ngilu pada tulang belakang.

 Beruntung penderitaan saya itu tidak berlangsung lama sejak saya mengkonsumsi Theragran-M, vitamin yang baik untuk masa penyembuhan. Berkat kandungan Magnesium pada Theragran-M, fungsi otot dan system saraf bisa bekerja dangan baik sehingga otot polos pada uterus menjadi relaks dan nyeri haid berkurang. 

Theragran-M
   Theragran-M juga bisa mengatasi masalah kelelahan yang sering saya alami. Hari Rabu kemarin, badan saya lemas akibat kelelahan, terlambat makan, dan kehujanan. Menjelang malam, kepala terasa agak berat dan bertambah parah keesokan harinya. Kondisi ini berlangsung sampai hari Kamis. Saat beristirahat, saya minum satu kaplet Theragran-M. Kemudian hari ini (hari Jumat), sakit kepala saya hilang dan badan jadi lebih segar! Alhamdulillah.

Sedia Theragran-M biar masak jadi lancar.

  Ternyata Theragran-M sebagai vitamin untuk mengembalikan daya tahan tubuh setelah sakit sudah diresepkan oleh dokter selama 40 tahun. Saya senang kini Theragran-M menjadi bagian dari hidup saya. Rutinitas saya jadi lancar berkat Theragran-M

  Mengapa Theragran-M cocok sebagai vitamin untuk memulihkan kondisi tubuh setelah sakitDalam keadaan sakit, tubuh memerlukan tambahan nutrisi vitamin dan mineral untuk masa pemulihan. Jika konsumsi sehari-hari tidak dapat memenuhi kebutuhan tersebut, kita perlu minum vitamin untuk mengembalikan kondisi tubuh setelah sakitIya dong, kalau sakit jangan lama-lama!


Keunggulan Theragran-M
Keunggulan Theragran-M pada gambar di atas mempunyai penjelasan sebagai berikut: 
  • Kaya akan Kandungan Vitamin dan Mineral. Theragran-M adalah vitamin yang bagus untuk masa pemulihan karena mengandung vitamin A, B, C, D, E dan Mineral esensial seperti Magnesium dan Zinc. 
  • Mutu terjamin dan terpercaya. Theragran-M dibuat oleh PT Taisho Pharmaceutical Indonesia Tbk yang berlokasi di Depok. Produksi pabrik ini dibawah pengawasan Taisho Pharmaceutical Co. Ltd, Tokyo Jepang. 
  • Aman dikonsumsi karena sudah memiliki sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia dan terdaftar di BPOM dengan nomor registrasi DTL1224403416A1.
  • Harga terjangkau dan mudah dibeli.
  • Tidak memiliki efek samping jika dikonsumsi sesuai dosis.
Kandungan vitamin dan mineral dalam Theragran-M

  Theragran-M sebagai vitamin yang bagus untuk mempercepat masa penyembuhan ini bisa dengan mudah dibeli di apotik dan toko obat terdekat. Saya membelinya di Toko Guardian Jambu Dua Bogor dengan harga eceran Rp. 21.000 untuk satu strip berisi 4 kaplet salut gula.

Theragran-M ada di apotik dan toko obat terdekat

  Saya punya prinsip kalau sakit jangan kelamaan. Bukan untuk diri saya sendiri, tapi juga demi keluarga tercinta. Saya masih ingin mendampingi suami dan anak-anak hingga akhir hayat nanti. Syukurlah, sekarang rasa lelah dan nyeri haid yang menggangu  sudah teratasi berkat Theragran-M. Saya bisa kembali aktif di dapur, membuat masakan enak untuk keluarga tercinta sekaligus menuntaskan pekerjaan saya sebagai seorang content writer aplikasi resep masakan. 

  Saya ingin bisa menikmati hidup ini dengan bahagia dan penuh syukur. Doakan resolusi 2018 saya ini bisa terwujud dan semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat, aamiin.

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Theragran-M



Sumber referensi:
  • www.theragran.co.id
  • www.kkbi.web.id
  • www.passionplanner.com
  • www.id.wikipedia.org

110 komentar:

  1. Ikut mengaminkan ya Mbak Inna. Semoga Mbak Inna dan kekuarga sehat selalu. Menjaga pola makan itu PR banget. Itu reaolusi yang dari tahun lalu masih sering meleset. Heuheu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Ayaa. Kamu juga sehat2 terus ya bumil cantik :*

      Hapus
  2. Mba Inna, aku gagal fokus sama foto yang ada teplonnya. Cantik gimana gitu *terpesona. Semoga resolusinya tercapai semua ya mba. Hihi. Makasih juga tipsnya. Saya biasanya nempel di tembok atau di gantung di batang pohon kering di kamar. Terlihat tapi kemarin-kemarin selalu ada alasan buat pura-pura nggak lihat hehe *tutup muka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi makasih, Gilang.
      aduh jangan pura2 ga liat doong :D

      Hapus
  3. resolusiku 2018, selalu sehat dan enteng rejeki biar bisa banyak jalan-jalan hehe...

    BalasHapus
  4. Mind mapping bikin resolusinjadi beranak pinak tapi kelihatan titik fokusnya. Semoga istiqamah, Inna.

    BalasHapus
  5. mind mapping nya keren, enggak pernah kepikiran untuk sekomplit ini, eh sekarang jadi kepikiran haha, makasih sharingnya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. masama mba uli.
      yuk dibikin mind mapping-nya :D

      Hapus
  6. aku juga bikin list, biar terarah dan sebagai pengingat :D

    BalasHapus
  7. Wahh lengkap mbak, semoga selalu sehat ya sehingga resolusi nya bisa tercapai. Aamiin

    BalasHapus
  8. Wah keren nih udah tertarget resolusinya, aku juga mau bikin ah. Semangat mengejar resolusi 2018nya ya Mbak.

    BalasHapus
  9. Mantab mbak Inna...mind mappingnya bikin resolusinya jadi fokus ya...bagaimanapun juga kita harus punya resolusi dan harus diupayakan untuk terpenuhi......semoga resolusinya tercapai ya mbak...aamiin

    BalasHapus
  10. teh Inna, suka banget ada resolusi seumur hidup, bahagia lahir batin..
    soal ini memang hanya kita sendiri yang bisa menciptakan, ikutan ah dengan resolusi ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. mari semangat dan semoga kita selalu sehat ya mba monda, aamiin :)

      Hapus
  11. Amin. Biar umur sudah kepala >3, tapi jiwa tetep harus muda.. tubuh pun fit seperti anak muda juga ya mba ^^ resolusi yang bermanfaat

    BalasHapus
  12. semoga terkabul semua Mbak resolusinya. aamiin. salam kenal y

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin. terima kasih dan salam kenal kembali, mba dian :)

      Hapus
  13. Keluarga yang bahagia. Semoga sakina selalu bersama keluarganya mbak. Saya suka dengan resolusi religiusnya, semoga sukses ya.

    BalasHapus
  14. Perasaan aku udah komen deh mba, eh ternyata ga masuk ya ^^’

    Btw aku lupa nanya sih mba content writer aplikasi masakan apa mb? Boleh nih bagi begi resep masakan ny hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah, hihi.
      nama aplikasinya: dapur ibu. donlot yaa :*

      Hapus
  15. Semoga tercapai semua resolusinya mak. Amiinnnn.

    BalasHapus
  16. Langkah 6 dan 7 masih susah untuk diterapkan semoga tahun depan bisa menjalankan semua langkah yang disarankan, terima kasih infonya. :)

    BalasHapus
  17. Aku masih belum terbiasa menyusun mind maping. Anyway thanks infonya mba, lengkap banget. Sehat terus dan semoga semua resolusinya tercapai ya mbaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. lama2 jadi biasa mba :)
      aamiin, makasih yaa

      Hapus
  18. Resolusinya selalu bahagia ya mbak :)

    BalasHapus
  19. Saya selalu teringat dengan kata-kata di film 5cm, impian itu harus digantung tepat 5 cm didepan kening. Jadinya, mau planning apapun termasuk resolusi, saya selalu pajang kamar tepat di depan kasur. Jadinya tiap ke kamar, entah tidur ataupun hanya melepas penat, semuanya jadi teringat...Nice sharing mbak ^-^ Semoga resolusinya tercapai ya, amiinnn

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, harus sering2 dilihat biar inget dan termotivasi u mewujudkannya :)
      aamiin, makasih ya

      Hapus
  20. Jadi kepingin bikin mind mapping juga nih buat resolusi tahun depan.

    Good luck buat semua resolusinya ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mba. yuk, bikin mind map :)

      Hapus
  21. Aku juga bikin list gitu, Teh. Terkadang di tempel di tepat yang memang terlihat, betul itu. Kalau bisa besar, biar bisa terlihat jelas.. Semoga post ini bermanfaat bati mereka para pejuang mimpi..

    Btw, salam kenal ya, Teh..

    BalasHapus
  22. Nah ini..menerapkan pola hidup sehat. Harus bgt maksain diri kayanya, selalu ada dlm resolusi Saya. Walau..ya begitu :D

    BalasHapus
  23. Aamiin, kalo sehat hati sama raga, Insya Allah semua resolusinya bisa tercapai ya Mba :D

    BalasHapus
  24. Lengkap banget, Mbak resolusinya. Semoga bisa terwujud ya. Saya paham betul. Jadi ibu rumah tangga itu luar biasa sibuk dan capek, seolah tiada henti. Untung ada Theragran ya Mbak jadi kalo sakit bisa cepet pulih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mas rudi.
      iya, kalo sakit ga mau lama2, riweuh soalnya :D

      Hapus
  25. Nikmat sehat itu memang luar biasa ya Mbak Inna, tanpanya makanan lezat jadi nggak berasa. Semangat

    BalasHapus
  26. Bagus nih Mind Mapping-nya, Mbak :) Bisa jadi inspirasi saya dalam menjalankan resolusi tahun depan. Moga sukses, lancar, dan sehat selalu ya Mbak Inna

    BalasHapus
  27. makasih tipsnay, yang susah itu mewujudkannya, kadang maju mundur cantik, tp semangat buat mbak inna

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2, bu, makasih juga.
      mari kita semangat :))

      Hapus
  28. Ga sabar ya mau cepet-cepet masuk ke tahun 2018. Heheheee. Semoga tercapai semua resolusi 2018nya ya maaaaak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat tahun baru!
      aamiin, makasih yaa :)

      Hapus
  29. Belum coba mind maping. mau aku coba terapkan mba untuk salah satu resolusiku di 2018.
    Terima kasih sharing tipsnya mba.

    BalasHapus
  30. Ikut meng-aamiin-kan ya mba. Semoga semua resolusinya berjalan lancar di tahun depan. Ternyata banyak poin yang harus dilakukan ya, biar bisa mewujudkan semua resolusi yang sudah dibuat. Semangat lah. Aku pun masih harus banyak belajar nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul. yuk mari semangat!
      makasih ya :)

      Hapus
  31. Hidup sehat aja butuh niat yang isitikomah ya mbak. Lah, apa kabar aku kalau olahraga aja gak pernah >.<

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya. butuh perjuangan biar bisa sehat terus.
      yuk, kita olahraga bareng2 :)

      Hapus
  32. Mba Inna, kadang aku kuatir membuat resolusi karena kuatir gagal. Tapi membaca tulisan ini, aku yakin emmang harus selalu optimis ya mba. Smoga keinginannya untuk umrah dan terlihat tetap keren di usia 50 tahun nantinya, bisa terkabul ya mbaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kudu optimis kalo mau maju mba lid, hehe.
      aamiin, makasih yaa...
      aku pengen terus keren kayak dirimu sekarang :)

      Hapus
  33. Semoga lekas ke mekkah mbak yu... Amin... ��

    BalasHapus
  34. saya bantu amin kan ya mba, semoga semua resolusinya tercapai,

    nice tips untuk 7 langkahnya, akan saya tiru dan praktekkan dirumah biar gak lupa hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih yaa...
      yuk kita lakukan step by step dengan gembira :)

      Hapus
  35. Tips yang keren, foto yang keren juga tulisan yang keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. waa dipuji mba asti... makasih ya mba :*

      Hapus
  36. Selamat tahun baruuuuuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. horeee selamat tahun baru buat kita semua!

      Hapus
  37. Selamat Tahun Baruuuuu... Semoga resolusi kita terlaksana dan bermanfaat. Aamiin..Sehat-sehat terus yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuhuu met taon baru juga, tetanggakuu
      aamiin, makasih yaa

      Hapus
  38. Theragran emang ganpang deh dicarinya. Di kota saya aja yg bak antah berantah, ada di salah satu apotek.

    BalasHapus
    Balasan
    1. masa di antah berantah mba wid, hihi.
      theragran m sudah terkenal dari dulu, pastinya ada dimana2 :)

      Hapus
  39. Aamiin...semoga selalu semangat dan konsisten sehingga resolusi di tahun 2018 tercapai ya mbak...salam kenal mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih ya. salam kenal kembali mba sapti :)

      Hapus
  40. ayuuuu maaaak sepedahan..... sehat terusss yaaaaa biar lancar semuanya aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. aseekkk hayuk kita gowes barengg
      aamiin, makasi ya mba novi :)

      Hapus
  41. Iya, benar mbak...Resolusi harus diwujudkan setelah dirumuskan agar terwujud...

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga bisa konsisten, aamiin :)

      Hapus
  42. Sama bun. Saya juga kalau ada rencana suka di tempel di kamar. Biar selalu inget ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, biar selalu kelihatan dan inget untuk ngejalaninnya :)

      Hapus
  43. Semoga semangatnya terjaga sepanjang tahun, sampai tahun berikutnya, dan berikutnya....:-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin. makasih ya. mari kita semangat! :)

      Hapus
  44. Semoga resolusinya terwujud ya Mba :)

    BalasHapus
  45. Resolusinya mantep mba. Semoga terwujud mba

    BalasHapus
  46. Mind Mappingnya keren keren. Saya tertarik pada daftar keinginan itu. Memang beda beda tipis antara keinginan dan kebutuhan. Tapi keinginan pun harus dengan konsitensi dan fokus dalam mewujudkannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget, kang. asal konsisten dan fokus :)

      Hapus
  47. baca ini aku jadi pengin bikin mind mapping, mb inna. dulu pernah dipake sih buat bikin artikel. tapi klo buat rancangan hidup belum pernah bikin, hehe. musti diagendain nih. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah keren bikin artikelnya pakai mind mapping. yuk bikin yg buat resolusi :)

      Hapus
  48. perlu banget nih menulis resolusi kita di karton dan menempelkannya di dinding kamar, suapya keinget terus :)

    BalasHapus
  49. tahun ini resolusinya belum terfikirkan mba masih burem hahaha tp yang jelas resolusi tetep sehat itu harus :)

    BalasHapus
  50. Semoga sehat dan tercapai resolusinya teeh aamiin...

    BalasHapus
  51. yey kakakku emang mantap. Sehat dan sukses selalu ya :)

    BalasHapus
  52. semoga tercapai resolusinya ya Mba aamiin

    BalasHapus
  53. Semoga resolusinya tercapai. Kayanya aku juga harus pajang resolusi di tempat yang selalu dilihat deh, soalnya tahun lalu aku cuma tulis di jurnal, hihihi :)

    BalasHapus
  54. Aaamiin buat semua resolusinya ya Mbak inna

    Target seumur hidup: bahagia lahir batin.
    Target 9 tahun ke depan: looks gorgeus at 50 (penampilan fisik sehat dan pikiran bahagia).
    Target 3 tahun ke depan: umroh dan atau naik haji.
    Target dalam 1 tahun ke depan: self healing dan pola hidup sehat.

    Go go go Mbak Inna:))

    BalasHapus
  55. Betul banget kalau nulis resolusi harus di tempat yang mudah dibaca. Biasanya sih saya tulis di note hp. Jadi tiap buka hp keinget resolusi dan semangat lagi ^^ Semoga resolusinya tercapai semua, Mbak :)

    BalasHapus
  56. Semoga tercapai resolusinya ^_^

    BalasHapus
  57. wow mbak, udah mau 50? Gak keliataaaaaaan... Semoga resolusinya tercapai yaaaa dan menang kompetisi ini ^_^

    BalasHapus
  58. Semoga sehat selalu supaya resolusi bisa tercapai dengan maksimal

    BalasHapus
  59. Mantaaab mbak, memang harus divisualkan segala resolusi itu ya, agar tetap on the track ^^

    BalasHapus
  60. Bener ni resolusi kudu ditempel di tempat yg keliatan hihi. Salam kenal Mbak. Mampir blogku jg yuk. ๐Ÿ˜

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak berpromosi atau berjualan. Mohon maaf, komentar dengan link hidup akan saya hapus. Terima kasih :)

Related Posts Pluginโ€ style=