Sabtu, 27 Januari 2018

Mengisi Liburan di Andalusia Islamic Camp



Masih seputar cerita liburan akhir tahun. Maapken, jangan bosen ya, hehe. Saya riweuh di tempat lain jadi nggak sempat update blog walaupun kegiatannya sudah selesai. Nggak apa-apa. Semoga informasi ini bisa berguna bagi siapa saja yang berminat mengikuti kegiatan yang rutin diadakan setiap tahun oleh DKM Andalusia.

Saya mendapat info tentang kegiatan ini dari tetangga jauh sekaligus kakak kelas waktu kuliah dulu, Teh Desi. Nuhun Teh. Begitu dapat infonya via Whatsapp, langsung saya bilang ke Bapa. Dilihat dari rentang usia pesertanya, Kk Rasyad cocok untuk ikut Andalusia Islamic Camp (AIC). Kalau Dd Irsyad masih terlalu kecil, belum bisa mandiri kalau ditinggal nginep sendiri. Sedangkan Aa Dilshad sudah SMA. Peserta yang boleh ikut yaitu kelas 4 SD sampai 3 SMP.

Andalusia islamic camp
Banner Andalusia Islamic Camp
AIC berlangsung dari hari Jum'at sampai hari Minggu, tanggal 29, 30, dan 31 Desember 2017. Biaya sebesar Rp. 300.000 untuk membayar sertifikat, snack, makan pagi, makan siang, makan malam, kaos, pin dan sticker, dan buku mutabaah. Waktu check ini pada hari Jumat usai shalat dhuhur sampai pukul 16.00 di Masjid Andalusia Islamic Centre Sentul City Bogor.

Sebenarnya, kami sekeluarga sudah sering mampir ke mesjid Andalusia untuk shalat berjamaah. Misalnya saat lagi jalan-jalan di sekitar Sentul, habis main di Jungle Land, atau setelah makan siang di Ah Poong. Yang terakhir ini deket banget, tinggal nyebrang! 

Andalusia islamic camp
Mesjid Andalusia (dok panitia)
Saya dan Bapa mengantar Kk Rasyad ke Mesjid Andalusia. Anak laki-laki menempati lantai 3 mesjid untuk tempat mereka tidur. Sedangkan anak perempuan ditempatkan di aula. Aula juga menjadi tempat kegiatan bersama peserta AIC putra dan putri (setelah barang-barang dan peralatan tidur dibereskan di pinggir ruangan).

Andalusia islamic camp
Kk Rasyad saat baru tiba di AIC
Saat baru tiba, Kk Rasyad masih diam saja karena belum mengenal satu pun teman-teman yang ikut AIC. Sambil menunggu shalat Ashar, saya dan Bapa menemani Kk Rasyad di kapling tidurnya. Menikmati semilir angin usai hujan yang sejuk lumayan bikin ngantuk...

Andalusia islamic camp
Kubah mesjid Andalusia
Andalusia Islamic Camp for kids ini dilaksanakan oleh DKM Andalusia. Menurut keterangan pada website www.masjidandalusia.com, tujuan menyelenggarakan kegiatan ini atas dasar kenginan mengisi liburan akhir tahun anak dengan kegiatan yang positif dan membangun spiritualias anak agar tumbuh menjadi generasi islami. Karena acara ini untuk anak-anak, kegiatannya dilakukan penuh nuasa keislaman dalam suasana yang ceria. Bercengkrama dengan Al Quran, menyimak kisah hikmah serta pendidikan iman dan aqidah yang kuat menjadi beberapa agenda dalam islamic camp selama ini. 

Andalusia Islamic Camp 2017 ini mengusung tema: Menjalin Silarurahmi Sejak Dini Guna Membangun Generasi Islami Bernuansa Qur'ani. Agenda kegiatannya meliputi: 
  • Tahfidz 
  • Tahsin 
  • Manasik Haji 
  • Kepalestinaan 
  • Muraja'ah 
  • Fun Game 
  • Tahajjud 
  • Memanah 
  • Outing 
  • Pemutaran Film Islami 
Acara pembukaan AIC dimulai. Saya dan Bapa duduk dibekalang para peserta dan menyimak satu demai satu rangkaian acara. Mulai dari pembacaan ayat suci Al Quran, kata sambutan, sampai perkenalan dari panitia acara. 

Saya perhatikan, panitia dari DKM Andalusia sangat tanggap dan cekatan mempersiapkan acara ini. Untuk memudahkan pengawasan dan memantau perkembangan mereka selama mengikuti kegiatan, anak-anak dibagi menjadi beberapa kelompok dengan satu kakak panitia sebagai pembimbing. 

Selanjutnya, pembacaan kelompok seduai dengan usai peserta. Kk Rasyad masuk ke kelompok yang dipimpin oleh Kakak Maulana Septiadi (Alan). Setelah berkenalan, kami pun meninggalkan Kk dan pulang ke rumah. Have fun ya, Ka!

Andalusia islamic camp
Berkenalan dengan teman baru
Rangkaian acara sudah dishare oleh panitia dalam grup Whatsapp. Jadi, orangtua bisa tahu kegiatan apa saja yang sedang berlangsung. Setelah saya dan Bapa pulang, acara dilanjutkan dengan perkenalan antar anggota kelompok dan mentoring. Dijeda oleh makan malam dan shalat Isya, mentoring berlanjut hingga pukul 8 malam. 

Sebelum tidur, anak-anak diajak menonton film disertai dengan pertanyaan interaktif. Menurut cerita Kk Rasyad, film yang ditonton adalah Good Dinosaur. Kami sudah pernah menontonnya di bioskop. Tidak apa, film ini bagus kok. Banyak pesan moral yang bisa dipetik hikmahnya.

Andalusia islamic camp
Suasana di dalam aula (dok panitia)
Usai menonton film, anak-anak tidur dan dibangunkan untuk shala tahajud pada pukul 3 pagi. Dilanjutkan dengan shalat subuh dan mentoring hingga pukul 5.30 pagi. Selanjutnya, acara senam pagi bersama di halaman parkir mesjid yang luas. Lalu mandi pagi dan sarapan. Tenang, jumlah kamar mandi di mesjid Andalusia ada banyak. Jadi meski bergantian mandi, semua bisa selesai tepat waktu.

Suasana di sekitar area mesjid (dok panitia)
Sudah rapi, cantik, dan ganteng semua nih! Anak-anak diajak untuk manasik haji di halaman belakang mesjid. Bangunan miniatur Kabah sudah melengkapi mesjid ini dan kerap digunakan untuk latihan manasik untuk anak-anak. Sambil menunggu giliran manasik, digelar games interaktif untuk masing-masing kelompok. 

Istirahat dulu, shalat dhuhur dan makan siang. Acara selanjutnya adalah game, dilanjutkan dengan latihan persiapan tampil sampai tiba waktu shalat ashar. Panahan jadi kegiatan selanjutnya sampai waktunya mandi sore, shalat maghrib, mentoring, dan makan malam.

Andalusia islamic camp
Games seru (dok panitia)
Andalusia islamic camp
Kk Rasyad belajar memanah (dok panitia)
Nah, pada hari Sabtu malam inilah, saya dan Bapa kembali ke AIC untuk menengok Kk Rasyad. Kami shalat isya di mesjid, lalu turun ke aula. Ternyata, malam itu akan aca acara pentas. Kk Rasyad yang sempat melihat kami berdua cuma cium tangan lalu ngacir lagi ke kelompoknya. Hmm, kayak nggak mau diganggu nih. Sudah asyik ya, Ka! Okedeh, kita pulang dulu...

Usai kami pulang, anak-anak berkumpul untuk menyimak dongeng islami yang dilanjutkan dengan penampilan dari masing-masing kelompok. Kelompok Kk Rasyad menampilkan shalawat. 

Andalusia islamic camp
Kelompok Kk Rasyad (dok panitia)
Andalusia islamic camp
Foto bareng setelah pentas (dok panitia)
Usai tampil, semua peserta berfoto bersama lalu pergi tidur ke tempatnya masing-masing. Seperti pada hari sebelumnya, mereka juga dibangunkan untuk shalat tahajud dan dilanjutkan dengan shalat subuh serta mentoring.

Pada hari terakhir ini, peserta diajak berjalan-jalan di lingkungan sekitar mesjid. Sekalian olahraga jalan pagi. Selanjutnya anak-anak sarapan bersama, mandi, dan mengepak barangnya masing-masing untuk pulang. Berikut foto-foto kegiatan pagi tersebut...

Andalusia islamic camp
Jalan-jalan pagi (dok panitia)
Andalusia islamic camp
Sarapan bareng (dok panitia)
Andalusia islamic camp
Sarapan di tempat parkir yang luas (dok panitia)
Acara terakhir adalah penutupan. Saya dan Bapa tiba ketika acara penutupan sudah dimulai. Peserta terlihat sudah saling akrab satu sama lain. Kk Rasyad juga begitu dengan teman-teman kelompoknya. Acara penutupan yang berkesan santai dan akrab diisi dengan pemutaran video dan kumpulan foto selama kegiatan berlangsung. Gelak tawa pun terdengar saat ada adegan dan foto jenaka para peserta. 

Ternyata ada penghargaan buat peserta lho! Seperti peserta dengan nilai tertinggi dan peserta terfavorit. Juga penghargaan untuk kelompok dan kakak pembimbingnya. Selamat untuk semuanya! Kk Rasyad tidak mendapat hadiah penghargaan. Tapi menjadi salah satu dari 170 peserta AIC ini sudah menjadi pengalaman berharga tersendiri. Semoga kegiatan ini menjadi kenangan indah buat Kk Rasyad.

Berikut ini foto anggota kelompok Kak Alan, dari kiri ke kanan depan: Aji, Rifki, Tsani, teman dari kelompok lain, dan Kk Rasyad. Belakang dari kiri ke kanan: Kak Alan, Rafael, dan Raffa.

Andalusia islamic camp
Bersama teman satu kelompok (dok panitia)
Sebelum pulang, orangtua menemui kakak pembina untuk menerima piagam dan membahas nilai. Menurut Kak Alan, Kk Rasyad bisa mengikuti kegiatan AIC dengan baik. Bisa menghapal dengan cepat dan semoga potensinya bisa lebih dikembangkan lagi. Terima kasih banyak untuk bimbingannya, Kak Alan.

Andalusia islamic camp
Foto bareng Kak Alan
Foto bareng seluruh peserta AIC? Tentu dong! Terima kasih untuk semua kakak panitia atas usahanya menyelenggarakan kegiatan yang seru ini. Semoga sukses terus DKM Andalusia dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat. Sampai jumpa di Andalusia Islamic Camp tahun berikutnya!



Andalusia islamic camp
Peserta AIC 2017 (dok panitia)

Info lengkap tentang Andalusia Islamic Camp bisa hubungi alamat berikut:
  • Website : www.masjidandalusia.com 
  • Instagram : andalusia.official 
  • Twitter:@AndalusiaIC 
  • Facebook : DKM Andalusia 
  • Mesjid Andalusia: Jl. Insinyur H. Juanda No. 78 Citaringgul Babakan Madang Bogor Jawa Barat 




7 komentar:

  1. acara seperti ini bagus banget buat anak2 ya, Mbak. nambah teman, keakraban dan tentunya kemandirian anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget. makanya seneng pas ada acara ini buat ngisi liburan

      Hapus
  2. Menarik mbak, liburan yang bermanfaat, kalau ada lagi dan anak pas bisa mau diikutkan juga ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. setiap tahun pasti ada. mungkin bulan puasa besok ada lagi

      Hapus
  3. Andalusia ini yang dekat Sentul ya, Mbak?

    BalasHapus
  4. Kirain acaranya di Spanyol sana dan bisa buat anak 'SMA' kayak saya. Lol. Ternyata di Bogor!

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak berpromosi atau berjualan. Mohon maaf, komentar dengan link hidup akan saya hapus. Terima kasih :)

Related Posts Plugin” style=